Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!

Informasi Lengkap Terkait Pendaftaran Ulang Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022

oleh | Jul 18, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Daftar Ulang Seleksi Mandiri ITB – Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) telah dilaksanakan pada bulan Juni-Juli lalu. Bagi peserta yang dinyatakan lulus SM-ITB ITB wajib melakukan daftar ulang. Pendaftaran ulang mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 dilaksanakan pada tanggal 14-24 Juli 2022 mulai pukul 17.00 WIB.

Pendaftaran ulang dilakukan secara daring melalui laman https://akademik.itb.ac.id. Setelah melakukan daftar ulang, peserta harus membayar UKT dan IPI. Bagi kamu yang dinyatakan lolos jalur ini, yuk, simak informasi lengkap terkait pendaftaran ulang SM-ITB berikut ini.

Cara Pendaftaran Ulang

  • Calon mahasiswa harus melakukan aktivasi akun pendaftaran ulang mahasiswa baru terlebih dahulu di laman https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri/.
  • Setelah aktivasi dilakukan, mohon mencatat username dan password temporary yang akan digunakan untuk melaksanakan proses pendaftaran ulang mahasiswa baru.

Isian Data dan Dokumen Pendaftaran Ulang

Dalam proses pendaftaran ulang mahasiswa baru secara online, calon mahasiswa akan melakukan pengisian data dan mengunggah file scan dari beberapa dokumen dalam format pdf atau jpeg/jpg. Dokumen yang wajib disiapkan untuk pengisian data dan diunggah antara lain:

  1. Kartu peserta SM-ITB 2022 Asli.
  2. Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara.
  • STL harus memuat foto calon mahasiswa dan diberi cap sekolah.
  • Kelulusan SMA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. ITB akan membatalkan status kelulusan dari penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SMA.

3. Akta Kelahiran Asli.

  • Tidak dapat menggunakan Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akta Kelahiran.
  • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Akta Kelahiran, agar segera mengurus pembuatan akta dan wajib mengunggah berkas tersebut tanggal 25-29 Juli 2022.

4. Ijazah SMA Asli.

  • Calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021 wajib mengunggah hasil scan ijazah asli.
  • Bagi calon mahasiswa lulusan SMA/sederajat tahun 2022 yang belum memiliki ijazah asli, wajib mengunggah file ijazah asli paling lambat tanggal 25-29 Juli 2022.

5. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan.

  • Asuransi kesehatan yang dimaksud adalah asuransi yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit dan bukan asuransi kecelakaan.
  • ITB mewajibkan seluruh mahasiswa memiliki asuransi kesehatan selama menempuh pendidikan di ITB.
  • Asuransi BPJS adalah asuransi minimal yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa.
  • Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki asuransi kesehatan pada jadwal pendaftaran online di atas, wajib mengunggah bukti kepemilikan asuransi kesehatan antara tanggal 25-29 Juli 2022.

6. Surat Keterangan Bebas Buta Warna Asli dari Dokter Spesialis Mata, sesuai dengan format yang ditentukan ITB.

  • Diwajibkan bagi calon mahasiswa yang diterima di fakultas/sekolah berikut:
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter selain Dokter Spesialis Mata tidak dapat digunakan.
  • Surat keterangan harus sesuai dengan format yang disediakan ITB di laman Kit Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB 2022.

7. Pengisian data Biaya Pendidikan.

1)Terdapat 3 opsi biaya pendidikan yang dapat dipilih lulusan SM-ITB yaitu UKT Penuh, Beasiswa UKT, dan KIP-K.

  • Opsi UKT Penuh dapat dpilih oleh lulusan SM-ITB yang merupakan peserta program reguler/program SM-Peminatan yang tidak memerlukan bantuan biaya pendidikan di ITB. Peserta program Beasiswa Dukungan Program Studi Strategis Nasional dan peserta program Beasiswa Dukungan Daerah 3T diharuskan memilih opsi UKT Penuh.
  • Opsi Beasiswa UKT dapat dipilih oleh lulusan SM-ITB yang merupakan peserta program reguler/program SM-Peminatan yang memerlukan bantuan biaya pendidikan di ITB, namun bukan merupakan pemilik KIP-K.
  • Opsi KIP-K dipilih oleh lulusan SM-ITB yang merupakan peserta program Beasiswa KIP-K. calon mahasiswa yang memilih opsi ini akan diminta untuk mengunggah Kartu Peserta KIP-K.

