Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ingin Lolos di Perguruan Tinggi Negeri Favorit? Yuk, Ikuti Tips Ini!

oleh | Feb 25, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Lolos PTN Favorit – Masuk Perguruan Tinggi Negeri memang selalu menjadi impian banyak siswa. Namun, masuk PTN tidaklah mudah dan diperlukan usaha agar bisa bersaing dengan lulusan lainnya. Banyak siswa yang bersaing untuk bisa lolos di PTN favoritnya dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk memperoleh ilmu dan mendapatkan gelar.

Supaya bisa menjadi salah satu mahasiswa di PTN tersebut, ada beberapa tips yang perlu kamu ikuti agar lolos di PTN favoritmu. Kamu bisa lakukan beberapa tips masuk PTN favorit yang dapat dilakukan untuk memperbesar peluang agar diterima di PTN favorit. Jika kamu ingin mudah lolos dan keterima di PTN favoritmu, yuk, simak tipsnya berikut ini.

Ketahui Minat dan Bakat

Salah satu kunci utama lolos di PTN favorit yaitu kamu harus mengetahui minat dan bakatmu yang sesungguhnya. Hal ini menjadi panduan bagi kamu dalam memilih jurusan yang sesuai. Mengetahui bakat dan minatmu akan membantu dalam mengukur kemampuanmu dengan pilihan yang telah ditentukan.

Baca juga 8 Tips Sukses Menghadapi Tes untuk Masuk Kuliah

Tentukan Pilihan Kampus dan Jurusan

Menentukan pilihan kampus dan jurusan juga kunci utama agar kamu bisa lolos PTN favorit. Tentukan pilihan kampus dan jurusan yang kamu inginkan. Pilih sesuai dengan minat dan keinginan serta prospek kerja yang bagus.

Hal ini merupakan faktor utama yang harus dipersiapkan dan dipikirkan matang-matang. Kamu perlu melihat pilihan kampus dari segi akreditasi, fasilitas, kualitas, jarak tempuh dengan kota asal, serta kemampuan dirimu. Pilihlah perguruan tinggi favorit yang memiliki potensial untuk kamu masuki.

Jangan Melenceng dari Jurusan di SMA

Kamu disarankan untuk tidak melenceng dari jurusan yang kamu ambil selama sekolah di SMA. Jika kamu jurusan IPA, lebih tepat bila kamu ambil jurusan MIPA dan yang memiliki sifat keilmuan eksak. Sedangkan, bagi kamu jurusan IPS, disarankan untuk ambil jurusan Soshum, Hukum, atau Budaya.

Bersungguh-sungguh dalam Menjalani Tes Masuk

Jika kamu tidak lolos SNMPTN dan harus mengikuti SBMPTN atau Mandiri kamu harus memperdalam materi tes seleksi masuk PTN. Belajar yang sungguh-sungguh dan persiapkan dari jauh-jauh hari sebelum tes. Jangan lupa untuk mempersiapkan rencana lain, sehingga jika tidak keterima di salah satu jalur, kamu sudah siap untuk menjalani proses jalur penerimaan lainnya.

Ikuti Bimbingan Tes

Tidak sedikit pelajar yang mengikuti bimbingan masuk perguruan tinggi negeri. Pilihlah bimbingan belajar masuk PTN yang memiliki testimoni membantu siswa yang lolos PTN dan memiliki reputasi baik. Kamu juga perlu melihat banyaknya siswa yang lolos berhasil masuk PTN favorit.

Mengikuti bimbel masuk PTN juga mempermudahkan kamu untuk mengerjakan berbagai soal untuk masuk PTN. Bimbel yang seperti ini sudah dirancang khusus untuk menargetkan PTN yang ingin dimasuki.

Berlatih Soal-soal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Bagi kamu yang tidak lolos SNMPTN, jangan khawatir kamu bisa mencoba tes SBMPTN atau Mandiri. Jalur ini memang menggunakan tes untuk seleksinya. Banyak sekali soal-soal masuk perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan referensi belajar, baik dalam bentuk buku maupun soal online di internet.

Kamu juga bisa mengikuti try out masuk PTN untuk mengukur kesiapanmu mengikuti tes seleksi. Semakin banyak berlatih mengerjakan soal-soal ujian, nantinya akan memperbesar peluang kamu lolos ujian masuk PTN. Selain itu, dengan mengikuti try out kamu juga bisa melihat gambaran dan hasil TO yang telah kamu kerjakan.

Perbanyak Doa

Berbagai usaha di atas telah kamu coba, tapi jangan lupa untuk banyak berdoa. Karena dengan doa, urusanmu akan jadi dipermudah. Selain itu kamu juga perlu meminta doa restu kepada orang tua, ya.

Ingin Lolos di Perguruan Tinggi Negeri Favorit? Yuk, Ikuti Tips Ini! Bagi kamu yang ingin lolos diterima di PTN idamanmu dengan mudah, simak tips-tips di atas, ya. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…