Penting! Ini Cara Pendaftaran PIP Semarang dan Makassar yang Paling Sesuai Dengan Ketentuan Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

oleh | Nov 21, 2019 | Blog | 0 Komentar

Bingung ingin melanjutkan kemana setelah lulus dari jenjang SMA atau SMK? Maka PIP merupakan pilihan yang tepat. Apa itu PIP? Politeknik Ilmu Pelayaran atau yang disingkat dengan PIP adalah pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

PIP sendiri dibagi di beberapa daerah yang tersebar pada beberapa daerah di Indonesia. Nah, PIP yang paling terkenal atau banyak diminati masyarakat Indonesia dan telah berstatus miliki Kemenhub adalah PIP Makassar dan PIP Semarang. Dengan begitu, apakah Anda ingin masuk diantara salah satunya?

Untuk melakukan pendaftaran di PIP Semarang ataupun di PIP Makassar tentu harus sesuai dengan yang ditentukan lembaga tersebut, terutama oleh Kemenhub sendiri. Lalu bagaimana tata cara dan syarat pendaftaran PIP dari keduanya yang paling sesuai? Simak ulasan berikut ini sampai selesai, sebab di bagian akhir akan dijelaskan bagaimana mendaftar langsung melalui Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub.

Cara Pendaftaran PIP Semarang 2020/2021

Merupakan pilihan yang tepat jika Anda memiliki Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, sebab PIP semarang adalah pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang sudah masuk ke dalam White List di International Maritime Organization sejak tahun 2000.

Dimana, tugas utamanya ialah untuk mendidik serta melatih generasi muda lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam bidang pelayaran dan pelabuhan, agar menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhanan demi memenuhi kebutuhan armada angkutan laut nasional ataupun internasional.

Berdiri sejak 1995/1996, PIP semarang dulunya bernama BPLP hanya membuka program studi diklat kepelautan dan kepelabuhanan Diploma IV, namun sejak tahun akademik 2018/2019 telah membuka program baru untuk jurusan D IV KALK, Teknika, dan Nautika.

Untuk informasi pendaftarannya yakni

  1. Persyaratan Pendaftaran PIP Semarang
  2. WNI
  3. Berusia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun per tanggal 1 September 2019. Sedangkan khusus untuk program studi D-III LLU berusia minimal 18 tahun, dan untuk D-IV LLU minimal 17 tahun.
  4. Untuk tinggi badan minimal bagi pria 160 cm sedangkan wanita 155 cm. Namun khusus untuk program studi D-IV Penerbang minimal tinggi pria 165 cm dan wanita minimal 163 cm, untuk program studi D-III PKP minimal 165 cm, serta untuk program studi D-III OBU tinggi minimal pria 165 cm sedangkan wanita minimal memiliki tinggi 160 cm.
  5. Berbadan sehat, artinya tidak cacat fisik ataupun mental, serta terbebas dari HIV/AIDS dan bebas narkoba.
  6. Calon Taruna tidak memiliki bertato ataupun bekas tato, serta tak bertindik ataupun memiliki bekas tindik di bagian telinganya ataupun anggota badan lainnya, kecuali jika disebabkan karena ketentuan agama/adat.
  7. Sedangkan Calon Taruni juga tidak boleh bertato atau memiliki bekas tato, serta tidak boleh bertindik ataupun memiliki bekas tindik di seluruh anggota badan lainnya, kecuali telinga. Dan untuk tindik di telinga pun tidak boleh lebih dari 1 (kanan dan kiri).
  8. Penglihatan masih normal, serta tidak buta warna baik persial ataupun total.
  9. Tidak sedang dalam masa terancam hukuman atau terancam hukuman pidana yang disebabkan melakukan kejahatan.
  10. Tidak atau belum pernah diberhentikan sebagai Taruna/Taruni dalam lingkungan oleh Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya secara tak hormat.
  11. Bersedia diberhentikan secara tak hormat bila terbukti atau suatu hari nanti melakukan tindakan kriminal, seperti melakukan tindakan kekerasan (pemukulan, perundungan, perkelahian, pengeroyokan, dan lainnya), serta tidak melakukan peyimpangan seksual atau tindakan asusila, serta tidak mengkonsumsi ataupun menjual-belikan narkoba.
  12. Dinyatakan gugur jika terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen.
  13. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni yang bermeterai 6000 Rupiah.
  14. Memiliki Surat Elektronik/e-mail yang masih aktif.

