Biaya Kuliah IUP UGM Semua Jurusan Tahun Ajaran 2021/2022

oleh | Sep 21, 2021 | Blog, IUP UGM | 0 Komentar

Biaya IUP UGM – Biaya kuliah merupakan salah satu pertimbangan penting yang perlu diperhitungkan sebelum menjadi mahasiswa. Biaya ini harus dibayarkan selama menjadi mahasiswa jadi harus dipertimbangkan sebaik mungkin.

Di Universitas Gadjah Mada (UGM), pembiayaan kuliah ditentukan oleh berbagai hal. Salah satu penentu besaran biaya yaitu jenis program yang diambil. Mahasiswa kelas internasional memiliki besaran uang kuliah yang berbeda dengan mahasiswa reguler. Selain itu, jurusan juga membedakan besaran uang kuliah ini.

Apakah kamu berminat untuk menjadi mahasiswa International Undergraduate Program atau IUP UGM? Yuk, cari tahu informasi dan besaran biaya IUP UGM di bawah ini!

Apa Itu Kelas IUP UGM?

Kelas IUP merupakan program kelas internasional yang diselenggarakan oleh UGM untuk jenjang Sarjana. Program ini terpisah dari kelas reguler namun memiliki kurikulum pembelajaran yang tidak jauh berbeda.

Kelas IUP UGM memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan program regulernya. Mulai dari penerimaan, program kelas internasional ini memiliki sistem seleksi mahasiswa baru yang berbeda. Kemudian, saat menjadi mahasiswa pun, perkuliahan akan dilaksanakan secara terpisah karena pengantar di kelas IUP menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, mahasiswa yang terdaftar di kelas IUP juga diwajibkan untuk memiliki international exposure baik berupa pertukaran pelajar, double degree, short course, dan lain-lain. Eksposur internasional ini merupakan bagian perkuliahan yang harus dimiliki oleh mahasiswa IUP.

Jurusan di UGM yang Membuka Kelas IUP

biaya iup ugm

Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu kampus favorit jika ingin melanjutkan perkuliahan di kelas internasional. Kampus ini menyediakan berbagai pilihan jurusan kuliah baik itu di rumpun Saintek maupun Soshum. Program studi IUP yang ada di UGM yaitu sebagai berikut.

Fakultas Program Studi
Ekonomika dan Bisnis Akuntansi
  Manajemen
  Ekonomi
Hukum Hukum
Psikologi Psikologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Ilmu Komputer
  Elektronika dan Instrumentasi
  Kimia
Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Kedokteran
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Hubungan Internasional
  Manajemen dan Kebijakan Publik
  Ilmu Komunikasi
Biologi Biologi
Peternakan Peternakan
Farmasi Farmasi

Baca juga Daftar Program Studi IUP ITS, Rekan, dan Syarat Mahasiswa Baru.

Biaya Kuliah di IUP UGM

Kelas IUP UGM merupakan program yang diselenggarakan dengan standar internasional. Tentunya, biaya kuliah di IUP UGM memiliki besaran dan ketentuan yang berbeda dari mahasiswa di program reguler. Ketentuan pembiayaannya yaitu sebagai berikut.

Besaran Sama dan Tidak Ada Uang Pangkal

Pembiayaan di kelas IUP dipukul rata untuk semua mahasiswa di jurusan tersebut. Besarannya tidak ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi atau pun faktor-faktor lain. Artinya, setiap mahasiswa di jurusan IUP UGM, misalnya Manajemen, akan mendapatkan beban biaya yang sama. Biaya ini besarannya juga tetap selama menjadi mahasiswa.

Berbeda dengan kampus-kampus lainnya yang mengadakan kelas internasional, mahasiswa IUP UGM tidak perlu membayar biaya lain berupa uang pangkal. Mahasiswa cukup membayar biaya pendaftaran dan biaya kuliah per semester saja. Meskipun begitu, jika mahasiswa mengikuti kegiatan untuk international exposure, tetap dikenai biaya lain sesuai ketentuan.

Rincian Biaya Tiap Jurusan

Berdasarkan keputusan rektor UGM, besaran biaya kuliah per semester untuk program IUP di tahun ajaran 2021/2022 yaitu sebagai berikut.

Fakultas Biaya Kuliah
Biologi WNI: Rp28.000.000
WNA: Rp35.000.000
Ekonomika dan Bisnis WNI: Rp35.000.000
WNA: Rp50.000.000
Farmasi WNI: Rp30.000.000
WNA: Rp46.500.000
Hukum WNI: Rp30.000.000
WNA: Rp40.000.000
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik WNI: Rp25.000.000
WNA: Rp35.000.000
Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan WNI: Rp45.000.000
WNA: Rp65.000.000
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam WNI: Rp20.000.000 (Kimia)
WNI: Rp23.000.000 (Program Lainnya)
WNA: Rp30.000.000
Peternakan WNI: Rp20.000.000
WNA: Rp30.000.000
Psikologi WNI: Rp30.000.000
WNA: Rp40.000.000

Itulah biaya kuliah IUP UGM semua jurusan tahun ajaran 2021/2022. Perlu diperhatikan bahwa besaran biaya tersebut bisa berbeda apabila terjadi perubahan kebijakan di tahun-tahun berikutnya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...