Berapa Biaya Kuliah di Akmil? Berikut Infonya

oleh | Sep 6, 2023 | Biaya Kuliah, Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Biaya Kuliah Akmil – Menjadi abdi negara, terlebih lagi anggota TNI rasanya sudah menjadi impian bagi banyak orang sejak dulu. Untuk bisa mewujudkan impian ini, ada beberapa pilihan jalur yang bisa ditempuh mulai dari Bintara atau Tamtama TNI, hingga menjadi taruna/i di Akademi Militer (Akmil). Berbeda dengan Bintara atau Tamtama, pendidikan di Akmil dilaksanakan selama 4 tahun dan setelah lulus akan langsung diangkat menjadi Perwira TNI AD dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

Jaminan karir yang jelas ini menjadikan tingginya peminat Akmil tidak pernah surut setiap tahunnya. Tidak heran, persaingan untuk bisa lulus di Akmil pun juga dikenal sangat ketat. Namun, hingga saat ini masih banyak calon pendaftar bahkan orang tua yang mempertanyakan mengenai biaya pendaftaran hingga biaya kuliah di Akmil. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak informasi mengenai biaya pendidikan Akmil di bawah ini, yuk!

Pendidikan di Akmil

Akademi Militer (Akmil) menyelenggarakan pendidikan selama 4 tahun dengan pada jenjang Diploma-IV yang juga akan mendapatkan gelar S.Tr.Han. Pendidikan pertama di Akmil dimulai dengan Pendidikan Dasar selama 3-4 bulan dan akan mendapatkan pelatihan fisik, mental, hingga mindset. Setelah itu, taruna akan melanjutkan Pendidikan Chandradimuka selama 9 bulan sebelum akhirnya melaksanakan pendidikan di program studi masing-masing. 

Akmil memiliki 5 program studi yang telah terakreditasi A, sebagai berikut: 

  1. Teknik Sipil Pertahanan
  2. Teknik Elektronika Pertahanan
  3. Teknik Mesin Pertahanan
  4. Administrasi Pertahanan
  5. Manajemen Pertahanan

Baca juga: Kenali, Ini 5 Pangkat Taruna Akmil yang Perlu Kamu Tahu

Tahapan Seleksi Akmil

Untuk bisa menjadi taruna Akmil, kamu harus melewati beberapa tahapan seleksi yang terdiri dari 3 tahap, yaitu:

Pengecekan awal

  1. Administrasi
  2. Kesehatan I
  3. Jasmani (Lari 12 menit, Pull up, Renang 50 meter, Pemeriksaan postur tubuh)
  4. Parade

RIK/Uji Panitia Daerah (Uji Panda)

  1. Administrasi
  2. Kesehatan II
  3. RIK/Uji Jasmani (Garjas A, B, renang, & postur)
  4. Litpers
  5. Psikologi
  6. Akademik
  7. Sidang Panda

RIK/Uji Pusat 

  1. Administrasi
  2. Kesehatan III
  3. Jasmani
  4. Litpers
  5. Psikologi II (Psi. Lapangan)
  6. Sidang Panpus

Lalu, berapa biaya untuk kuliah di Akmil?

Informasi terkait biaya seleksi maupun pendidikan di Akmil hingga saat ini masih banyak simpang siurnya. Meskipun ada beberapa oknum yang menyatakan harus membayar sejumlah dana untuk bisa berkuliah di Akmil, namun hal ini tidaklah benar. 

Berdasarkan informasi yang terdapat pada laman pendaftaran Akmil, seluruh proses atau tahapan seleksi di Akmil tidak dipungut biaya sepeser pun.Para taruna/i tidak perlu khawatir lagi terkait biaya, karena biaya pendidikan juga sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah selama 4 tahun pendidikan. Tak hanya itu, taruna/i Akmil juga akan mendapatkan fasilitas asrama, makan, seragam, hingga peralatan penunjang kegiatan belajar mengajar secara gratis. 

Baca juga: Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

Berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Akmil ini tentunya semakin menambah semangat para peminat Akmil untuk bisa diterima dan menjalankan pendidikan militer di kampus yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini. Apakah kamu salah satu di antaranya? 


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…