Selain syarat pendaftaran umum tersebut, PIP Semarang juga mengajukan Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan). Adapun syaratnya yakni:

  • Untuk lulusan tahun 2017 ataupun sebelumnya, harus mempunyai nilai rata-rata ujian tertulis yang tertera dalam ijazah, tak kurang dari 70 untuk skala penilaian 10-100), serta 2,8 untuk skala penilaian dari 1-4
  • Untuk Calon lulusan tahun 2018, harus mempunyai nilai rata-rata rapor dalam hal komponen Pengetahuan di 5 semester atau semester gasal dan genap pada kelas X dan XI serta semester gasal pada  kelas XI, tak tidak kurang dari 7,0 skala penilaian dari 1-10, atau 2,8 skala penilaian dari 1-41.
  1. Tata Cara Pendaftaran

Adapun cara pendaftaran PIP Semarang yakni melalui tahapan:

  • Calon Taruna/Taruni wajib melakukan registrasi (login) pendaftaran dengan melalui //sipencatar.dephub.go.id, dimana registrasi (Login) dibuka mulai tanggal 20 Mei 2019;
  • Calon Taruna/Taruni harus melengkapi data diri pada formulir yang telah disediakan, sesuai dengan data diri asli;
  • Calon Taruna/Taruni harus melakukan pembayaran jika telah mendapatkan notifikasi melalui email yang telah didaftarkan, kemudian mengunggah atau upload bukti pembayaran;
  • Selanjutnya, calon Taruna/Taruni wajib mengisi data pada formulir yang tersedia, serta mengunggah dokumen pendukung dalam bentuk softcopy, yang terdiri dari
  • Akta Kelahiran dengan format file JPEG/JPG/PNG maksimal berkas berukuran 500 kB
  • Pas foto terbaru dengan latar  belakang merah ukuran 4 x 6 cm, serta file yang berukuran 400 x 600 pixel dengan besaran minimal 300 KB dan maksimal 500 KB, dalam format jpg
  • KTP serta KK Calon Taruna/Taruni, bagi yang belum mempunyai bisa menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP sementara. Untuk dile masing-masing berformat JPEG/JPG/PNG maksimal berukuran 500 KB);
  •  Ijazah SMA, SMK atau sederajat dalam format file JPEG/JPG/PNG, file maksimal berukuran 500 KB;
  • Surat Keterangan lulus dari Kepala Sekolah SMA, SMA atau Sederajat, dalam format file JPEG/JPG/PNG berukuran maksimal 500 KB;
  • Sedangkan untuk lulusan SMK atau SMA sederajat, menyertakan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan program keahlian dan kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016) dalam format file JPEG/JPG/PNG maksimal file berukuran 500 KB)
  • Surat Keterangan belum pernah menikah, yang ditandatangani Kepala Desa dalam format file JPEG/JPG/PNG maksimal file berukuran 500 KB;
  • Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni, yang bisa diunduh pada //sipencatar.dephub.go.id/template, dalam format file JPEG/JPG/PNG maksimal file berukuran 500 KB.
  • Perlu diperhatikan, batas akhir unggah atau upload berkas dan bukti pembayaran TPA jika telah dinyatakan lulus verifikasi berkas, yakni pada tanggal 20 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.
  1. Tahapan Seleksi, beserta Jenis, dan Biayanya

Sebelum Anda mengetahui alur pendaftaran PIP Semarang, perlu diketahui bahwa tahapan seleksi menggunakan sistem gugur, artinya jika dalam tahap pertama gugur, maka tak bisa melakukan tahap selanjutnya. Ini berarti jika Anda gugur di tahap terakhir sekalipun, tetap dinyatakan gugur tak bisa masuk seleksi.

Adapun tahap seleksi PIP Semarang beserta biayanya yakni:

  1. Seleksi Tahap I, yakni Pendaftaran, dengan biaya pendaftaran Rp 150.000-Rp 200.000
  2. Seleksi Tahap II, yakni Seleksi Administrasi         
  3. Seleksi Tahap III, yakni Tes Akademik dengan biaya Rp 100.000-Rp 300.000
  4. Seleksi Tahap IV, yakni Psikotes, dengan biaya Rp 300.000-Rp 600.000
  5. Seleksi Tahap V, yakni tes Kesehatan, dengan biaya Rp 500.000-Rp 1.500.000
  6. Seleksi Tahap VI, yakni kesamaptaan dan wawancara, dengan biaya Rp 30.000- Rp 300.000.

