Informasi Penting Tentang Pendaftaran STAN 2020

oleh | Okt 26, 2019 | Blog | 0 Komentar

Punya keahlian dalam bidang akuntansi dan bingung mau mencari tempat kuliah yang cocok? Anda bisa daftarkan diri Anda di STAN. STAN adalah salah satu perguruan tinggi dinas yang dalam bidang akuntansi.

STAN sendiri merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dimana ia berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Republik Indonesia yang mengadakan program Studi Diploma dalam hal keuangan negara.

Perlu Anda tahu ya, PMB PKN STAN yang berhasil masuk tidak dipungut biaya sepeser pun dalam proses pendidikannya. Wah, dimana lagi bisa kuliah tanpa harus membayar sepeserpun? Yang lebih menariknya lagi adalah, saat Anda berhasil lulus dari sini maka Anda akan langsung menjadi pegawai negeri. Bagaimana? Bukankah hal ini sangat menarik? Tentu saja sangat menarik.

Kampus STAN sendiri membutuhkan mahasiswa dengan kriteria untuk program reguler yakni menerima siswa baru yang berada di seluruh Indonesia untuk mengisi formasi sebagai pegawai Kementerian keuangan dan Non Kementerian keuangan.

Sedangkan untuk program Afirmasi ini merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra putri yang berasal dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur dimana untuk mengisi formasi sebagai pegawai dari Kementerian nit kerja di wilayah tersebut.

Jurusan STAN yang Bisa Dipilih

Untuk Anda yang tertarik bergabung dengan STAN, di sini ada beberapa jenis jurusan yang bisa dipilih. Jurusan ini tentunya sangat menarik dan bisa Anda pilih sesuai dengan passion masing-masing. Adapun jurusannya adalah sebagai berikut:

  • Akuntansi

Akuntansi menjadi salah satu urusan yang banyak diminati. Biasanya lulusan Akuntansi akan ditempatkan di suatu instansi yang terkait.

  • Pajak

Di STAN Jurusan Pajak juga banyak diminati lho, sebab di sini Anda akan diajarkan administrasi pemungutan pajak, hubungan pajak dengan keuangan negara dan masih banyak lainnya.

  • Kepabeaan dan Cukai

Jika Anda mengambil jurusan yang satu ini, otomatis Anda akan bekerja di pusat bea cukai. Adapun saat anda kuliah di sini dengan jurusan ini maka sistem kuliah yang diterapkan adalah semi militer. Sebab, di sini Anda akan dipekerjakan di daerah pelabuhan maupun perbatasan.

  • Kebendaharaan Negara

Jika Anda sering mendengar APBN, jadi jurusan ini berkaitan dengan APBN negara. Jadi, Anda akan bekerja untuk pembiayaan, pengelolaan kas negara, hingga pengelolaan utang negara juga.

  • Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan

Jurusan yang satu ini belum bisa Anda temukan di perguruan tinggi Indonesia lainnya. Adapun lulusan dari jurusan ini akan ditempatkan di Ditjen Pajak, BPKP atau Ditjen Kekayaan negara.

  • Manajemen Aset

Bisa dikatakan bahwa manajemen Aset adalah hukumnya STAN. Ya, di sini anda akan dihadapkan dengan berbagai persoalan hukum yang kaitannya tidak jauh dari masalah hutang piutang dan lelang negara. Setelah lulusan dari jurusan ini, maka Anda akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Bagaimana? Bukankah jurusannya sangat menarik dan menggiurkan untuk dicoba. Pastikan dalam memilih jurusan harus sesuai dengan passion yang anda miliki. Sebab, saat Anda sudah diterima maka Anda tidak akan bisa ganti jurusan seperti halnya berada di Universitas lain.

