Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Berbagai Pilihan Kampus dengan Jurusan Ekonomi Syariah

oleh | Nov 22, 2022 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Kampus dengan Jurusan Ekonomi Syariah – Soshum merupakan kelompok pemilihan jurusan dengan dasar ilmu sosial. Ekonomi Syariah merupakan salah satu jurusan di dalam kelompok rumpun Soshum. Jurusan ini mempelajari ilmu dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dari perspektif Islam.

Ekonomi Syariah mempelajari ilmu pengetahuan syariah yang membahas perilaku ekonomi maupun permasalahan seputar ekonomi dengan berlandaskan nilai keislaman. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi perkuliahan di jurusan ini? Yuk, simak perguruan tinggi mana saja yang membuka jurusan Ekonomi Syariah berikut ini.

UIN Sunan Kalijaga

Prodi Ekonomi Syariah di UIN Sunan Kalijaga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Prodi ini termasuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Mata kuliah yang diajarkan di prodi ini antara lain matematika ekonomi, pengantar studi Islam, pengantar bisnis, ekonomi moneter, ilmu ekonomi Islam, etika bisnis, ekonomi digital, dan masih banyak lainnya.

IPB University

Ilmu Ekonomi Syariah IPB masuk ke dalam Fakultas Ekonomi Manajemen. Berdirinya Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam perkembangan ekonomi dan keuangan syariah yang semakin meningkat baik di lingkup nasional maupun internasional. Berikut beberapa keunggulan Departemen Ilmu Ekonomi Syariah di IPB:

  • Kurikulum bermutu
  • Terakreditasi dan terpercaya
  • Staf pengajar berkompeten
  • Lulusan berkualitas
  • Mahasiswa berkesempatan untuk go internasional dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan
  • Adanya pembekalan soft skill
  • Mendorong mahasiswa untuk lulus tepat waktu

Universitas Djuanda

Universitas Djuanda merupakan universitas swasta di Bogor. Ekonomi Syariah Unida termasuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jumlah total SKS yang wajib ditempuh mahasiswa di prodi ini sebesar 155 SKS dengan mata kuliah wajib 135 SKS dan mata kuliah wajib pilihan 20 SKS.

Baca juga Inilah 7 Prospek Kerja Ekonomi Syariah. Lulus Mau Jadi Apa?

Universitas Mulawarman

Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi ini berada pada satu rumpun keilmuan di jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sistem pembelajaran di prodi ini memiliki jumlah total SKS yang harus ditempuh sebanyak 144 SKS yang terdiri dari 135 SKS untuk mata kuliah wajib dan 9 SKS mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan diarahkan ke 3 konsentrasi studi antara lain keuangan syariah, manajemen dan bisnis syariah, dan ilmu ekonomi syariah.

Universitas Muhammadiyah Malang

Prodi Ekonomi Syariah UMM masuk ke dalam Fakultas Agama Islam dan telah berdiri sejak tahun 2012. Profil lulusan dari prodi ini antara lain manajer pada Lembaga Keuangan Syariah, baik itu bank dan non-bank, entrepreneur, dan menjadi peneliti di bidang Ekonomi Syariah.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ekonomi Syariah UMY masuk ke dalam Fakultas Agama Islam (FAI). Prodi ini merupakan prodi termuda di FAI UMY, dibanding dengan 2 prodi lainnya yaitu Komunikasi & Penyiaran Islam dan Pendidikan Agama Islam. Lulusan prodi ini nantinya akan mendapat gelar S.E. – Sarjana (S1).

Latar belakang didirikannya prodi ini karena pada saat itu Indonesia sedang dilanda krisis ekonomi. Oleh karenanya, prodi mencoba merealisasikan dan menjawab tantangan perekonomian yang sedang melanda pada tahun 1998. Ekonomi Syariah UMY telah memperoleh akreditasi Unggul oleh BAN-PT.

Universitas Terbuka

Prodi Ekonomi Syariah UT memiliki visi yaitu menjadi salah satu prodi penyelenggara program S1 Ekonomi Syariah jarak jauh yang menghasilkan sarjana Ekonomi Syariah terbaik di Indonesia. Prodi ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomi UT dan telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Kamu penasaran tidak apa saja yang dipelajari di Ekonomi Syariah UT? Mata kuliah yang diajarkan antara lain matematika ekonomi, pengantar akuntansi syariah, manajemen, pengantar bisnis Islam, ekonomi pembangunan Islam, sistem ekonomi, ekonomi Islam, hukum bisnis Islam, dan masih banyak lagi.

IAIN Palangkaraya

Ekonomi Syariah IAIN Palangkaraya masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jumlah SKS yang akan diajarkan di prodi ini sebesar 148 SKS yang terdiri dari mata kuliah wajib umum 8 SKS, mata kuliah wajib lembaga 36 SKS, mata kuliah wajib program studi 98 SKS, dan mata kuliah pilihan program studi 6 SKS.

Mata kuliah yang dipelajari mahasiswa Ekonomi Syariah di IAIN Palangkaraya antara lain pengantar manajemen, pengantar ekonomi Islam, hadist ekonomi, bahasa Arab ekonomi, pengantar manajemen dan bisnis, pengantar akuntansi, ekonomi makro Islam, matematika ekonomi, perbandingan sistem ekonomi, dan masih banyak lainnya.

Universitas Muhammadiyah Bandung

Ekonomi Syariah UM Bandung termasuk ke dalam Fakultas Agama Islam. Prodi ini memiliki visi yaitu unggul, berkarakter dan berkemajuan dalam bidang Ekonomi Syariah di Jawa Barat. Ekonomi Syariah UM Bandung sudah terakreditasi Baik dari BAN-PT.

Semoga artikel Berbagai Pilihan Kampus dengan Jurusan Ekonomi Syariah di atas bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari kampus yang membuka jurusan Ekonomi Syariah, ya! Kamu sudah menemukan kampus yang tepat?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!