Dimana semua biaya seleksi pada tiap tahapannya menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni. Adapun untuk tata cara pembayaran seleksi akan dikirimkan melalui e-mail yang bersangkutan sesuai pada tiap tahapan seleksi. Dan untuk besaran biaya seleksi sendiri, ditetapkan oleh masing-masing sekolah kedinasan atas Peraturan Perundangan.

  1. Jadwal Pendaftaran PIP Semarang, yakni mulai 1 April sampai 14 Juni 2019
  2. Jadwal Tes PIP Semarang

Sedangkan untuk jadwal tesnya yakni:

  • Pengumuman peserta tes akademik, pada tanggal 21 Juni 2019
  • Pelaksanaan tes akademik dan psikotes, pada tanggal 24-28 Juni 2019, sedangkan pengumuman hasil tes akademik dan psikotes, pada tanggal 5 Juli 2019
  • Pelaksanaan tes kesehatan,  kesamaptaan dan wawancara 9-12 Juli 2019, sedangkan pengumuman hasil penentu akhir pada tanggal 19 Juli 2019

Untuk Info lengkap tentang PIP Semarang bisa hubungi bagian berikut ini:

  • Alamat: Jl. Singosari No. 2A, Wonodri, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50242
  • Nomor telepon: (024) 8311527
  • Email: info@pip-semarang.ac.id

Cara Pendaftaran PIP Makassar 2019/2020

Setelah mengetahui cara pendaftaran PIP Semarang demikian, maka ini dia cara pendaftaran PIP Makassar!

  1. Persyaratan Jenjang Lulusan untuk PIP Makassar
  2. Untuk program studi D.IV KALK, harus dari lulusan
  3. SMU/MA (IPA/IPS),
  4. SMK, dalam Jurusan Akuntansi, Bidang Keahlian Bisnis, Perbankan, Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Usaha Kecil Menengah, dan Asuransi.
  5. Untuk program studi D. IV Teknik, harus berasal dari lulusan
  6. SMK Pelayaran + ATT-IV
  7. Teknik Otomotif
  8. SMK/MA Jurusan Teknik Mesin
  9. Teknik Elektronika (kecuali Audio Video)
  10. Teknik Mekatronika.
  11. Teknik Pendingin dan Tata Udara dan Teknik Perkapalan untuk Program Keahlian Instalasi Permesinan Kapal
  12. Teknik Ketenagalistrikan
  13. Teknik Instrumentasi Industri
  14. Teknik Pengelasan Kapal
  15. Diklat Pelaut IV Pembentukan + ATT-IV.
  16. Jurusan D. IV Nautik
  17. SMU/MA (IPA)
  18. SMK Pelayaran + ANT-IV, Diklat Pelaut IV Pembentukan + ANT-IV.
  19. Persyaratan Pendaftaran PIP Makassar
  20. Usia maksimum baik pria ataupun wanita 23 tahun, pada bulan pendaftaran tahun ini
  21. Belum menikah, serta sanggup untuk tidak menikah selama masa pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan dari kantor desa yang ditandatangani oleh Kepala Desa
  22. Tinggi badan minimal Pria 160 cm, sedangkan Wanita 155 cm;
  23. Melampirkan Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 dengan latar belakang berwarna merah,
  24. Melampirkan scan Ijazah/STTB, Akte Kelahiran, nilai UN, serta Surat Keterangan belum menikah
  25. Biaya Pendaftaran PIP Makassar

Adapun untuk biayanya yakni:

