Diumumkan Hari Ini! Berikut Cara Cek Hasil SNMPTN 2021

oleh | Mar 22, 2021 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

SNMPTN – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional atau disingkat SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Proses seleksi melalui jalur ini dilakukan dalam skala nasional dan dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Lolos SNMPTN tentu diinginkan oleh banyak siswa. Hal ini dikarenakan seleksinya yang tidak menggunakan tes dan lebih mengandalkan nilai rapor, prestasi, sekolah, dan lain-lain. Pendaftarannya pun tidak dilakukan secara mandiri melainkan dibantu oleh pihak sekolah. Meskipun begitu, tidak semua siswa bisa mendaftar SNMPTN, karena LTMPT memberi kuota tertentu bagi masing-masing sekolah.

Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh LTMPT, hasil seleksi SNMPTN akan diumumkan pada Senin, 22 Maret 2021. Berikut ini berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum mengakses pengumuman SNMPTN.

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Persiapan SNMPTN

Pengumuman SNMPTN diakses secara online melalui berbagai laman yang telah disediakan oleh LTMPT. Seperti yang diketahui, jalur seleksi ini dilakukan secara nasional sehingga jumlah pendaftarnya pun sangatlah tinggi. Tidak menutup kemungkinan apabila seluruh peserta mengakses website secara bersamaan, bisa terjadi kemungkinan error.

Guna menghindari kesulitan yang mungkin terjadi ketika membuka pengumuman SNMPTN, koneksi internet yang lancar dan stabil sangatlah penting. Hal ini juga disampaikan oleh LTMPT melalui akun Instagramnya, “Kami rekomendasikan siswa untuk memastikan perangkat dan koneksi dalam kondisi yang stabil saat mengakses pengumuman.” Kalimat tersebut mengiringi unggahan pengumuman hasil seleksi SNMPTN yang diunggah pada Minggu, 21 Maret 2021.

Siapkan Data yang Diperlukan

Setelah memastikan koneksi internet, hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum membuka pengumuman SNMPTN yaitu data untuk mengakses. Sebelum bisa melihat pengumuman, siswa akan diminta untuk masuk ke laman seleksi.

Proses login dilakukan dengan meng-input kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir. Apabila ada salah satu data yang tidak sesuai, maka siswa tidak bisa melihat hasil seleksi SNMPTN. Oleh karena itu, data tersebut penting untuk disiapkan sebelum mengakses laman pengumuman.

Langkah-langkah Membuka Pengumuman SNMPTN

Membuka pengumuman hasil seleksi SNMPTN tidak memerlukan langkah-langkah yang rumit. Cara melihat pengumumannya yaitu sebagai berikut.

  1. Masuk ke laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/ atau 28 laman mirror lainnya;
  2. Login menggunakan data yang diperlukan; lalu
  3. Tunggu sampai informasi muncul.

Coba Buka Laman Mirror

Apabila terjadi error pada laman utama https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/ karena terlalu banyak yang mengakses, LTMPT telah menyediakan berbagai website mirror. Berikut ini daftar laman mirror pengumuman SNMPTN.

  1. Laman SNMPTN UGM
  2. Laman SNMPTN UNDIP
  3. Laman SNMPTN UNTAN
  4. Laman SNMPTN ULM
  5. Laman SNMPTN UNAND
  6. Laman SNMPTN UNPAD
  7. Laman SNMPTN ITS
  8. Laman SNMPTN UNSYIAH
  9. Laman SNMPTN UNSRI
  10. Laman SNMPTN UI
  11. Laman SNMPTN IPB
  12. Laman SNMPTN ITB
  13. Laman SNMPTN UNAIR
  14. Laman SNMPTN UT
  15. Laman SNMPTN UNRAM
  16. Laman SNMPTN USU
  17. Laman SNMPTN UNHAS
  18. Laman SNMPTN UNESA
  19. Laman SNMPTN UNIMAL
  20. Laman SNMPTN UPN JATIM
  21. Laman SNMPTN ISBI
  22. Laman SNMPTN UNNES
  23. Laman SNMPTN UNM
  24. Laman SNMPTN UNTIRTA
  25. Laman SNMPTN UNY
  26. Laman SNMPTN ITK
  27. Laman SNMPTN UNSRAT
  28. Laman SNMPTN UNP

Bagaimana Jika Tidak Lolos SNMPTN?

UTBK SNMPTN SBMPTN

Tidak semua pendaftar jalur SNMPTN akan dinyatakan lolos. Hal ini dikarenakan jumlah pendaftar dan daya tampung mahasiswa baru yang disediakan universitas tidaklah sama. Meskipun begitu, masih terdapat pilihan lain jika ingin diterima di PTN.

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu ikut SBMPTN. Jalur ini terbuka bagi siapa pun yang tidak lolos atau tidak mendaftar SNMPTN. Proses seleksinya sendiri dilakukan secara serempak melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh LTMPT.

Selain mengikuti seleksi UTBK-SBMPTN, bisa juga mendaftar langsung melalui Seleksi Mandiri yang diadakan oleh masing-masing universitas. Seleksi melalui jalur ini tidak dilakukan secara nasional dan hanya fokus pada tiap universitas yang menyelenggarakannya.

Itu tadi artikel mengenai Diumumkan Hari Ini! Berikut Cara Cek Hasil SNMPTN 2021. Baca informasi mengenai UTBK 2021 di sini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...