Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

oleh | Jul 9, 2021 | Blog, CPNS, Tips | 0 Komentar

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021.

Pelaksanaan seleksi CASN dilakukan secara serempak untuk semua lembaga pemerintah yang ikut membuka lowongan. Pelamar bisa memilih jabatan atau formasi yang tersedia baik di pemerintah daerah, pemerintah pusat, kementerian, maupun badan lainnya.

Setiap jabatan memiliki ketentuan serta kuota yang berbeda-beda. Pelamar tentu harus memperhatikan hal tersebut ketika memutuskan untuk mendaftar. Pelamar hanya bisa mendaftar pada jabatan yang sesuai dengan jurusan asalnya. Pelamar dengan jurusan yang tidak sesuai maka tidak bisa mendaftar.

Pada pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS), ada banyak lowongan yang tersedia. Kamu mungkin merasa kesulitan untuk menemukan jabatan yang sesuai dengan jurusan kuliah. Tidak perlu bingung, yuk, cari tahu cara menemukan berbagai formasi CPNS sesuai jurusan kuliah!

Pakai Simulasi Pemilihan Formasi di SSCASN

Formasi CPNS sesuai jurusan kuliah

Bagi kamu yang belum memiliki incaran formasi, BKN telah memberikan kemudahan. Kamu bisa melakukan simulasi pemilihan formasi melalui laman resmi SSCASN. Melalui simulasi ini, kamu bisa menemukan jabatan-jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Cara lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

  • Membuka laman SSCASN.
  • Klik menu ‘Layanan Informasi’ di bagian atas.
  • Pilih ‘Info Lowongan’.
  • Isikan jenis pengadaan yang diinginkan, misalnya yaitu CPNS.
  • Bisa langsung memilih instansi yang diinginkan, namun jika masih belum pasti, pilih ‘Semua Instansi’.
  • Pilih tingkat pendidikan yang sesuai, misalnya yaitu ‘S-1/Sarjana’.
  • Pilih jurusan kuliah yang sesuai, contohnya yaitu ‘S-1 Teknik Informatika’.
  • Klik tombol ‘Cari’.
  • Laman akan menampilkan daftar jabatan yang diinginkan di berbagai instansi.

Cara ini akan memudahkan pelamar untuk mengetahui jabatan yang bisa dilamar. Selain itu, terdapat juga informasi kuota untuk masing-masing jabatan. Sebagai contoh, sesuai input yang dilakukan di atas, laman SSCASN menampilkan bahwa lulusan S-1 Teknik Informatika bisa mendaftar ke berbagai formasi CPNS yaitu:

  • Analis Intejen BIN, kuota 15 orang formasi umum.
  • Analis Intelijen BIN, kuota 1 orang formasi lulusan terbaik.
  • Analis Penelitian Badan Keamanan Laut RI, kuota 1 orang formasi umum.
  • Analis Data dan Informasi BKN, kuota 7 orang formasi umum.
  • dan lain-lain.

Baca juga Syarat, Dokumen, serta Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2021.

Cari Pengumuman Resmi dari Formasi CPNS yang Diinginkan

Setelah mengetahui formasi yang diinginkan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mencari pengumuman resmi dari instansi bersangkutan. Rilis ini akan berisi hal-hal yang perlu diketahui terkhusus untuk jabatan yang diinginkan.

Informasi mengenai pengumuman ini bisa diperoleh langsung dengan mencarinya ke instansi terkait atau melalui laman SSCASN. Cara mencari rilis sesuai instansi di laman SSCASN yaitu sebagai berikut.

  • Membuka laman SSCASN.
  • Klik menu ‘Layanan Informasi’.
  • Pilh menu ‘Periode Pendaftaran’.
  • Cari nama instansi yang dituju, misalnya yaitu ‘Kementerian Perindustrian’.
  • Klik tombol ‘Pengumuman’ sesuai instansi yang dituju.
  • Dokumen pengumuman resmi akan ditampilkan di tab baru.

Di dalam dokumen tersebut, kamu akan menemukan berbagai informasi terkait seleksi CASN di instansi yang dipilih. Informasi tersebut berupa jabatan, formasi, persyaratan, tata cara pendaftaran, dokumen unggahan, alur, jadwal, dan lain-lain. Kamu harus membaca pengumuman dengan seksama untuk menemukan informasi sesuai dengan jabatan yang diinginkan.

Itu tadi cara cari formasi CPNS sesuai jurusan kuliah. Cara tersebut akan memudahkan kamu untuk mengetahui jabatan-jabatan yang mungkin didaftarkan sesuai dengan latar belakang pendidikan tanpa perlu membaca satu per satu pengumuman yang ada. Setelah mengetahui jabatan yang diinginkan, jangan lupa untuk melengkapi syarat yang diperlukan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!