Ingin Kuliah di Luar Kota? Yuk, Ikuti Tips-Tips Berikut Ini!

oleh | Jan 31, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Kuliah di Luar Kota – Saat ini kamu sedang bingung akan berkuliah di mana? Di kota sendiri atau di luar kota? Ada banyak hal dan pertimbangan ketika kamu sedang mencari kampus yang ingin kamu pilih. Tetapi, bagaimana jika universitas dan jurusan yang kamu inginkan ada di luar kota?

Jika kamu harus tinggal sendirian di kota rantau tentu ini tidak mudah untuk kamu. Terlebih lagi jika kamu belum pernah jauh dari orang tua. Tapi, jika kamu mencoba untuk bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan baru kamu pasti akan terbiasa kedepannya.

Banyak hal yang harus disiapkan jika ingin kuliah di luar kota. Apa saja? Yuk, cari tau lebih lanjut apa saja tips-tipsnya!

Mencari Informasi tentang Kampus yang Sudah Menerima Kamu

Hal pertama ketika kamu sudah diterima menjadi mahasiswa baru di kampus, banyak informasi yang perlu kamu cari. Dimulai dari informasi tentang kampus, fakultas, jurusan, lokasi kampus, pendaftaran ulang, biaya, jadwal ospek, dan jadwal masuk kuliah. 

Hal ini sangat penting sebelum kamu pindah ke rantau untuk mulai perkuliahan. Agar kamu tidak bingung karena belum mendapatkan informasi yang jelas. Jangan lupa juga untuk kamu menyiapkan berkas-berkas penting untuk urusan perkuliahan.

Mencari Tahu Jika Ada Keluarga atau Teman yang Tinggal di Kota Tersebut

Tinggal sendirian di kota lain mendorong kita untuk mengenal lingkungan yang baru. Kamu perlu mencari keluarga atau teman yang berasal dari kota kampusmu. Agar kamu mendapatkan informasi dan pengalaman baru yang lebih luas.

Kamu bisa cari tahu jika ada keluarga atau teman yang tinggal di kota kampus kamu. Kamu bisa bertanya banyak hal untuk mencari informasi, seperti suasana kota, tempat kuliner yang enak dan murah, bahkan informasi tentang kampusmu.

Baca juga Yuk, Ikuti 7 Tips Ini Supaya Kuliah Online Tetap Efektif!

Memilih Tempat Tinggal

Ketika kamu sudah keterima kuliah di kampusmu, jangan lupa untuk mencari tempat tinggal. Kamu bisa memilih kost, kontrakan, atau rumah yang bisa dijadikan tempat tinggal kamu nanti. Kamu bisa memilih tempat tinggal dan lingkungan yang sesuai dengan karaktermu. Jika kamu orang yang suka dengan ketenangan, kamu bisa memilih tempat tinggal yang jauh dari keramaian, hening, dan kondusif.

Sebagai tambahan, kamu juga perlu mencari tempat tinggal yang lokasinya dekat dengan kampus. Supaya ketika kamu berangkat ke kampus tidak terlambat dan tidak kejauhan. Selain itu, kamu juga bisa menghemat ongkos perjalanan ke kampus.

Cepat Beradaptasi

Di awal-awal minggu pertama kamu kuliah, pasti akan merasakan tidak betah. Terlebih kamu tinggal di kota orang, akan beda rasanya saat kamu tinggal di kota sendiri. Hal penting jika kamu ingin cepat beradaptasi adalah belajar membuka diri dan mulai berkomunikasi dengan orang-orang baru.

Kamu bisa memulai berkenalan dengan teman-teman yang baru ditemui. Kamu juga bisa memanfaatkan momen saat ospek mahasiswa baru. Hal yang terpenting juga bersikaplah ramah kepada semua orang dan mulailah juga bersosialisasi dengan orang sekitar, warga, dan teman. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitarmu.

Siapkan Keuangan

Memilih berkuliah di luar kota memang lebih banyak mengeluarkan uang. Selain biaya kuliah, kamu juga harus menyiapkan biaya untuk tempat tinggal, makanan, uang saku, belanja bulanan, perawatan pribadi, buku perkuliahan, pakaian, dan hiburan.

Kamu bisa meminimalisir pengeluaran dengan cara berhemat. Meskipun jauh dari orang tua, kamu dituntut untuk bisa lebih mandiri dan bisa mengelola keuangan sendiri. Kamu bisa berlatih untuk membeli barang sesuai kebutuhan dan mengatur keinginan kamu terhadap barang yang ingin dibeli.

Mengikuti Kegiatan Positif

Mengikuti berbagai kegiatan positif merupakan salah satu tips kuliah di luar kota. Kamu bisa mengikuti organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampusmu. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang kegiatannya positif, seperti teater, klub membaca buku, fotografi, komunitas sosial, komunitas agama, dan komunitas pencinta alam.

Dengan kamu mengikuti kegiatan positif, kamu dapat mengembangkan kemampuan dan hobi kamu. Selain itu, kamu juga dapat menambah teman dan menjadikan mereka menjadi keluarga kedua kamu. Kamu juga tidak merasa kesepian berkuliah di kota rantau.

Itulah Ingin Kuliah di Luar Kota? Yuk, Ikuti Tips-Tips Berikut Ini!Beberapa tips yang dijelaskan di atas bisa membantu kamu jika kamu ingin kuliah di rantau. Semoga bisa membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…