Syarat Masuk STAN yang Harus Dipenuhi

Untuk masuk ke STAN tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi layaknya Anda memasuki sebuah universitas. Nah, persyaratan ini sebagai langkah awal jika Anda memang benar-benar ingin masuk. Adapun beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan siswa lulusan tahun 2019/2019 atau lulusan tahun 2020 dari SMA/MA/SMK sederajat.
  2. Persyaratan nilai:
    • Untuk lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, harus memiliki nilai rata-rata ujian tidak kurang dari 70,0 dengan skala 100,00.
    • Untuk calon lulusan 2020, memiliki nilai raport dengan komponen pengetahuan dari 5 semester yakni semester gasal dan genap pada kelas X, XI, dan XII yang tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00. Adapun ketentuan pada saat daftar ulang, peserta yang dinyatakan lulus harus memiliki nilai rata-rata ujian tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia terhitung sejak tanggal 1 September 2019 adalah 20 tahun. Sedangkan usia minimal terhitung sejak tanggal 1 September 2019 adalah 17 tahun untuk peserta yang memilih program dan 15 tahun untuk peserta yang memilih Diploma III.
  4. Sehat jasmani dan rohani, bebas dari napza (narkotika, sikotropika dan zat adiktif), mampu mendengar, berbicara dengan baik dan melihat, mampu mengerjakan tugas seperti menyampaikan buah pikiran, mengetik, menganalisis dan juga diskusi, mampu menggerakkan tubuh tanpa menggunakan alat bantu.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak melaksanakan pernikahan selama dalam proses pendidikan.
  6. Khusus program Diploma I dan Diploma 3 Kepabeaan dan Cukai ditambahkan syarat yakni:
    • Jenis kelamin dan tinggi badan
    • Spesialisasi D1
    • Laki-laki 165 cm
    • Wanita 155 cm
    • Spesialisasi D3
    • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi 165 cm
    • Tidak cacat badan
    • Untuk pengguna kacamata toleransi batas maksimal hanya sampai ukuran 2 dioptri saja
    • Tidak buta warna.
  7. Khusus Program Afirmasi ada persyaratan tambahan yaitu:
    Telah menyelesaikan pendidikan SD/sederajat, SMP/SLTP/sederajat, dan SMA/SLTA/SMK/sederajat di provinsi Papua barat, Papua, Maluku Utara, Maluku dan Nusa tenggara Timur. Memiliki garis keturunan (ayah atau ibu kandung) asli dari provinsi Papua barat, Papua, Maluku Utara, maluku dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000. adapun biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan seleksi Kemampuan Dasar yang sudah diatur dalam PP Nomor 63 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan kepegawaian negara.
  9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus di pengumuman SPMB STAN tahun sebelumnya.

Pendaftaran STAN

Untuk Anda yang berencana untuk mendaftarkan, perlu diketahui bahwa pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 9 hingga 30 April 2019. Adapun pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunjungi situs https://sscasn.bkn.go.id/. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak sampai ketinggalan dalam proses pendaftaran ya.

Tata cara STAN dalam pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran STAN ada juga harus tahu tata cara pendaftaran yang perlu dilakukan seperti apa. Tujuannya adalah agar Anda tidak salah melangkah sera kebingungan sendiri. Adapun tata cara atau tahapan pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Masukklah terlebih dahulu ke situs https://sscasn.bkn.go.id/ dan pilihlah menu Sistem Seleksi Calon Pegawai negeri Sipil Pendidikan kedinasan. Jika sudah, langsung saja daftarkan diri Anda dengan menggunakan Nomor Induk kependudukan (NIK) dan juga Nomor Induk Kartu Keluarga untuk memperoleh password yang nantinya akan digunakan dalam proses login.
  2. Jika sudah, silahkan untuk melakukan login dengan menggunakan NIK dan password yang tadi sudah didaftarkan.
  3. Di sini Anda akan memilih PKN STAN dengan melengkapi biodata serta mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan. Adapun khusus untuk program afirmasi, dapat mengunggah tambahan dokumen yang sudah ditentukan.
  4. Jika sudah diunggah semua, cek kembali resum di cetak bukti pendaftaran Anda.
  5. Selanjutnya adalah logout dari situs https://sscasn.bkn.go.id/ dan kemudian melanjutkan melakukan proses pendaftaran dengan masuk ke situs http://sPMB.PKNSTAN.ac.id/. Perlu diingat bahwa saat melakukan proses pendaftaran, Anda hanya boleh memilih satu sekolah kedinasan saja. jika diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan, maka secara langsung Anda akan dinyatakan gugur.
  6. Langkah selanjutnya, isilah formulir pendaftaran secara online dengan melalui situs http://sPMB.PKNSTAN.ac.id/ pada tanggal 9-30 April 2019.
  7. Masuklah kembali dengan menggunakan akun dan password yang sudah dibuat melalui portal https://sscasn.bkn.go.id/.
  8. Setelah itu, isilah data dan juga spesialisasi program diploma yang akan dipilih.
  9. Isilah data tambahan yang tertera dalam formulir pendaftaran online.
  10. Jika sudah, kunci data dan anda akan mendapatkan kode billing berupa Mandiri virtual Account (MVA).
  11. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai biaya yang ditentukan. Adapun pembayaran dapat dilakukan dengan via setoran tunai, m-banking, ATM ataupun internet banking dengan menggunakan MVA.