  • Program Studi Transportasi Darat sebesar Rp. 100.000
  • Program Studi Transportasi Laut sebesar Rp. 100.000,
  • Program Studi Transportasi Udara sebesar Rp. 150.000
  • Program Studi Poltekpel Surabaya sebesar Rp. 150.000
  1. Pembukaan pendaftaran dilaksanakan secara online, sesuai tanggal yang ditentukan melalui di portal BPSDM pada http://bpsdm.dephub.go.id;
  2. Pola Pembibitan
  3. Khusus untuk program studi STTD, BPPTD Bali dan BPPTD Palembang, terdapat 2 jalur penerimaan yakni, Regular dan Pola Pembibitan Putra/i daerah
  4. Sedangkan untuk calon peserta Pola Pembibitan sebelum melakukan login melalui portal BPSDMP harus mendaftar melalui Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi atau KEMENPAN RB, agar memperoleh username, password  serta konfirmasi pendaftaran melalui email, karena selanjutnya akan digunakan sebagai data login  untuk melakukan pendaftaran di Portal BPSDMP.
  5. Tahapan seleksi menggunakan sistem gugur.

Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub 2019/2020 di sipencatar.dephub.go.id

Dari kedua cara pendaftaran PIP atau Politeknik Ilmu Pelayaran tersebut, baik PIP Semarang atau PIP Makassar menggunakan cara pendaftaran sesuai dengan Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Hal tersebut karena memang, keduanya merupakan pendidikan tinggi ikatan dinas yang diselenggarakan oleh Kementerian RI dan atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian RI.

Selain demikian, sebenarnya tak semua lembaga atau kementerian menyelenggarakan pendidikan tinggi ikatan dinas, sebab hanya beberapa kementerian atau lembaga tertentu saja yang menyelenggarakannya.

Nah, Sipencatar Kemenhub atau bisa disebut juga dengan Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru Kementerian Perhubungan sendiri adalah seleksi penerimaan calon taruna / taruni baru yang akan masuk ke perguruan tinggi jenis politeknik, dan akademik yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Beberapa perguruan tinggi miliki Kemenhub sendiri seperti:

  • API Madiun
  • ATKP Medan
  • ATKP Makassar
  • PIP Semarang
  • PIP Makassar
  • PKTJ Tegal
  • Poltekpel Surabaya
  • Poltekpen Surabaya
  • STIP Jakarta
  • STPI Curug
  • STTD.

Jadi jika Anda ingin mendaftar dari salah satu perguruan tinggi tersebut memenuhi persyaratan sesuai ketentuan berikut ini:

  1. Persyaratan Pendaftaran
  2. WNI
  3. Usia maksimal minimal baik pria ataupun wanita minimal 16 tahun dan maksimal 23, serta khusus untuk D-II PKB STTD minimal 17 tahun, D-lV LLU minimal 17 tahun, dan D-III LLU minimal 18 tahun.
  1. Persyaratan nilai (bukan dari hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan sesuai dengan penjelasan pada masing-masing PIP Semarang ataupun PIP Makassar di atas.
  2. Serta persyaratan umum lainnya sesuai dengan ketentuan masing-masing PIP di atas
  3. Tata Cara Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub.

Pelaksanaan tahap seleksi ini menggunakan sistem gugur seperti yang dijelaskan di atas.

Adapun untuk tahapan pendaftarannya yakni:

  • Melakukan pendaftaran online terlebih dahulu dengan melalui portal SSCN BKN pada alamat sscasn.bkn.go.id, agar bisa memperoleh username dan password, yang akan digunakan untuk mencetak tanda bukti pendaftaran
  • Kemudian, lakukan registrasi ulang dengan menggunakan tanda bukti pendaftaran yang telah didapatkan, dengan melalui Portal Sipencatar Kemenhub pada alamat sipencatar.dephub.go.id, kemudian unggah atau upload berkas yang dibutuhkan sesuai ketentuan masing-masing PIP, untuk mencetak tanda bukti pendaftaran II. Dimana semua berkas yang diunggah dalam bentuk softcopy, yang terdiri dari:
  • Akte Kelahiran
  • KTP dan KK Calon Taruna / Taruni yang berusia di atas 17 tahun
  • Ijazah SMA atau sederajat
  • Surat Keterangan sebagai peserta Ujian Nasional dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang
  • Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Kepala Desa sesuai domisili (asli)
  • Surat Keterangan dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang yang menyatakan program keahlian dan kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016
  • Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni bermaterai 6000 Rupiah bisa diunduh melalui http://sipencatar.dephub.go.id
  • Tanda bukti pendaftaran I yang ditetapkan dari Portal https://sscasn.bkn.go.id
  • Pas Foto terbaru dengan latar belakang berwarna merah, ukuran 4 x 6 cm atau ukuran 400 x 600 pixel.

