Informasi Pendaftaran UII Tahun 2022: CBT di Kampus UII dan CBT di Sekolah Mitra

oleh | Jun 28, 2022 | Blog, PTS | 0 Komentar

Pendaftaran UII – UII menyediakan beberapa pola seleksi yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa, salah satunya yaitu seleksi Computer Based Test (CBT). CBT ini terbagi lagi menjadi beberapa pola antara lain CBT di Kampus UII, CBT di Sekolah Mitra, CBT From Home, dan CBT From Home Kedokteran.

Tes berbasis komputer UII dapat dilakukan di Kampus Terpadu UII, sekolah mitra di beberapa kota di Indonesia, atau bisa juga tes di rumah (from home). Hasil CBT dapat diketahui segera setelah peserta selesai mengerjakan tes. Bagi kamu yang ingin mendaftar seleksi ini, simak ketentuan lebih lengkapnya di bawah ini.

Computer Based Test (CBT) di Kampus UII

CBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Pendaftar CBT dapat memilih maksimum tiga pilihan program studi. Pendaftar yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai calon mahasiswa harus melakukan registrasi sesuai waktu dan prosedur yang telah ditentukan.

Biaya Pendaftaran

  • Sarjana (maksimal 3 pilihan prodi): Rp200.000
  • Diploma (maksimal 3 pilihan prodi): Rp100.000
  • Sarjana dan Diploma (total 3 pilihan prodi): Rp200.000

Prosedur dan Persyaratan

  1. Melakukan proses pendaftaran online melalui laman admisi.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan dimana saja:
  • Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII.
  • Memilih pola seleksi CBT di Kampus UII pada menu “Beli Formulir”.
  • Memilih program studi.
  • Mendapatkan nomor tagihan.

2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menyebutkan nomor tagihan di loket bank yang ditunjuk untuk CBT di Kampus Terpadu UII.

3. Menyerahkan kepada petugas persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

  • Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu KTP/paspor/kartu siswa/SIM/surat keterangan siswa dari kepala sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah.
  • Slip pembayaran CBT.

4. Mengerjakan soal UPCM di ruang komputer CBT.

5. Setelah selesai mengerjakan soal UPCM, pendaftar mendapatkan hasil seleksi (Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima atau Surat Pemberitahuan Tidak Diterima).

Jadwal Pelaksanaan

Baca juga Ketentuan, Tata Cara Pendaftaran, dan Jadwal Seleksi Mandiri (SEMA S-1) UPNVJ

Computer Based Test (CBT) di Sekolah Mitra

CBT adalah pola seleksi yang dilakukan secara daring (online), baik yang dilaksanakan di beberapa lokasi di luar Kampus Terpadu UII. Seleksi CBT di Sekolah Mitra diselenggarakan di SMA/MA di beberapa wilayah kota/kabupaten yang menjadi mitra UII sebagai penyelenggara seleksi CBT (test center).

CBT di sekolah mitra dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan menyesuaikan perkembangan situasi terkait pandemi Covid-19 di masing-masing lokasi/daerah. Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes selesai dilakukan. Pendaftar yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai calon mahasiswa harus melakukan registrasi sesuai waktu dan prosedur yang dapat dilihat pada jadwal yang ditentukan.

Biaya Pendaftaran

  • Sarjana (maksimal 3 pilihan prodi): Rp300.000
  • Diploma (maksimal 3 pilihan prodi): Rp150.000
  • Sarjana dan Diploma (total 3 pilihan prodi): Rp300.000

Prosedur dan Persyaratan

  1. Melakukan proses pendaftaran online melalui laman admisi.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan dimana saja:
  • Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII di laman daftar.uii.ac.id.
  • Memilih pola seleksi dan lokasi CBT secara online pada menu “Beli Formulir”.
  • Memilih program studi.
  • Mendapatkan nomor tagihan.

2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menyebutkan nomor tagihan di bagian kasir pendaftaran untuk CBT di Sekolah Mitra.

3. Menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran kepada petugas di lokasi CBT, yaitu:

  • Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu KTP/paspor/kartu siswa/SIM/surat keterangan siswa dari kepala sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah.
  • Slip pembayaran CBT.

4. Mengerjakan soal UPCM di ruang komputer CBT.

5. Setelah selesai mengerjakan soal UPCM, pendaftar mendapatkan hasil seleksi:

  • Bagi pendaftar yang dinyatakan diterima dapat langsung mengecek Surat Keputusan Rektor.
  • Bagi pendaftar yang tidak diterima dapat mencetak Surat Pemberitahuan Tidak Diterima yang didalamnya mencantumkan informasi tentang Prodi Rekomendasi (daftar prodi di luar pilihan awal yang sesuai dengan hasil/skor tes pendaftar).

Lokasi CBT di Sekolah Mitra

UII memiliki 26 sekolah mitra yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang menjadi penyelenggara CBT. Para peserta bisa memilih lokasi tes yang lebih dekat domisili. CBT di Sekolah Mitra tidak dibuka untuk Prodi Kedokteran.

Jadwal Pelaksanaan

Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak Informasi Pendaftaran UII Tahun 2022: CBT di Kampus UII dan CBT di Sekolah Mitra di atas. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mau Kuliah di PTS Jogja? Simak PMB Bersama Jogjaversitas di Sini! | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Informasi Pendaftaran UII Tahun 2022: CBT di Kampus UII dan CBT di Sekolah Mitra […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!