Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Informasi Terkait Program Pendidikan Sarjana Kelas Paralel di UI

oleh | Okt 24, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Sarjana Kelas Paralel UI – Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. UI menyelenggarakan beberapa program pendidikan yang bisa kamu pilih, salah satunya yaitu S1 Paralel. S1 Paralel memiliki dua jenis kelas yaitu S1 Paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan S1 Paralel untuk lulusan D3.

S1 Paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yaitu program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Sedangkan, S1 Paralel untuk lulusan D3, yaitu program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah.

Berdasarkan informasi dari UI, perbedaan dari S1 Reguler dan S1 Paralel terdapat pada besaran biaya kuliah. S1 Reguler menerapkan bebas uang pangkal dengan semesteran yang disesuaikan kemampuan, sedangkan S1 Paralel memiliki besaran biaya yang telah ditetapkan sesuai SK rektor. Selain itu, pilihan jurusan untuk S1 Paralel lebih terbatas dibanding S1 Reguler.

Agar lebih lengkapnya, simak Informasi Terkait Program Pendidikan Sarjana Kelas Paralel di UI berikut ini, ya.

S1 Paralel Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Sarjana Kelas Paralel Ilmu Kimia

Di Departemen Kimia UI disediakan sarana penunjang perkuliahan seperti fasilitas laboratorium dan fasilitas pendukung pembelajaran. Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 program studi kimia, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdistribusi dalam 8 semester.

Sarjana Kelas Paralel Ilmu Fisika

Program studi Fisika mempunyai 6 bidang peminatan yaitu:

  • Fisika Nuklir dan Partikel
  • Fisika Material
  • Fisika Instrumentasi
  • Geofisika
  • Fisika Medis
  • Fisika Zat Mampat

Sarjana Kelas Paralel Ilmu Matematika

Program Studi S1 Matematika dikelola oleh Departemen Matematika di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI. Program Studi ini merupakan program pendidikan yang mulai diselenggarakan sejak 1961.

Sarjana Kelas Paralel Biologi

Sarjana Kelas Paralel Geografi

S1 Paralel Fakultas Teknik

Sarjana Kelas Paralel Teknik Sipil

Departemen Teknik Sipil menyelenggarakan perkuliahan untuk program pendidikan S1 Paralel bagi lulusan SMU/sederajat dan S1 Paralel jalur D3 untuk lulusan D3/Diploma.

Sarjana Kelas Paralel Teknik Mesin

Departemen Teknik Mesin menyelenggarakan perkuliahan untuk program pendidikan S1 Paralel bagi lulusan SMU/sederajat dan S1 Paralel jalur D3 bagi lulusan D3/Diploma untuk program Teknik Mesin.

Sarjana Kelas Paralel Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro menyelenggarakan perkuliahan untuk program S1 Paralel untuk lulusan SMU sederajat serta program S1 Paralel Jalur D3 untuk lulusan diploma yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana.

Sarjana Kelas Paralel Teknik Metalurgi & Material

Departemen Teknik Metalurgi & Material menyelenggarakan perkuliahan untuk program S1 Paralel untuk lulusan SMU sederajat serta program S1 Paralel Jalur D3 untuk lulusan diploma yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana.

Kurikulum pendidikan di Program Studi Teknik Metalurgi & Material diarahkan pada 3 jenis material utama yaitu logam, polimer dan keramik yang sesuai dengan ABET (Accreditation Board for Engineering Technology).

Sarjana Kelas Paralel Arsitektur

Departemen Arsitektur menyelenggarakan perkuliahan untuk program S1 Paralel bagi lulusan SMU/sederajat untuk program studi Arsitektur dengan gelar Sarjana Arsitektur (S.Ars).

Sarjana Kelas Paralel Teknik Kimia

Departemen Teknik Kimia menyelenggarakan perkuliahan untuk program S1 Paralel bagi lulusan SMU/sederajat dan S1 Paralel Jalur D3 bagi lulusan D3/Diploma yang ingin melanjutkan pendidikannya dalam program studi Teknik Kimia.

Sarjana Kelas Paralel Teknik Industri

Baca juga Mau Kuliah di UI? Cek Dulu Daftar Jurusan Kuliah UI dan Akreditasinya!

S1 Paralel Fakultas Ilmu Komputer

Sarjana Kelas Paralel Ilmu Komputer

Pendidikan tingkat S1 di Fasilkom UI mencakup perkuliahan sejumlah 144 SKS yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Nantinya, lulusan jurusan ini akan mendapat gelar Sarjana Komputer (S.Kom) setelah memperoleh minimum 144 sks.

Sarjana Kelas Paralel Sistem Informasi

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi ada 3 bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis. Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di ketiga bidang tersebut, agar mereka mampu memberikan solusi terkait Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

S1 Paralel Ilmu Hukum

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), mulai Tahun Akademik 2010/2011 juga membuka Program Pendidikan Sarjana Kelas Paralel yang menghasilkan Sarjana Hukum.

Kelas Paralel Ilmu Pengetahuan Budaya

Sarjana Kelas Paralel Sastra Belanda

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Belanda, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Sarjana Kelas Paralel Sastra Cina

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Cina, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Sarjana Kelas Paralel Ilmu Perpustakaan

Sarjana Kelas Paralel Sastra Arab

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Arab, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Sarjana Kelas Paralel Sastra Inggris

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Inggris, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Sarjana Kelas Paralel Sastra Jepang

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Jepang, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Sarjana Kelas Paralel Sastra Jerman

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Jerman, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Sarjana Kelas Paralel Sastra Prancis

Untuk lulus dari jenjang sarjana S1 Program Studi Prancis, mahasiswa wajib mengambil minimum 144 SKS yang terdiri dari 128 SKS mata kuliah wajib program studi dan 16 SKS mata kuliah pilihan bebas.

Sarjana Kelas Paralel Sastra Bahasa dan Kebudayaan Korea

Sarjana Kelas Paralel Psikologi

Saat ini Fakultas Psikologi UI saat ini memiliki 6 bidang studi yang merupakan perwujudan cabang-cabang psikologi, yakni: Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Umum dan Eksperimental, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial.

Sarjana Kelas Paralel Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Program S1 Kelas Paralel mencakup peminatan:

  • Jurnalisme
  • Komunikasi Media
  • Hubungan Masyarakat
  • Periklanan
  • Industri Kreatif Penyiaran

Sarjana Kelas Paralel Farmasi

Jurusan Farmasi mengelola 4 program studi yaitu:

  • Program Pendidikan Sarjana Farmasi
  • Program Pendidikan Apoteker/Farmasis
  • Program Pendidikan Magister Farmasi
  • Program Pendidikan Doktor Farmasi

Ilmu Administrasi

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) pada mulanya merupakan salah satu departemen yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). FIA UI memiliki tiga program studi, meliputi: Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal, dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!