Nah, sebelum melakukan pembayaran, pastikan pula bahwa Anda sudah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Jika terjadi kesalahan pada saat melakukan pembayaran, maka pihak bank tidak akan bertanggung jawab dan uang tersebut tidak bisa diminta kembali.

  1. Jika Anda sudah melakukan pembayaran, maka para peserta harus mengunduh serta mencetak kartu ujian yang tertera dalam portal https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Untuk para peserta Afirmasi harus mengunggah dokumen tambahan di https://sscasn.bkn.go.id/ dengan ketentuan sebagai berikut: akta lahir, KTP ayah dan Ibu, dan KK.

Tahapan Seleksi di STAN

Setelah Anda berhasil mendaftar, nantinya Anda akan dihadapkan dengan tahapan seleksi. Nah, tahapan seleksi ini akan menentukan apakah Anda layak menjadi mahasiswa STAN atau tidak. Untuk itu, pastikan bahwa Anda mempersiapkan tahapan seleksi ini sebaik mungkin. Adapun tahapan seleksi yang harus diikuti adalah sebagai berikut:

  • Ujian Tertulis

Ujian tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 13 juli 2019 yang berada di 30 lokasi. Adapun ujian ini menggunakan Computer Assisted test (CAT) sebagai berikut:

Ujian tertulis yang terdiri atas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Bahasa Inggris (TBI) dan Tes Potensi akademik(TPA)

  • Psikotes

Selain ujian tertulis ada juga tes psikotes yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 8 Agustus 2019. Tes ini berlaku untuk para calon mahasiswa yang lulus pada seleksi tes tertulis.

  • Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tahapan tes ini akan dilaksanakan ketika Anda lulus dalam psikotes. Adapun tes kesehatan dan kebugaran ini akan dilaksanakan pada tanggal 4-9 Agustus dengan ketentuan ujian sebagai berikut:

Ujian kesehatan yang dilakukan mencakup pengukuran tinggi badan dan berat badan, visus mata, tekanan darah dan juga pemeriksaan lainnya. Sedangkan tes kebugaran para peserta diminta untuk lari mengelilingi lintasan dan melakukan shuttle run.

Khusus untuk para peserta calon mahasiswa spesialisasi Di dan D3 kepabean dan cukai akan dilakukan uji tambahan seperti pull up/chinning, push up, sit up dan lainnya.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut, maka Anda bisa akses aja  di https://www.kemenkeu.go.id/, https://bppk.kemenkeu.go.id/id/, dan http://www.PKNSTAN.ac.id/.

Materi Tes STAN

Perlu Anda tahu bahwa seleksi masuk STAN terkenal sangat sulit, untuk itu Anda harus mempersiapkannya dengan benar dan matang. Hal ini bertujuan agar anda bisa masuk sampai menjadi mahasiswa resminya. Untuk itu, Anda perlu tahu mater tes STAN apa saja yang biasanya akan diujikan. Nah, kali ini akan dibahas mengenai materi tes STAN yang bisa Anda pelajari.

  • Seleksi Kompetensi Dasar

Pada tahapan ini Anda akan disuguhkan dengan sola yang berjumlah 100 butir yang bisa dikerjakan dalam waktu 90 menit. Adapun materi-materi yang biasa diteskan adalah tes Intelegensi Umum, tes Karakteristik Pribadi dan juga tes wawasan kebangsaan.

Oleh sebab itu, dalam hal ini Anda harus mempelajari soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Nah, materi ini sendiri sangat mirip dengan soal CPNS, oleh sebab itu anda bisa belajar banyak dari soal CPNS dan biasanya akan banyak yang bermiripan keluar.

  • Tes Potensi akademik

Nah dalam tes ini, Anda akan disuguhkan dengan soal tes berjumlah 45 soal yang bisa dikerjakan dalam waktu 40 menit. Karena bersifat akademik, biasanya soal-soal yang disuguhkan berkaitan dengan jurusan yang Anda pilih.

