Catat! Ini Informasi Lengkap Terkait PPMB Unair yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

oleh | Sep 1, 2020 | Blog, UNAIR | 0 Komentar

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, merupakan unit yang diberi kewenangan untuk mengadakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru di Unair. Berikut informasi mengenai PPMB Unair yang tak boleh kamu lewatkan.

Perlu diketahui, Unair sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki reputasi bagus di Indonesia.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak lulusan SMA yang tertarik untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1 di Unair.

Seleksi Mahasiswa Baru di Unair

Untuk dapat menjadi mahasiswa di Unar, kamu wajib mengikuti seleksi masuk yang bernama Pusat Penerimaan mahasiswa Baru (PPMB).

PPMB merupakan unit yang diberi kewenangan untuk menyelenggarakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru di unair.  

PPMB Uniar meliputi:

  1. Diploma-3 dan Diploma-4
  2. Sarjana (jalur SNMPTN,  jalur SBMPTN, jalur Mandiri, dan Alih Jenis)
  3. Pasca Sarjana
  4. Magister
  5. Doktor
  6. Pendidikan Profesi–Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk)

Pendidikan spesialis

  1. Program pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS)
  2. Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)

PPMB untuk Program Sarjana di Unair

Sekarang ini, mari kita bahas satu persatu soal PPBM untuk program sarjana strata 1 (S1). Untuk program sarja, ada beberapa jenis jalur masuk yang dipeebolehkan untuk masuk Uniar, Antara lain:

  1. Jalur Masuk SNMPTN Unair

Kamu bisa menjadi mahasiwa Unair dengan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi negeri alias SNMPTN.

Saat mengikuti SNMPTN, kamu terlebih dahulu harus memeperoleh rekomendasi dari sekolah asal. Sebab sistem yang dipakai untuk seleksi ini adalah sistem undangan.

Artinya, jalur ini ditujukan khusus untuk siswa dan siswi yang berprestasi. Keuntungan dari jalur ini adalah biaya pendaftarannya yang gratis.

2. Jalur Masuk SBMPTN Unair

Jika tidak bisa mendaftar melalui jalur SMPTN, kamu masih bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN untuk masuk Uniar.

Kamu bisa mendaftar meloalui laman resmi SBMPTN secara daring dengan biaya pendaftaran yang dibayarkan di bank-bank tertentu.

3. Jalur Masuk Mandiri Unair

Selain kedua jalur di atas, Unair juga masih memiliki jalur mandiri. Jalur mandiri tersebut dibuka secara lokal dan dapat diikuti oleh semua lulusan jenjang.

Bagi kamu yang gagal dalam ujian SBMPTN dan masih ingin masuk unair dapat mendaftar melalui laman resmi http://ppmb.unair.ac.id/id/.

4. Jalur Masuk Alih Jenis Unair

Alih Jenis adalah jalur masuk di Unair bagi mahasiwa yang ingin mengalihkan jenis pendidikan yang ditempuhnya.

Cara pendaftarannya tidak berbeda, sebab sistem seleksiny masih menggunakan ujian mandiri, di mana ketentuannya pun hampir sama. Untuk informasi lengkapnya, kamu dapat mengakses website resmi http://ppmb.unair.ac.id/id/.  

5. Jalur Masuk Mahasiwa Asing Unair

Berbeda dengan keempat jalur di atas, jalur ini dikhususkan bagi mahasiwa asing alias WNA yang berminat untuk berkuliah di Uniar.

Proses seleksinya pun berbeda. Akan tetapi, segala informasi terkait pendaftarannya tetap bisa di akses melalui laman http://ppmb.unair.ac.id/id/.  

6. Jalur Masuk Kelas Internasional Unair

Kelas internasional adalah jalur masuk yang ditujukan untuk kamu yang fasih berbahasa Inggris dan berniat kuliah di luar negeri.

Tak tanggung-tanggung, skor TOEFL minimal yang harus didapat pendaftar agar bisa lolos di program S1 Internasional (Internasional Undergraduate Program/IUP) ini adalah sebanyak 550.

Proses seleksi kelas internasional berbeda dengan jalur-jalur di atas, karena semua tesnya menggunakan bahasa Inggris.

Soal informasi terkait pendaftaran kelas internasional Unair dapat dilihat di situs resmi http://ppmb.unair.ac.id/id/.

7. Jalur Bidik Misi Unair

Bidik Misi adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi. Jalur ini dikhususkan bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Kendati demikian, beasiswa ini dapat diberikan apabila pendaftar telah memenuhi sejumlah persyaratan seperti berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik dan non akademik.

Informasi pendaftaran jalur bidik misi dapat diakses secara daring melalui laman bidikmisi.dikti.go.id.

Demikianlah beberapa informasi penting terkait PPMB Unair yang tak boleh kamu lewatkan. bagaimana, berminat masuk Unair?

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...