Mengenal Google Scholar atau Google Cendekia, Bisa Bantu Menulis Skripsi!

oleh | Nov 23, 2023 | Blog, Tips | 0 Komentar

Google Scholar/Google Cendekia – Sudah bukan rahasia lagi kalau Google adalah sumber segala informasi di era digital saat ini. Informasi apapun bisa kamu temukan di laman pencari nomor satu di dunia ini, termasuk informasi ilmiah seperti jurnal, prosiding, hingga naskah tugas akhir. Yap, kamu bisa menemukan berbagai informasi ini melalui Google Scholar atau Google Cendekia dalam Bahasa Indonesia. 

Jika bisa memanfaatkan produk Google satu ini, segala informasi yang kamu butuhkan untuk tugas akhir hingga penelitian akan mendapat penerangan. Tenang saja, artikel berikut akan mengupas informasi yang perlu kamu ketahui dari Google Scholar. Simak hingga akhir, ya!

Apa itu Google Scholar?

Serupa dengan Google Search, layanan Google Scholar atau Google Cendekia juga merupakan mesin pencari yang dikembangkan oleh Google Inc. Bedanya, Google Scholar menawarkan pencarian informasi dan referensi ilmiah yang sudah dipublikasi di jurnal, prosiding, atau e-book. 

Oleh karena itu, pencarian berbagai topik di Google Scholar tentunya membuahkan hasil yang lebih valid dan telah teruji secara saintifik dibandingkan informasi yang ada di laman Google Search. Adanya Google Scholar juga sangat membantu kalangan ilmiah seperti mahasiswa, dosen, peneliti, ataupun pihak-pihak yang membutuhkan riset mendalam yang valid. 

Selain itu, Google Scholar juga memiliki banyak fitur untuk memudahkan pencarian referensi ilmiah sesuai kebutuhan. Misalnya, tahun penerbitan yang bisa disesuaikan untuk artikel yang diterbitkan tahun ini, atau beberapa tahun sebelumnya. Google Scholar juga menyediakan fitur untuk mengutip, melihat sitasi, hingga rekomendasi artikel terkait. Canggih sekali, ya!

Baca juga: Mengenal 7  Jenis Variabel Penelitian, Ada Apa Saja?

Kegunaan Google Scholar

Selain untuk mencari referensi ilmiah, Google Scholar juga memiliki berbagai kegunaan, seperti:

1. Sumber inspirasi

Google Scholar adalah wadah yang tepat untuk mencari inspirasi baik yang berkaitan dengan penelitian maupun pembelajaran seperti pembuatan kurikulum. Jutaan artikel ilmiah yang ada di Google Scholar juga bisa kamu jadikan inspirasi untuk melakukan penelitian dengan konsep serupa pada tugas akhir seperti skripsi. Kamu juga bisa menggali berbagai metode penelitian yang digunakan pada setiap artikel ilmiah yang sudah dipublikasikan. 

2. Manajemen publikasi penelitian

Untuk memudahkan penggunanya, Google Scholar juga memiliki halaman profil dan koleksiku untuk mengelola artikel setiap pengguna. Setiap artikel yang ingin dibaca atau disimpan oleh pengguna bisa ditandai untuk dibaca nanti. Sementara itu, pada halaman profil, kamu bisa mengunggah dan menampilkan artikel ilmiah yang sudah kamu publikasi. Fitur ini sangat berguna bagi peneliti sebagai sarana untuk menunjukkan karya ilmiahnya pada pengguna lain. 

3. Mengukur pengaruh penelitian 

Google Scholar memiliki metrik atau penilaian seperti h-indeks yang berguna untuk mengukur pengaruh penelitian atau publikasi seseorang di dunia maya. Metriks Google Scholar diakumulasikan dari sitasi atau kutipan terbaru pada artikel tersebut. Metriks seperti ini juga banyak dijadikan penilaian lebih lanjut  di dunia ilmiah dan akademisi. 

4. Ladang kolaborasi antar peneliti

Adanya Google Scholar juga memberikan peluang untuk berkolaborasi antar penulis atau peneliti. Kamu juga berkesempatan untuk menghubungi pihak peneliti secara langsung jika ingin berdiskusi seputar penelitian yang serupa. Peluang untuk melakukan penelitian lintas disiplin pun terbuka lebar, loh!

Tips menggunakan Google Scholar

Untuk kamu pengguna baru Google Scholar, simak beberapa tips untuk menggunakan Google Scholar dengan lebih efektif sebagai berikut:

  1. Tandai artikel yang akan dibaca dengan tanda bintang pada bawah judul
  2. Atur tahun, bahasa, dan preferensi lainnya untuk menyesuaikan hasil pencarian
  3. Gunakan fitur “Artikel terkait” dan “Dirujuk xx kali” untuk mendapatkan artikel lain yang serupa
  4. Gunakan Fitur “Kutip” untuk mendapatkan daftar pustaka dari artikel
  5. Gunakan kata kunci terkait untuk mencari dibandingkan dengan kalimat lengkap
  6. Gunakan tanda petik atau kutip untuk mencari kata atau frase yang spesifik

Itulah beberapa informasi seputar Google Scholar atau Google Cendekia yang bisa kamu terapkan untuk mencari referensi skripsimu. Tertarik untuk mencoba produk Google satu ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.