  • Tes Bahasa Inggris

Di tes ini Anda akan dihadapkan dengan 30 soal bahasa Inggris yang dapat dikerjakan dalam waktu 20 menit. Tes ini bersisi soal bahasa inggris pada umumnya seperti ujian TOEFL. Jadi, Anda harus benar-benar belajar dan paham banyak kosa kata.

Di sini anda juga harus belajar banyak kemampuan verbal seperti sinonim, antonim maupun memperbanyak kosa-kata. Di sini Anda tidak perlu menghapalkan kamus, ada baiknya cara belajar yang bisa dilakukan adalah dengan rajin membaca koran.

 Saat Anda membaca koran, Anda akan menemukan banyak kosa kata baru. Nah, saat Anda menemukan kosa kata baru, baru deh cari arti kosa-kata tersebut di KBBI. Dengan begitu metode belajar yang Anda lakukan akan lebih fleksibel namun terserap.

Angan lupa pula untuk memahami makna dari setiap suku kata. Seperti kata “isme” dari nasionalsime. Ataupun kata “tele” dari telephone. Anda juga harus belajar tenang analogi kata yang mana analogi sendiri merupakan persesuaian dari dua buah benda yang saling berlainan.

Jika soal yang ditanyakan harus mencari dalam bacaan, maka ada baiknya baca soalnya terlebih dahulu bar baca bacaannya. Hal ini bertujuan untuk lebih hemat waktu. Misalnya, apa ide pokok paragraf kedua, nah di sini maka Anda harus mengabaikan paragraf pertama dan baru baca paragraf ke duanya.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mencari referensi soal CPNS baik di Internet atau lainnya. Mengapa? Sebab soal-soal tersebut sangat membantu terutama memberikan gambaran kepada Anda oh seperti ini soal yang akan muncul.

Pengumuman STAN

Ini adalah tahap akhir dari proses pendaftaran STAN. Tahap ini disebut dengan pengumuman dimana tahap ini menjadi tahap yang paling mendebar-debarkan bagi semua peserta pendaftaran STAN di seluruh Indonesia.

Di tahap ini, para peserta yang lolos seleksi dan memiliki nilai tinggi akan lolos dan masuk ke STAN sesuai dengan jurusan yang dipilih. Adapun proses pengumuman biasanya akan diumumkan langsung melalui situs resmi milik STAN yakni http://www.PKNSTAN.ac.id//.

Tertarik untuk mendaftar di STAN? Meskipun untuk masuk ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini sangatlah sulit, namun ada banyak sekali peminat yang berusaha untuk mendatar. Untuk itu, bagi Anda yang berencana ikut mendaftar, pastikan ikuti semua alur pendaftaran STAN dengan benar, dan tunjukkan kemampuan Anda serta buktikan bahwa Anda layak.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

TENTANG AKPOL - AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa. Akademi Kepolisian atau biasa disebut dengan AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian atau...

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Tentang CPNS – CPNSmerupakan sebuah sebutan untuk pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama atau awal.  Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang pegawai yang masih bergelar CPNS statusnya masih dalam...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

IUP BIOLOGY UGM – Fakultas Biology di Universitas Gadjah Mada kini telah membuka kelas IUP atau biasa di sebut dengan International Undergraduate program. Merupakan kelas berstandar International yang bisa diikuti oleh para pelajar luar negeri maupun dalam negeri. Ada...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

IUP SCIENCE UGM – International Unfergraduate Program atau biasa disebut dengan IUP CS (Computer Science) telah menjadi bagian dari Fakultas MIPA di Universitas Gadjah Mada. Ada banyak keuntungan apabila kamu bisa masuk untuk berkuliah dan lulus dari IUP Science UGM,...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Masuk IUP PSYCHOLOGY UGM – IUP atau International Undergraduate Program telah menjadi bagian dari Fakultas Psychology di Universitas Gadjah Mada. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa masuk berkuliah dan lulus dari IUP Psychologi UGM,...

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

Masuk IUP FEB UGM - Merupakan sebuah program kelas Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM yang mana mahasiswanya berisikan para pelajar dari luar negeri dan pelajar dalam negeri. International Undergraduate Program FEB UGM mempunyai program sarjana 4...

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Masuk AKPOL – atau biasa disebut dengan nama Akademi Kepolisian merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia. Sekolah kepolisian ini mempunyai tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan masa...

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

STSN – bisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara. Berdirinya Perguruan Tinggi Kedinasan ini adalah untuk menjadikan para mahasiswanya pahlawan dunia...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...