Ini 6 Manfaat Jadi Pengurus Osis, Bisa Masuk PTN Tanpa Tes!

oleh | Jan 20, 2024 | Blog, Tips | 0 Komentar

Manfaat Jadi Pengurus OSIS – Di dalam sekolah, mulai dari SMP sampai SMA sederajat, siswa sudah diperkenalkan dengan organisasi bernama OSIS yang merupakan organisasi resmi di dalam sekolah. Keunggulan dari OSIS ini adalah karena sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Karena keunggulan ini jugalah, siswa yang mengikutinya juga bisa mendapatkan manfaat unggulan.

Sejatinya seluruh siswa sekolah merupakan anggota OSIS, nah yang dimaksud dalam pembahasan kali ini adalah pengurusnya. Jadi khusus untuk siswa yang aktif dalam organisasi ini saja. Yuk kita bahas apa saja manfaatnya!

Manfaat Jadi Pengurus OSIS

Dalam setiap sekolah, rata-rata tidak banyak siswa yang berminat bergabung OSIS. Tapi ada juga yang membatasi dengan mengadakan seleksi saat mau bergabung. Jadi berikut manfaat yang menguntungkan dari bergabung jadi pengurus OSIS:

1.    Belajar Berorganisasi

Saat bergabung OSIS, kamu akan mulai diperkenalkan dengan struktur organisasi dan diajak mengenali divisi-divisi yang ada di organisasi OSIS. Kamu juga akan dilatih untuk menjadi aktivis sekolah, dan ikut andil dalam menyukseskan event-event penting yang ada di sekolah kamu.
Dalam organisasi ini kamu juga tidak akan sendiri, banyak pengurus lain yang juga akan membuat kamu belajar bekerja sama dalam tim. Kemampuan ini tidak bisa dianggap sepele lho, karena di dunia kerja nanti banyak juga tempat kerja yang membutuhkan karyawan yang bisa bekerja sama dalam tim.

Baca juga: Kampus yang Membuka Jalur Masuk Kuliah untuk Content Creator

2.    Melatih Time Management

Dalam OSIS kamu juga akan cenderung sering kumpul dengan rangkaian kegiatan. Belum lagi kalau kamu memutuskan untuk mengikuti ekstrakurikuler lain di sekolah, yang sangat memungkinkan jadwalnya bertabrakan. Belum lagi waktu kamu untuk belajar dan mengerjakan tugas.

Maka dari itu kamu bisa melatih manajemen pengelolaan waktu kamu untuk bisa mengatur itu semua. Jadi kamu bisa tetap mengerjakan semua itu seharian, tanpa mengurangi waktu istirahat kamu juga pastinya.

3.    Lebih Disiplin

Bergabung di organisasi ini, kamu akan mendapatkan tanggung jawab besar untuk menyukseskan acara di sekolah dan juga menjaga kedisiplinan di sekolah kamu. Jadi tidak heran kalau anak OSIS biasanya akan diharuskan menjadi teladan, dan dituntut untuk menjaga sikap.

Mulai dari sinilah, kamu akan lebih terbentuk menjadi siswa yang disiplin. Secara perlahan itu juga akan tertanam dan menjadi karakter kamu yang sangat baik, lho.

4.    Belajar Bertanggung Jawab

Semua pengurus OSIS, termasuk Ketua OSIS dan kepengurusan lainnya pasti akan memikul tanggung jawab yang besar. Masing-masing divisi akan bertanggung jawab untuk setiap program kerja yang dibebankan. Oleh karena itu minimal sekali, kamu harus bisa bertanggung jawab dan menyelesaikan tugas sesuai divisi kamu.

Jika ini bisa teratasi, maka kamu bisa dikatakan sangat bertanggung jawab dan bisa mengatasi segala masalah dengan baik dengan atau tanpa bantuan. Ketika ada permasalahan pun, kamu berani untuk menanggung resiko.

5.    Daftar PTN Tanpa Tes

Siapa yang belum tau kalau pengurus OSIS memiliki kesempatan besar untuk masuk PTN tanpa ujian? Ini pastinya jadi keuntungan yang sangat besar, karena sudah banyak perguruan tinggi yang menerapkan jalur ini. Kembali lagi bahwa OSIS adalah organisasi resmi yang sudah diakui kementerian, maka dari itu PTN juga berani dan mengapresiasi siswa-siswa yang menjadi pengurus OSIS karena tidak mudah, kan?

Beberapa kampus yang menyediakan jalur ini antara lain adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Hasanuddin (UNHAS). Bahkan 10% mahasiswa baru IPB lolos dari jalur kepengurusan OSIS yakni sebagai ketua osis sewaktu SMA.

6.    Peluang Beasiswa

Manfaat lain yang juga sangat menguntungkan adalah kamu bisa mendapatkan kesempatan beasiswa untuk berkuliah secara gratis bahkan bisa dapat uang saku sampai lulus. Peluang ini sudah disediakan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Terlebih lagi selama menjadi pengurus OSIS kamu sudah terlatih, jadi akan berpeluang besar untuk lolos beasiswa dengan mudah.

Jadi untuk kamu yang masih di bangku sekolah, manfaatkan kesempatan ini untuk bisa dapat keuntungannya di masa perkuliahan nanti. Demikianlah informasi seputar manfaat jadi pengurus OSIS. Bagaimana, tertarik mencoba?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.