Boring Belajar di Kelas? Ini Rekomendasi Jurusan untuk yang Suka Jalan-Jalan

oleh | Feb 7, 2024 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan untuk yang Suka Jalan-Jalan – Bagi sebagian orang, jalan-jalan menjadi kegiatan yang melepaskan penat. Apalagi jika ditujukan untuk menemukan hal-hal baru yang dianggap menyenangkan. Nah, memilih jurusan kuliah seringkali membutuhkan faktor pendukung untuk memantapkan. Salah satunya adalah dari apa yang disukai, supaya pembelajarannya pun bisa lebih diserap.

Kalau kamu sedang mencari referensi jurusan kuliah berdasarkan faktor “suka jalan-jalan” ini, beberapa rekomendasi jurusan ini bisa kamu pertimbangkan. Simak rinciannya sampai habis, ya!

Rekomendasi Jurusan untuk yang Suka Jalan-Jalan

Berikut 7 pilihan jurusan yang bisa kamu sesuaikan dengan hal-hal yang kamu suka, yang bisa sekalian untuk jalan-jalan:

1.    Pariwisata

Pilihan pertama dengan jurusan pariwisata ini pasti langsung bisa kamu setujui. Di jurusan ini, kamu akan sering diajak jalan-jalan untuk mendatangi sejumlah objek wisata. Ada hal-hal yang harus kamu pelajari seputar dunia pariwisata ini, seperti manajemen pariwisata, tour and travel, hingga perhotelan.

Nah salah satu skill yang akan diasah selama kuliah nanti adalah kemampuan membaca potensi wisata di berbagai tempat. Dengan cara inilah kamu akan banyak jalan-jalan untuk mereview objek wisata secara langsung untuk belajar dan mengamati banyak hal, seperti aksesibilitas, sarana prasarana, sampai dengan kebudayaannya.

Baca juga: Calon Maba Wajib Tau! Ini Jurusan Kuliah Berdasarkan Rumpun Keilmuan

2.    Teknik Geologi

Ilmu Geologi merupakan ilmu yang mempelajari segala hal dari bumi, mulai dari komposisi, struktur, sejarah, hingga proses pembentukannya. Tentunya dalam jurusan ini akan lebih banyak mengadakan praktik dibandingkan teori. Dan kamu perlu melihat secara langsung objek-objek dari bumi apabila mengambil jurusan ini. Jadi sambil observasi, kamu bisa menjadikan kesempatan itu untuk jalan-jalan melepas penat.

3.    Antropologi

Antropologi menjadi ilmu yang akan mempelajari tentang manusia. Bagaimana seluk beluknya, kebudayaan yang menjadi pembeda, dan semua hal yang berunsur keanekaragaman manusia. Tentunya ini akan sangat menarik kalau kamu suka penasaran dengan budaya-budaya di setiap wilayah, bahkan di pedalaman yang belum terjamah di Indonesia maupun di wilayah luar.

Jurusan ini akan membuat kamu mengunjungi masyarakat adat dan diharuskan untuk berinteraksi langsung dengan mereka.

4.    Arkeologi

Dalam jurusan ini, kamu akan akan mengkaji penemuan, dokumentasi, analisis, nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan, hukum adat, sampai dengan artefak (benda-benda peninggalan yang dibuat oleh manusia) dan ekofak (benda-benda alam yang berhubungan langsung dengan manusia zaman dulu).

Arkeologi ini akan mempelajari dan meneliti budaya dan kondisi lingkungan di peradaban sebelumnya. Jadi bedanya dengan antropologi, jurusan ini akan mempelajari sisa-sisa kebudayaan manusia. Nah, kamu akan sering berkunjung ke museum-musem untuk meneliti situs-situs purbakala.

5.    Jurnalistik

Kalau kamu suka jalan-jalan dan suka berkomunikasi dan menggali informasi dan menyampaikannya kepada khalayak umum, kamu bisa memilih jurusan jurnalistik. Kamu akan sering diajak jalan-jalan untuk mengumpulkan informasi dan menjadikannya berita dan liputan.

Kamu juga akan bertemu dengan narasumber, objek informasi dan berbagai informasi yang menarik. Nah dari informasi itu kamu akan diajarkan cara memproduksi, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi.

6.    Kehutanan

Jurusan kehutanan akan mempelajari cara melindungi, menyelamatkan, mengelola, dan memanfaatkan hutan. Kamu juga akan memadukan teori dan teknologi untuk melestarikan hutan. Hal-hal yang akan kamu pelajari adalah mulai dari ekologi hutan, satwa, ilmu tanah, fisiologi tumbuhan, sampai pengelolaan dan manajemen hasil hutan.

Selama perkuliahan, kamu juga akan diajarkan mengenai hukum penebangan hutan, lho. Dan yang pasti, kamu akan dituntut untuk bisa memanfaatkan hasil hutan tanpa merusak ekosistem hutan. Nah, kamu bisa memilih jurusan ini kalau suka menjelajah hutan dan melihat keindahan alam.  

7.    Kelautan dan Perikanan

Kalau jurusan sebelumnya akan membawa kamu menjelajahi hutan, jurusan ini akan membawa kamu berpetualang mengenal flora dan fauna yang ada di dalam laut. Kamu akan diajak observasi di laut dan melihat kekayaan alam laut secara langsung. Sudah terbayang kan keseruannya.

Jadi dari ketujuh rekomendasi jurusan untuk yang suka jalan-jalan ini, kamu lebih tertarik yang mana? Jangan lupa untuk dipertimbangkan matang-matang dan cari tau prospek kerjanya, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.