Pentingnya Ikut Bimbel Kedinasan Agar, Lolos Kedinasan

oleh | Jun 11, 2020 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

SEKOLAH KEDINASAN – Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), kini Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) menjadi suatu pilihan lain dalam melanjutkan studi ke jenjang Pergruuan Tinggi. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) sendiri memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi idola baru di kalangan remaja Indonesia, antara lain :

  1. Sebagian besar Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) membebaskan biaya perkuliahannya (gratis) yang nantinya akan ditanggung oleh pemerintah, bahkan ada beberapa PTK yang memberikan uang saku atau tunjangan ke tarunanya setiap bulannya;
  2. Sebagian besar PTK akan mengangkat para alumninya menjadi seorang PNS dengan golongan III A secara otomatis;
  3. Para alumninya dapat bekerja di kementerian terkait;
  4. Gaji yang akan di dapatkan tentunya tidaklah sedikit.

Di Indonesia sendiri sudah banyak Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) baik itu yang langsung bernaung di bawah Kementerian ataupun Non-kementerian. Setiap tahunnya untuk bisa masuk ke sebuah PTK dalam persaingannya cukuplah ketat, bahkan di beberapa PTK favorit dalam satu kursi kosong dapat di perebutkan oleh ribuan orang.

Pada dasarnya untuk masuk ke sebuah PTK tergolong susah-susah gampang, selain membutuhkan ketangkasan fisik kalian juga di tuntut untuk memiliki kemampuan otak yang cerdas. Maka dari itu sebaiknya sebelum kalian mencoba ke sebuah sekolah kedinasan, lebih baik kalian menyiapkan bekal secara matang terlebih dahulu dengan mengikuti Bimbel Kedinasan. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengikuti sebuah bimbel untuk masuk ke sekolah kedinasan.

Baca juga mengenai : Latihan Fisik Ini Bisa Buat Kalian Masuk Kedinasan

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel Kedinasan Agar Mudah Lolos kedinasan

Sebelum masuk dan mengikuti serangkaian tes masuk sekolah kedinasan di salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), sebaiknya kalian untuk mengikuti bimbel sekolah kedinasan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya kalian mengikuti bimbel kedinasan terlebih dahulu sebelum masuk ke salah satu PTK, antara lain :

1.Konsultasi Minat & Bakat sesuai kecerdasan genetik (genetic intelligence) siswa

Sebelum memutuskan akan masuk ke sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), tentunya kalian harus menentukan dimana dan apa. Dalam Bimbel Kedinasan kalian bisa berkonsultasi tentang sekolah kedinasan yang sesuai dengan minat dan bakat kalian dan juga setelah menentukan PTK tersebut, kalian akan memilih jurusan apa yang akan di ambil nantinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyesalan di kemudian hari. Sudah banyak para pelajar yang mengeluh akan progam studi ataupun instansi yang mereka ambil setelah mereka lulus. Penentuan ini juga bertujuan untuk melihat jauh kedepan potensi apa yang bisa di dapatkan dari melanjutkan studi ke PTK tersebut. Disamping itu juga bakat kalian akan tersalurkan dengan baik dan akan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

2. Tips dan tricks pengerjaan soal dengan cara cepat dan jitu

Seperti halnya sebuah bimbel pada umumnya, Bimbel Kedinasan juga akan membagikan beberapa tips dan trik dalam pengerjaan soal secara cepat dan jitu. Hal ini tentunya tidak akan kalian dapatkan secara mandiri. Perlu diketahui bahwa banyak para calon praja atau taruna yang gugur karena mereka hanya berfokus pada ketangkasan fisik saja. Pada dasarnya pihak PTK menginginkan seorang calon praja atau taruna yang memiliki ketangkasan fisik dan juga kecerdasan otak yang bagus, karena pada nantinya mereka akan di tempatkan di tengah masyarakat untuk melayani mereka dan dapat bekerja secara optimal, oleh karena itu dua kombinasi antara otak dan otot sangat diperlukan.

3. Akan diberi fasilitas modul dan Try Out dan arahan mengerjakannya

Umumnya sebuah bimbel kedinasan akan memberikan fasilitas berupa modul soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), modul materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), E-Book materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), serta Try Out yang diselenggarakan secara online (Computer Assisted Test). Beebrapa fasilitas modeul dan try out tersebut merupakan sebuah latihan yang hampir mirip dengan aslinya dan tentu ter update. Kalian juga akan diberi arahan dalam pengerjaannya.

4. Melatih sikap percaya diri dan mental yang kuat

Di dalam siatu seleksi tentu tidak akan lepas dari yang namanya persaingan, maka dari itu modal yang tidak kalah penting adalah percaya diri dan mental yang tangguh. Ketika kalian mengikuti suatu Bimbel Kedinasan, secara perlahan mental kalian akan terlatih. Kalian akan lebih percaya diri untuk mengerjakan soal-soal, karena sudah terbiasa dengan soal-soal latihan yang diberikan oleh bimbel favorit kalian. Maka dari itu jangan ragu untuk masuk ke sebuah sekolah kedinasan sebelum kalian mencoba masuk ke sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Baca Juga Mengenai : 6 Tips Masuk Kedinasan STPI

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Akreditasi Perguruan Tinggi – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang tentu ingin mendapatkan yang terbaik. Mulai dari pendidikannya, kurikulum, lingkungan kampus, sampai kualitas lulusannya. Semua hal tersebut sebenarnya sudah...

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Beasiswa Telkom University – Melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut terkadang menjadi beban untuk sebagian orang. Biaya besar yang perlu dikeluarkan bukan lagi sebuah hal baru. Calon mahasiswa harus mengeluarkan banyak uang mulai dari mengikuti seleksi sampai lulus...

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

SMB Telkom University – Telkom University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Kampus yang terletak di Jawa Barat ini dinobatkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai PTS terbaik di Indonesia....

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY – Salah satu universitas swasta di Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY kembali membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 ini. Seleksi tersebut terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi mahasiswa UMY asalkan memenuhi persyaratan...