Informasi Lengkap Mengenai KKI UI Kedoketeran

oleh | Feb 27, 2020 | Blog | 0 Komentar

Program kelas khusus internasional (KKI) di rancang untuk mencetak dokter yang dapat berkompetisi dengan lulusan dari negara – negara lain dan juga mempunyai kompetensi berstandar Internasional. Lulusan KKI juga di targetkan dapat melanjutkan pendidikan pascasarjana pada institusi pendidikan kedokteran berskala international.  Dengan menggunakan kurikulum berskala International, para mahasiswa di dorong agar dapat mengembangkan cara belajar dan juga mengembangkan ilmu dan ketrampilan klinis dengan melalui berbagai sumber akademik. Strategi yang di terapkan di dalam Program KKI melibatkan kolaborasi internasional yaitu University of Melbourne, Universiti of Newcastle Upon Tyne dan Monas University.

Program KKI di FKUI mempunyai nilai tambah double degree yang mempunyai gelar dokter ( Universitas Indonesia ) dan Bachelor of Medical Science ( University of Melbourne atau monash University ) atau juga Master of Research ( University of Newcastle Upon Tyne) program di lasanakan pada universitas berbentuk coursework atau biasa di sebut juga dengan research project. Para mahasiswa di beri kesempatan untuk mempelajari lebih mendalam mengenai seluk beluk penelitian dan juga mengaplikasikanya di dalam proyek riset.

Kegiatan akademis di dalam Program KKI dilaksanakan dengan menggunakan Bahasa Inggris baik di dalam perkuliahan ataupun diskusi, praktikum , tugas, dan ujian. Penggunaan bahasa Inggris ini mempunyai tujuan agar lulusa KKI dapat melakukan pembelajaran keodkteran di dalam bahasa inggri yang merupakan bahasa International. Program KKI dirancang juga untuk mengembangkan profesionalisme dan menggunakan kurikulum standar internasional. Dengan kondisi kegiatan belajar mengajar yang membuat siswa mengembangkan cara belajar mereka dan juga menggali kemampuan mereka melalui berbagai sumber akademik untuk meningkatkan ilmunya di bidang kedokteran.

Macam – Macam Informasi Tambah Mengenai KKI UI Kedokteran

Jalur Masuk KKI UI Kedokteran

Teman – teman IC yang mau masuk ke KKI UI kedokteran dapat melalui jalur, Talent Scouting ( Undangan ) dan juga SIMAK KKI UI ( Ujian tertulis ). Ada 2 jalur yang dapat di manfaat kan oleh teman – teman IC. Informasi selanjutna kita akan membahas mengenai universitas Mitra KKI UI.

Universitas Mitra KKI UI

  • Monash University, dari Australia
  • University of Melbourne, dari Australia
  • University of Newcastle Upon Tyne, dari Inggris

Persyaratan Masuk KKI UI Kedokteran

Persyaratan masuk KKI UI Kedokteran pun juga sangatlah simple sekali teman – teman tidak ribet. Berikut persyaratanya :

  • Lulus SMU/sederajat, dalam dan luar negeri ( setara “A” level atau B )
  • Usia ijazah maksimal 5 tahun  pada saat masa pendaftaran
  • Minimal TOEFL Institusional 550, IELTS = 6

Biaya Masuk KKI UI Kedokteran

Nah untuk teman – teman IC yang sudah menetukan tujuanya ingin masuk KKI UI Kedokteran harus menyiapkan dana yang cukup fantastis. Berikut dananya :

  • Biaya uang pangkal sebesar : Rp. 86.250.000 untuk (WNI) dan Rp 115.000.000 untuk (WNA)
  • Biaya persemester sebesar Rp 40.250.000 untuk (WNI) dan Rp 46.000.000 (WNA)
  • Monash University AU$ 65.000 / tahunya
  • Melbourne University AU$ 65.000 / tahunya
  • University of Newscastle Upon Tyne £19.000 / tahunya

Lama Studi, Lokasi dan Gelar Kuliah KKI UI Kedokteran

  • Untuk semester 1-6 di kampus RIK UI Depok
  • Semester 7-8 di Monash University/ University of Melbourne (Australia) atau University of Newcastle Upon Tyne (Inggris)
  • Semester 9-13 Kampus UI Salemba Dan Rumah Sakit Pendidikan

Gelar Lulusan KKI UI Kedokteran

  • Serjana Kedokteran (S.Ked) dari Universitas Indonesia
  • Bachelor of Medical Science (b.Med.Sci) dari Melbourne University of Newcastle Upon tyne
  • Dokter dari Universitas Indonesia

