Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Selain Guru

Kamu lulusan jurusan pendidikan dan masih bingung ingin bekerja menjadi apa? Selain guru, ternyata ada banyak peluang kerja untuk lulusan jurusan pendidikan, lho. Apa saja prospek kerja untuk lulusan jurusan pendidikan selain guru? Yuk, simak di sini!

Berbagai Kegiatan Mahasiswa yang Bisa Kamu Ikuti di Kampus

oleh | Nov 25, 2022 | Blog | 0 Komentar

Kegiatan Mahasiswa – Apakah kamu termasuk mahasiswa yang aktif dan mengikuti berbagai kegiatan di kampus? Kamu mempunyai banyak pilihan untuk mengisi waktu kuliahmu. Kamu bisa mengisi waktu kuliahmu dengan hal-hal yang positif.

Kampus menyediakan berbagai kegiatan/organisasi untuk mengembangkan potensi mahasiswa di luar kelas. Dengan mengikuti kegiatan di kampus kamu akan memiliki banyak pengalaman di berbagai bidang. Apa saja kegiatan yang bisa kamu ikuti di kampus? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Organisasi Kampus

Setiap perguruan tinggi memiliki wadah untuk mahasiswa berorganisasi. Ada beragam organisasi kampus yang bisa kamu ikuti antara lain Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan lainnya. Ada banyak kegiatan seperti menjadi panitia lomba, panitia seminar, kegiatan sosial, studi banding, dan masih banyak lainnya.

Melalui kegiatan organisasi kampus, kamu akan mendapatkan banyak ilmu, bisa belajar berdiskusi atau bermusyarawah dengan baik. Selain itu kamu juga berani menyampaikan pendapat dan opini. Walaupun kamu sibuk karena mengikuti organisasi kampus, harus tetap fokus pada perkuliahan ya.

Kegiatan Kepanitiaan Kampus

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah kepanitiaan kampus. Akan ada banyak divisi-divisi yang membantu acara kepanitiaan, antara lain divisi acara, logistik, sponsorship, konsumsi, dokumentasi, publikasi, dan masih banyak lainnya. Melalui kegiatan kepanitiaan kampus, kamu bisa belajar mengorganisir sebuah acara. Kamu juga akan bekerja sama dengan tim untuk melaksanakan sebuah event.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

UKM merupakan lembaga kemahasiswaan dan tempat berkumpulnya para mahasiswa yang mempunyai kesamaan hobi, minat, dan kegemaran yang kegiatannya disalurkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di kampus. UKM bisa kamu ikuti untuk mengembangkan minatmu.

Kegiatan UKM terdiri dari banyak bidang, seperti olahraga, seni, bisnis, kesehatan, media, sosial politik, dan lainnya. Berikut beberapa contoh UKM yang bisa kamu ikuti:

  • Sepakbola
  • Voli
  • Basket
  • Karate
  • Paduan suara
  • Tari
  • Teater
  • Band
  • Media kampus
  • Koperasi mahasiswa
  • Unit kesehatan mahasiswa
  • Klub bahasa
  • Pecinta alam
  • Keagamaan

Baca juga Mahasiswa Baru Harus Tahu, Beda KRS dan SKS

Kegiatan Magang

Magang adalah pengalaman belajar profesional yang menawarkan pekerjaan praktis yang terkait dengan bidang studi atau minat karier mahasiswa. Magang memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengeksplor karier dan mengembangkan skill

Biasanya kegiatan magang ada di mata kuliah semester 6 atau 7. Melalui kegiatan magang, mahasiswa memperoleh banyak ilmu dan relasi yang lebih luas. Manfaat lain dengan mengikuti magang yaitu kamu bisa menambah pengalaman magang/kerja juga di CV.

Ikut Kompetisi/Lomba

Kegiatan selanjutnya yaitu dengan ikut kompetisi atau lomba. Melalui kegiatan kompetisi, kamu akan belajar banyak hal. Selain mendapat teman dan pengalaman baru, kamu juga berkempatan untuk memenangkan lomba dan mendapat hadiah.

Dengan kamu mengikuti kompetensi atau lomba bisa menambah juga list pengalamanmu di CV. Hal ini dapat menjadi nilai tambah saat kamu melamar kerja dan bisa menjadi pertimbangan HR untuk merekrut kamu.

Kegiatan Volunteer

Menjadi volunteer sangat bermanfaat untuk sesama walaupun kamu tidak dibayar. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa sosial. Selain itu, juga bisa memperluas jaringan sosial dengan bertemu banyak orang baru.

Melalui Berbagai Kegiatan Mahasiswa yang Bisa Kamu Ikuti di Kampus di atas, kamu akan mendapat banyak manfaat selama kuliah. Kegiatan di atas juga bisa menjadi bekal kamu di dunia kerja nanti.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!