Informasi Lengkap Seputar Poltek Nuklir – Sejarah, Program Studi hingga Pendaftarannya

oleh | Jul 28, 2023 | Blog, Jalur Masuk PTN, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja, PTN, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Poltek Nuklir – Pendidikan di bidang nuklir saat ini masih terbilang langka di Indonesia. Di perguruan tinggi negeri sendiri, hanya ada 3 PTN yang membuka pendidikan di bidang nuklir yaitu di UGM, STTN/Poltek Nuklir dan ITB. Namun, prodi Rekayasa Nuklir di ITB hanya tersedia bagi program doktor atau S3 saja. Sementara, UGM membuka prodi Teknik Nuklir untuk S1 dan STTN untuk program Diploma IV yang juga dibina oleh BRIN.

Poltek Nuklir atau yang dulunya dikenal dengan STTN bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin berkecimpung di bidang nuklir. Pendaftaran di Poltek Nuklir bisa diikuti bagi lulusan SMA/SMK/MAN/sederajat 3 tahun terakhir jurusan IPA. Apakah kamu tertarik berkuliah di Poltek Nuklir? 

Yuk, simak terlebih dahulu informasi mengenai Poltek Nuklir di bawah ini!

Sejarah

Politeknik Tenaga Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) telah mengalami tiga kali perubahan bentuk sejak pertama kali didirikan pada 1985 sebagai Pendidikan Ahli Teknik Nuklir (PATN). Perguruan tinggi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknologi nuklir di Indonesia di bawah naungan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Pada tahun 2001, PATN berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) oleh berdasarkan Keputusan Presiden dan Keputusan Kepala BATAN. 

Selanjutnya, STTN akhirnya berubah menjadi Poltek Nuklir dan diresmikan langsung oleh Kepala BRIN pada tanggal 30 Oktober 2021. Saat ini, Poltek Nuklir menyelenggarakan pendidikan tingkat Diploma IV dengan 3 program studi. Lulusan Poltek Nuklir akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T) setelah lulus nantinya. 

Alamat Poltek Nuklir

Jalan Babarsari Kotak POB 6101/YKKB, Ngentak, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta 55281

Telp: 0274-484085

Baca juga: Jalur Masuk ITPLN, Bisa Langsung Kerja di BUMN!

Program Studi Poltek Nuklir

Berikut adalah tiga program studi yang dibuka di Poltek Nuklir:

1. Teknokimia Nuklir

Program studi Teknokimia Nuklir merupakan prodi dengan fokus pembelajaran di bidang analisis kimia, proses kimia hingga teknologi pengolahan lingkungan dengan prinsip keselamatan nuklir. Prodi Teknokimia Nuklir saat ini telah memperoleh akreditasi B. 

Lulusan dari prodi Teknokimia Nuklir dapat bekerja di berbagai fasilitas radiasi, instalasi nuklir, laboratorium hingga industri kimia. Beberapa prospek kerja yang bisa ditekuni oleh lulusan Teknokimia Nuklir mulai dari perekayasa proses (process engineer), ahli keselamatan dan proteksi radiasi hingga wirausahawan.

2. Elektronika Instrumentasi

Program studi satu ini merupakan gabungan dari dua keilmuan yaitu elektronika dan instrumentasi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Poltek Nuklir membuka program studi Elektronika Instrumentasi untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang kendali instrumentasi fasilitas nuklir dan keselamatan serta keamanan radiasi. 

Saat ini, prodi elektronika dan instrumentasi telah mengantongi akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Selain itu, lulusan dari prodi ini juga memiliki peluang kerja cukup luas khususnya di industri nuklir. Beberapa peluang karir prodi Elektronika dan Instrumentasi yaitu Rekayasa Sistem Instrumentasi & Kendali, Pengembang Teknologi Nuklir hingga Ahli Keselamatan & Proteksi Radiasi. 

3. Elektro Mekanika

Prodi lainnya yang dibuka oleh Poltek Nuklir yaitu Elektro Mekanika yang dipersiapkan untuk menjadi tenaga kompeten di bidang pembangunan, instalasi, aplikasi, operasi dan perawatan sistem elektromekanik. Prodi ini juga telah mengantongi akreditasi Baik dari BAN-PT. Setelah lulus, mahasiswa dari prodi Elektro Mekanika berkesempatan untuk berkarir menjadi Ahli Perawatan Elektro Mekanika, Pengelola/Pengawas Proyek, Rekayasa Elektro Mekanika hingga Praktisi di bidang Elektro Mekanika. 

Baca juga: Simak Informasi Pendaftaran Politeknik Nuklir Indonesia 2023 di sini!

Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltek Nuklir

Syarat Pendaftaran

  1. Siswa kelas XII atau lulusan SMA/SMK/MAN/sederajat tahun 2023, 2022 atau 2021 program eksakta/IPA
  2. Pendaftar menyiapkan berkas kelengkapan pendaftaran yang berukuran maksimal 2 MB/file untuk diunggah pada portal PMB (https://pmb.polteknuklir.ac.id) yang terdiri dari:
  1. Scan rapor asli (atau fotokopi rapor yang telah dilegalisir) semester 1 sampai 5 atau legalisir ijazah bagi pendaftar yang telah lulus SMA/SMK/MA pada tahun 2021 dan 2022
  2. Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna baik Parsial
  3. Scan Surat Keterangan Sehat
  4. Pas foto formal latar warna biru (ukuran maksimal 100 KB dengan format PG). 

Materi tes Poltek Nuklir

Materi tes yang ada di seleksi masuk Poltek Nuklir terdiri dari:

  • Tes Kemampuan Dasar (Penalaran Matematika, Literasi B. Indonesia dan B. Inggris) dengan tes berbasis CBT
  • Tes Potensi Akademik, yang dilaksanakan di 3 kota (Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya)
  • Wawancara

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di Poltek Nuklir dari pendaftaran hingga semester terdiri dari:

  • Biaya Pendaftaran: Rp200.000
  • Biaya Tes Potensi Akademik: Rp350.000
  • Biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) per semester: Rp4.200.000

Fasilitas di Poltek Nuklir

Poltek Nuklir telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang belajar mengajar terutama untuk mempraktikkan pembelajaran secara langsung di laboratorium. Berikut adalah beberapa laboratorium yang dapat dijumpai di Poltek Nuklir:

  1. Laboratorium Komputer
  2. Laboratorium Simulasi
  3. Laboratorium DCS
  4. Laboratorium Kendali
  5. Laboratorium Kimia Dasar
  6. Laboratorium Mekatronika
  7. Laboratorium X Rat Medik
  8. Laboratorium Bengkel Mekanik
  9. Laboratorium NDT
  10. Laboratorium Proteksi dan Keselamatan Radiasi
  11. Laboratorium Kimia Radiasi
  12. Laboratorium Operasi Teknik Kimia dan Proses
  13. Laboratorium Kimia Analisis dan Instrumen
  14. Laboratorium Radiolingkungan
  15. Laboratorium Irradiator

Itulah informasi lengkap mengenai Poltek Nuklir yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mendaftar di kampus satu ini. Semoga bermanfaat, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…