8 Tips Dan Cara Masuk KKI UI Kedokteran

Oke teman – teman, kami juga akan memberikan sedikit trik dan tips cara masuk KKI UI kedokteran. Berikut tipsnya :

  1. Belajar Menulis Resume Terkait Kedokteran / Medis

Peruguruan tinggi di indonesia biasanya juga menginginkan para calon mahasiswa menuliskan resume. Ini juga merupakan salah satu kesempatan kamu untuk menuliskan segala pengalaman dan skill kamu terkait dengan dunia medis. Mungkin kalian belum mengalami pengalaman sungguhan seperti aktivitas yang dokter lakukan. Akan tetapi pasti UI ( universitas Indonesia ) pasti juga ingin tau seberapa jauh kemampuan anda di dalam dunia kedokteran / medis dan berapa lama waktu yang kamu habiskan dalam dunai medis.

  • Melakukan project penelitian

Biasanya pada saat SMA ada yang berkesempatan mengikuti sebuah perlombaan penelitian. Project atau perlombaan pada saat masa SMA anda dapat menjadi nilai tambahan bagi anda untuk dapat masuk KKI UI, mengingat ada jalur Scouting yang dapat di temput oleh para calon mahasiswa. KKI UI Kedokteran memang senang melakukan penelitian setiap waktunya, ilmu kedokteran memang terus berkembang setiap waktunya, bermacam – macam ilmu baru pun terus di temukan

  • Harus Terbiasa Berdedikasi Kepada Masyarakat

Banyak orang melupakan bahwa profesi kedokteran tidak hanya tentang prospek saja, akan tetapi menjadi pribadi yang mampu berdedikasi kepada masyarakat dan orang lain juga sangat di perhatikan. Anda harus perlu untuk meluangkan waktu anda terjun ke masyarakat, melihat kondisi sekitar apa yang sedang terjadi di sekitar dan turut mengawal prosesnya. Biasanya banyak orang yang meminati jurusan kedokteran mengikuti kesempatan seperti sukarelawan dan ketenaga kesehatan.

  • Menyiapkan Sebaik Mungkin

Nilai rata – rata yang baik juga sangat berpengaruh pada saat anda melakukan pendaftaran KKI UI Kedokteran. Maka dari itu anda harus menyiapkan nilai anda sebaik mungkin, sebisa mungkin sejak menginjak awal kelas 2 SMA anda sudah menyiapkan diri anda untuk belajar sungguh – sungguh agar dapat menggapai impian anda masuk KKI UI Kedokteran. Selain nilai rata – rata yang bagus nilai ujian akhir yang bagus juga menjadi sebuah pertimbangan dari pihak kampus.

  • Mengikuti Bimbel

Guna mendukung perjalanan anda masuk KKI UI Kedokteran anda harus menyiapkan segala persiapanya dengan matang. Salah satu caranya harus menggunakan bimbel, sudah banyak sekarang bimbel yang memasukan para pesertanya untuk masuk Kedokteran UI atau UGM seperti program yang di punyai Indonesia College.

  • Menjaga Kesehatan Anda

Agar proses belajar anda lancar dan juga proses selesksi masuk KKI UI Kedokteran anda lancar anda juga harus menjaga kesehatan anda. Ketika kondisi kesehatan anda sedang terganggu tentunya anda akan mengalami susah fokus dan susah berpikir dengan jernih. Maka dari itu anda harus membiasakan makan – makanan yang sehat dan bergizi.

  • Mempelajari Bahasa Inggris Dengan Benar

Karena anda mau masuk KKI UI Kedokteran tentunya anda harus menyiapkan keahlian bahasa Inggris anda sebaik mungkin. Anda dapat mencoba – coba mengikuti TOEFL dan mulai menentukan batas minimum nilai TOEFL anda. Agar kesempatan anda semakin besar anda harus minima mempunyai skor Toefl Sebesar 600.

Nah itu dia teman – teman IC mengenai tips dan trik agar kesempatan anda masuk ke KKI UI Kedoktera semakin besar. Baca juga 16 Cara Mudah Lolos Kuliah Kedokteran  agar wawasan semakin luas dan mengetahu segala informasi mengenai pendidikan.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa Perbedaan IUP Medicine UGM dengan Kelas Regulernya | LKBB Indonesia college - […] Nah sampai disini dulu ya artikel kali ini teman – teman , semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan…
  2. PANRB Bantah Akan Angkat Honorer dan PPPK Jadi PNS | LKBB Indonesia college - […] Nah itu dia teman – teman IC mengenai sedikit berita dan informasi pada artikel kali ini, bagi anda yang…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…