2) Calon mahasiswa yang memilih opsi Beasiswa UKT dan/atau opsi KIP-K, akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen data ekonomi. Formulir pengisian data dan pengunggahan dokumen data ekonomi tersebut akan ditampilkan setelah peserta menyimpan pilihan beasiswa UKT dan/atau opsi KIP-K.

3) Calon mahasiswa yang memilih opsi UKT Penuh tidak perlu mengunggah dokumen-dokumen data ekonomi.

4) Calon mahasiswa lulusan SM-ITB harus mengisikan nilai Iuran Pengembangan Institusi yang akan dibayarkan pada kolom besaran Iuran Pengembangan Institusi (IPI). Calon mahasiswa juga dapat mengisikan nilai Iuran Pengembangan Institusi yang lebih besar daripada nilai minimum yang telah ditetapkan.

Baca juga Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri Tahun 2022

Tata Cara Pembayaran UKT

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB diwajibkan untuk melaksanakan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester 1 tanggal 25-29 Juli 2022. Ketentuan pembayaran UKT bagi calon mahasiswa jalur SM-ITB 2022 adalah sebagai berikut.

  • Calon mahasiswa yang tidak mengajukan permohonan beasiswa UKT atau tidak mengajukan permohonan pembayaran UKT secara cicilan, dapat melakukan pembayaran UKT secara penuh pada tanggal 25-29 Juli 2022.
  • Calon mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa UKT dan/atau mengajukan permohonan pembayaran UKT secara cicilan, harus melakukan pembayaran cicilan UKT tahap pertama sebesar paling lambat tanggal 29 Juli 2022 sesuai dengan skema cicilan yang dipilih.
  • Calon mahasiswa yang mengajukan permohonan KIP-K, harus mengunggah kartu KIP-K, paling lambat tanggal 24 Juli 2022. Pemohon KIP-K yang tidak mengunggah kartu KIP-K pada waktu tersebut akan mengikuti ketentuan di atas.
  • Tata cara pembayaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi dengan menggunakan mekanisme pembayaran dengan menggunakan kode pembayaran yang tercantum di laman setelah calon mahasiswa menyelesaikan finalisasi pendaftaran ulang mahasiswa baru di ITB.
  • Pembayaran Iuran Pengembangan Institusi dapat dilaksanakan bersamaan dengan pembayaran UKT tanggal 25-29 Juli 2022. Pembayaran Iuran Pengembangan Institusi dilakukan menggunakan kode pembayaran yang berbeda dengan kode pembayaran UKT.

Iuran Pengembangan Institusi

  • Calon mahasiswa lulusan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) diwajibkan untuk berkontribusi membantu keluarga mahasiswa ITB yang tidak mampu melalui Iuran Pengembangan Institusi.
  • Seluruh Iuran Pengembangan Institusi yang didapatkan dari mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) seluruhnya dialokasikan menjadi beasiswa UKT mahasiswa ITB dari keluarga tidak mampu.
  • Iuran Pengembangan Institusi bagi mahasiswa jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bersifat wajib.
  • Nilai minimum Iuran Pengembangan Institusi bagi masing-masing calon mahasiswa telah dicantumkan di laman https://admission.itb.ac.id/seleksi-mandiri/ bersama dengan pengumuman hasil Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB).

Pernyataan Kebenaran Isian Data dan Verifikasi Data

Bagi seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di ITB, berlaku ketentuan sebagai berikut.

  • Seluruh data dan dokumen yang disampaikan secara online harus merupakan data dan dokumen yang sebenarnya.
  • Data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa akan diperiksa kebenarannya di dalam tahap verifikasi data. Dengan mempertimbangkan kondisi darurat wabah Covid-19, tahap verifikasi data akan diselenggarakan setelah kondisi ditetapkan kondusif dengan jadwal dan tata cara akan disampaikan kemudian.
  • Di dalam halaman pendaftaran, seluruh calon mahasiswa akan memberikan pernyataan bahwa seluruh data dan dokumen yang disampaikan adalah benar dan jika dikemudian hari ditemukan bahwa data dan dokumen yang diberikan adalah bukan yang sebenarnya, mahasiswa akan menerima konsekuensi dicabut statusnya sebagai mahasiswa ITB.

Bagi kamu yang dinyatakan lolos di Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB), simak dan perhatikan Informasi Lengkap Terkait Pendaftaran Ulang Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 di atas ya. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!