Dimana semua berkas di-upload dalam bentuk soft file dalam format JPEG/PNG, dengan ukuran minimal 300kB dan maksimal 500 kB.

  1. Cara Login ke Website Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  2. Pertama, buka alamat sipencatar.dephub.go.id
  3. Kemudian Klik menu “Klik Pembibitan”, ini hanya digunakan sebagai login Pertama
  4. Lalu, login ke selanjutnya pada tombol “Login” yang berada di sebelah menu “Login Pembibitan”
  5. Lalu gunakan username dan password yang didapatkan dari Portal SSCN BKN untuk Login
  6. Kemudian klik menu “Login” yang berada di bagian bawah.
  7. Tahapan Seleksi Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  8. Seleksi Tahap I, yakni Pendaftaran
  9. Seleksi Tahap II, yakni Seleksi Administrasi
  10. Seleksi Tahap III, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  11. Seleksi Tahap IV, yakni Tes Akademik;
  12. Seleksi Tahap V, yakni Psikotes;
  13. Seleksi Tahap VI, yakni Tes Kesehatan
  14. Seleksi Tahap VII, yakni Kesamaptaan dan wawancara
  15. Seleksi Tahap VIII, yakni khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang, melakukan Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang
  16. Semua tes ini menggunakan sistem gugur.
  17. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi /Tes Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub 2019
  18. Pendaftaran jalur pola pembibitan, dilaksanakan mulai 9 hingga 30 April 2019
  19. Pendaftaran jalur reguler, dilaksanakan mulai 13 Mei hingga 14 Juni 2019
  20. Pengumuman peserta SKD dilaksanakan pada 10 Juni 2019
  21. Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD), dilaksanakan pada 13 hingga 17 Mei 2019
  22. Pengumuman peserta Tes Akademik, dilaksanakan pada 21 Juni 2019
  23. Pelaksanaan Tes Akademik dan Psikotes, dilaksanakan pada 24 – 28 Juni 2019
  24. Pengumuman hasil Tes Akademik dan Psikotes pada 5 Juli 2019
  25. Pelaksanaan Tes Kesehatan, Kesempatan dan Wawancara, dilaksanakan pada 9 hingga  12 Juli 2019
  26. Pengumuman hasil akhir dilaksanakan pada 19 Juli 2019.

Bagaimana sudah siap mendaftar di PIP pilihan Anda? Pastikan lengkap berkas yang dibutuhkan, serta jangan sampai lewatkan setiap tahapnya. Jadi, catat tanggal tahapan seleksi tersebut!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

6 Cara Sukses Masuk IUP Medicine UGM

IUP MEDICINE UGM - International Undergraduate Program (IUP) juga sudah tersedia di program studi kedokteran  Universitas Gadjah Mada (UGM). IUP Medicine UGM termasuk kedalam bagian dari FKKMK yang ada di UGM, yaitu Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

6 Tips Sukses Masuk STIS Terupdate

KEDINASAN STIS – bisa juga disebut dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini memiliki sebuah tujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di...

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

6 Tips Sukses Masuk PKTJ Terupdate

PKTJ TEGAL – PKTJ Tegal atau biasa juga di sebut dengan nama Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan Tinggi Kedinasan ini memiliki...

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

Kelebihan Masuk AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

AKMIL – Akademi Militer atau biasa disebut dengan AMILMerupakan sebuah lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan yang mencetak para TNI Angkatan Darat. Sekolah Kedinasan AKMIL sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional RI. Akademi Militer atau AKMIL...

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinsan ATKP 2020

KEDINASAN ATKP – Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau yang dikenal dengan ATKP merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekolah kedinasan ATKP memiliki tujuan untuk melaksanakan...

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

KEDINASAN PIP – bisa juga disebut dengan nama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di kota Semarang. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan...

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

6 Tips Sukses Masuk STIP 2020

KEDINASAN STIP – Atau bisa disebut juga dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dulunya dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau...

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

KEDINASAN STPI - Saat ini Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK tengah menjadi sebuah primadona baru di kalangan muda-mudi bangsa untuk melanjutkan studi ke tahap Perguruan Tinggi. STPI ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia merupakan...