Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ikuti Tips-tips Ini Supaya Lolos Ujian Mandiri PTN

oleh | Jun 16, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN, Tips | 0 Komentar

Tips Ujian Mandiri – Bagi kamu yang belum berkesempatan lolos SNMPTN dan SBMPTN, tetap semangat ya. Selain SNMPTN dan SBMPTN, kamu bisa mengikuti jalur seleksi lainnya yaitu seleksi mandiri. Seleksi jalur ini diselenggarakan mandiri oleh kampus untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang tidak lolos tes jalur SNMPTN dan SBMPTN agar tetap bisa melanjutkan studi di PTN.

Tes seleksi mandiri di setiap PTN berbeda-beda tergantung kebijakan dari kampus masing-masing. Jadwal, ketentuan, syarat, dan biaya diatur sepenuhnya oleh kampus terkait. Karena dikelola sendiri oleh PTN terkait, jadwal seleksi jalur ini tidak dilakukan secara serentak. Kamu juga berkesempatan bisa ikut beberapa seleksi jalur mandiri PTN.

Yuk, cek dan ikuti tips-tips berikut ini supaya kamu bisa lolos ujian mandiri di PTN pilihanmu.

Mencari Informasi Lengkap Terkait Ujian Mandiri

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi lengkap tentang pelaksanaan ujian mandiri  di PTN pilihanmu. Masing-masing PTN memiliki ketentuan seleksi yang berbeda-beda. Kamu perlu perhatikan dan catat ketentuan, prosedur, syarat, jadwal, dan biaya pendaftarannya.

Sebelumnya, kamu harus tentukan PTN mana yang jadi pilihanmu. Setelah itu, tentukan juga jurusan ingin yang kamu pilih. Informasi ujian mandiri bisa kamu simak di laman resmi atau media sosial universitas pilihanmu. Pantau terus informasi seleksi mandiri pada PTN yang akan dituju.

Pilih Prodi Sesuai Minat dan Bakat

Pada seleksi mandiri ada beberapa PTN yang memberi kesempatan siswa untuk memilih beberapa prodi. Maka dari itu, kamu harus memilih prodi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Dalam memilih prodi kamu perlu memikirkan hal ini baik-baik akan keputusan yang akan kamu ambil.

Perhatikan Daya Tampung Seleksi Mandiri di PTN Pilihanmu

Perlu bagi kamu untuk memperhatikan daya tampung seleksi mandiri dari PTN pilihanmu. Umumnya kuota daya tampung untuk jalur mandiri sebesar 30% dari kuota daya tampung keseluruhan penerimaan. Kamu perlu membuat urutan prioritas dalam memilih beberapa jurusan yang diminati.

Selain itu, lihat juga jumlah peminat dan kursi yang tersedia di seleksi mandiri kampus tersebut. Hal ini bisa meningkatkan peluang diterimanya kamu saat tes ujian mandiri.

Persiapkan Persyaratan dan Hal yang Diperlukan

Ketentuan dan persyaratan ujian mandiri diatur oleh masing-masing PTN. Kamu harus tetap update perkembangan informasi mengenai terkait seleksi mandiri di PTN pilihanmu. Siapkan semua hal dan berkas jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian mandiri.

Perhatikan, catat, serta lengkapi semua informasi dan berkas yang diperlukan. Kamu harus mempersiapkan berkas pendaftaran dengan teliti, jangan sampai ada yang terlewat ya.

Perhatikan Jadwal Ujian Mandiri

Pastikan kamu perhatikan dan jangan lupa jadwal ujian mandiri di PTN yang kamu tuju. Jika kamu mengikuti beberapa seleksi mandiri di beberapa PTN, pastikan jadwalnya tidak bentrok. Selain itu, cek dan perhatikan lokasi dan jam pelaksanaan ujian tesnya agar kamu tidak terlambat.

Terus Belajar Memperdalam Materi

Persiapkan dirimu dengan sebaik mungkin dengan memperdalam materi ujian. Pastikan kamu belajar sesuai dengan materi yang akan diujikan nanti. Pastikan kamu belajar secara fokus dan dan cicil belajar materi ujian dari jauh-jauh hari dan jangan belajar dengan sistem kebut semalam ya.

Baca juga 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Semester Pendek, Kuliah Bisa Jadi Lebih Singkat!

Perbanyak Latihan Soal

Kamu bisa memperbanyak latihan soal ujian karena bisa membantu dalam menguasai materi. Hal ini bisa mempermudah dan memperlancar kamu dalam menjawab soal saat ujian nanti. Kamu bisa mengerjakan soal-soal ujian mandiri tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, kamu juga perlu membiasakan diri dengan berbagai tipe soal. Banyak berlatih mengerjakan soal akan membuatmu terlatih dalam menghadapi berbagai tipe bentuk soal di ujian mandiri nanti.

Cari Tahu Materi Tes

Setiap PTN memiliki ketentuan masing-masing dalam menetapkan materi tes seleksi mandirinya. Kamu harus mencari tahu dengan materi ujian mandiri di PTN pilihanmu. Biasanya materi tes yang diujikan adalah tes potensi akademik, tes kemampuan IPA/IPS, Matematika, atau Bahasa Inggris.

Ikuti Try Out

Cobalah untuk mengikuti try out ujian mandiri karena kamu bisa memperhitungkan kesiapanmu menghadapi soal ujian tes. Try out ini bisa kamu jadikan simulasi dalam menghadapi ujian yang sebenarnya. Hal ini akan membantu kamu dalam persiapan menghadapi ujian mandiri nanti.

Jaga Kesehatan

Tips berikutnya yaitu jaga kesehatan karena ini merupakan hal yang mempengaruhi dalam mengerjakan tes. Jagalah kesehatan kamu agar tidak sakit saat pelaksanaan ujian mandiri. Selain itu kamu harus istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, jangan begadang, dan makan makanan bergizi.

Perbanyak Doa

Hal terakhir dan yang paling penting yaitu perbanyak berdoa. Baik sebelum ujian ataupun setelah ujian, jangan lupa untuk terus berdoa sehingga ujian ini bisa kamu lalui dengan lancar. Jangan lupa juga untuk meminta doa dan restu dari orang tua ya.

Bagi kamu yang akan mengikuti ujian mandiri simak dan Ikuti Tips-tips Ini Supaya Lolos Ujian Mandiri PTN pilihanmu di atas ya. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Jangan Putus Asa! Berikut Beberapa Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Ikuti Tips-tips Ini Supaya Lolos Ujian Mandiri PTN […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!