Biaya yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Masuk Sekolah Kedinasan

by | Dec 1, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 2 comments

Biaya Sekolah Kedinasan – Sekolah kedinasan merupakan lembaga pendidikan yang berada langsung dalam naungan institusi pemerintah. Banyak orang mengincar perguruan tinggi ini karena bisa mendapat kesempatan untuk langsung bekerja setelah lulus. Selain itu, perguruan tinggi kedinasan juga dikenal memiliki biaya pendidikan yang terjangkau bahkan gratis.

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin masuk ke sekolah kedinasan, tentunya harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan ketika masa penerimaan peserta didik baru. Pada sekolah kedinasan ikatan dinas, seleksi ini biasanya dilaksanakan secara terintegrasi dan serempak.

Sekolah kedinasan memang memberikan keringanan biaya pendidikan kepada peserta didiknya, terutama yang mengikuti program ikatan dinas. Hanya saja, saat pendaftaran, pelamar tetap perlu membayar biaya seleksi. Berapa biaya masuk sekolah kedinasan yang perlu disiapkan? Berikut ini informasinya.

Biaya Pendaftaran dan Tes

biaya sekolah kedinasan

Sebelum bisa mengikuti seleksi sekolah kedinasan, peserta perlu membayar biaya pendaftaran dan tes terlebih dahulu. Biaya ini akan berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi kedinasan. Berapa biaya yang perlu dibayarkan?

IPDN

Biaya yang perlu disiapkan jika ingin mengikuti seleksi IPDN yaitu Rp50 ribu. Biaya tersebut merupakan biaya untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tidak ada biaya lain yang dibutuhkan dalam pendaftaran IPDN.

POLTEKIP dan POLTEKIM

POLTEKIP dan POLTEKIM merupakan sekolah kedinasan di bawah Kemenkumham. Berdasarkan pengumuman penerimaan di tahun 2021, peserta seleksi kedua sekolah ini tidak dikenai biaya apa pun.

PKN STAN

Peserta yang memilih PKN STAN diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk biaya SKD sebesar Rp50 ribu.

POLSTAT STIS

Bagi yang mendaftar ke Polstat STIS, biaya pendaftaran yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp300 ribu. Biaya sudah termasuk untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar.

POLTEK SSN

Poltek SSN tidak memungut biaya lebih bagi para pendaftar. Pelamar hanya perlu membayar biaya pelaksanaan SKD sebesar Rp50 ribu.

STIN

Sekolah kedinasan STIN yang berada di bawah Badan Intelijen Negara tidak memungut biaya pendaftaran. Pendaftar hanya perlu membayar biaya pelaksanaan SKD sesuai ketentuan yaitu sebesar Rp50 ribu.

STMKG

Biaya pendaftaran yang perlu dibayarkan untuk mengikuti seleksi STMKG dibagi menjadi dua jenis. Biaya yang pertama yaitu biaya pendaftaran sebesar Rp75 ribu. Biaya lainnya yaitu pelaksanaan SKD sebesar Rp50 ribu. Jika ditotal, biaya yang diperlukan untuk seleksi sekolah kedinasan STMKG yaitu Rp125 ribu.

Sekolah Kedinasan Kemenhub

Sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Kemenhub memiliki sistem pembiayaan yang berbeda dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya. Peserta yang mengikuti seleksi di Kemenhub melakukan pembayaran untuk tiap jenis seleksi. Pembayaran dilakukan sebelum pelaksanaan tes. Rincian biayanya yaitu:

  • Pendaftaran: Rp100 ribu – Rp150 ribu
  • SKD: Rp 50 ribu
  • Tes Kesehatan: Rp600 ribu – Rp1,82 juta
  • Tes Kesamaptaan: Rp50 ribu – Rp350 ribu
  • Tes Psikotes: Rp300 ribu – Rp600 ribu
  • Wawancara: Rp80 ribu – Rp350 ribu

Baca juga Daftar Sekolah Kedinasan Pelayaran dalam Naungan Kemenhub.

Biaya Sekolah Kedinasan Lainnnya

Sekolah kedinasan di atas merupakan institusi yang mengadakan ikatan dinas dan seleksinya dilakukan secara terintegrasi bersama BKN. Selain perguruan tinggi di atas, masih ada banyak sekolah kedinasan lain di Indonesia. Tentunya, setiap institusi memiliki biaya pendaftaran yang berbeda-beda.

Jika ingin mengetahui biaya yang diperlukan untuk mendaftar ke sekolah kedinasan selain yang di atas, kamu bisa mengeceknya di laman pendaftaran masing-masign perguruan tinggi. Biaya tersebut perlu dibayarkan sebelum mengikuti seleksi.

Ada biaya yang perlu disiapkan jika ingin masuk sekolah kedinasan. Kamu perlu membayar biaya tersebut sesuai ketentuan apabila ingin melanjutkan seleski. Jika tidak membayar biaya tersebut, kamu tidak bisa melanjutkan pendaftaran dan gugur.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 Comments

  1. Diploma of Information System Telkom University

    Nice info. Berapakah kira-kira biaya untuk sekolah di kedinasan Kemenhub hingga lulus?

    Reply
    • Safina Rahma

      Kemenhub menanungi banyak sekolah kedinasan dan biaya yang diperlukan pun berbeda-beda tergantung perguruan tinggi dan program studi yang diambil. Selain itu, pembiayaan juga akan berbeda untuk setiap jalur penerimaan yang dibuka yaitu Polbit, Non Polbit, dan Mandiri. Jika ingin kuliah dengan keringanan biaya, bisa mengambil jalur masuk melalui Polbit 😊

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan