Informasi Perkuliahan di Jurusan Bimbingan Konseling (BK)

oleh | Nov 17, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Bimbingan Konseling – Di dunia pendidikan, salah satu bidang keguruan yang penting yaitu Bimbingan dan Konseling atau BK. Seorang guru BK memiliki tanggung jawab besar untuk membimbing sekaligus memberikan konseling jika siswa memiliki permasalahan. Profesi ini tidak bisa dilakukan sembarang orang karena ada pendidikan khususnya.

Guru BK tidak diangkat begitu saja oleh sekolah. Guru di bidang ini perlu menempuh pendidikan jenjang Sarjana di jurusan bimbingan dan konseling. Calon guru akan belajar berbagai teori sekaligus mengikuti praktik untuk bisa menjadi lulusan BK yang kompeten.

Lalu, apa sebenarnya jurusan BK itu? Apa saja yang dipelajari? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Tentang Jurusan Bimbingan Konseling

Bimbingan konseling adalah jurusan yang merupakan bagian dari ilmu psikologi. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang perilaku manusia dan juga cara menjadi konselor handal. Bedanya, jurusan ini lebih fokus di dunia pendidikan sehingga biasanya masuk ke Fakultas Ilmu Pendidikan.

Jurusan ini menggabungkan ilmu psikologi dan ilmu pendidikan. Mahasiswa akan belajar tentang kepribadian, perilaku manusia, teori psikologi, dan lain sebagainya. Di samping itu, mahasiswa juga dididik untuk menangani kasus kenakalan remaja, menjadi konselor, memberikan bimbingan positif, dan juga memberikan arahan.

Baca juga Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Materi Perkuliahan

Jurusan bimbingan konseling di jenjang Sarjana memiliki kurikulum pendidikan untuk 8 semester atau 4 tahun. Selama masa tersebut, mahasiswa akan mendapatkan ilmu dan juga melakukan banyak praktik. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan sering melakukan analisis permasalahan guna mengasah kemampuan konselingnya.

Perkuliahan di jurusan ini tentunya akan berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi. Masing-masing kampus telah menyusun kurikulum pendidikan tersendiri yang harus diikuti oleh mahasiswa. Di dalam kurikulum tersebut, terdapat berbagai mata kuliah yang perlu diambil mahasiswa.

Sebagai gambaran, berikut ini daftar mata kuliah bimbingan konseling di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

jurusan bimbingan konseling
jurusan bimbingan konseling
jurusan bimbingan konseling
jurusan bimbingan konseling
jurusan bimbingan konseling

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan BK

Bimbingan konseling termasuk program yang telah banyak diajarkan di kampus-kampus di seluruh Indonesia. Kamu bisa menemukan jurusan ini di berbagai kampus terutama perguruan tinggi yang fokus di dunia pendidikan. Kamu pun tidak perlu khawatir jika ingin masuk ke jurusan ini karena ada banyak pilihan.

Ada banyak perguruan tinggi ternama di Indonesia yang membuka jurusan ini baik di kampus swasta atau pun negeri. Beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan bimbingan konseling yaitu:

  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Universitas Ahmad Dahlan
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Negeri Jakarta

Perhatikan informasi perkuliahan di jurusan bimbingan konseling (BK) ini jika kamu tertarik masuk ke program tersebut. Jurusan ini cukup populer dan dibuka di berbagai kampus di Indonesia. Kamu bisa memilih kampus yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…