Ini Dia 5 Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia

oleh | Jun 23, 2023 | Blog, Kedokteran, PTN, PTS | 0 Komentar

Fakultas kedokteran tertua – Pendirian berbagai perguruan tinggi atau universitas di Indonesia telah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda melalui berbagai universitas rintisan belanda seperti STOVIA, NIAS dan lainnya. Selain itu, pendirian universitas atau perguruan tinggi di Indonesia juga sebagian besar didirikan bersamaan dengan Fakultas Kedokteran dibandingkan fakultas lainnya. 

Selain menjadi sejarah dalam perkembangan dunia pendidikan tinggi di Indonesia, tak bisa dipungkiri, usia suatu kampus atau fakultas tentunya bisa dijadikan pertimbangan untuk melihat seberapa berpengalaman fakultas atau kampus tersebut dalam memberikan pengajaran di bidang kedokteran baik negeri maupun swasta. Buat kamu yang penasaran, simak di sini daftar kampus kedokteran tertua di Indonesia, ya!

Kampus Kedokteran Tertua di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada

Fakultas Kedokteran UGM
Fakultas Kedokteran UGM

Fakultas kedokteran tertua di Indonesia ada di Universitas Gadjah Mada yang cikal bakalnya telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Mulanya, sekolah kedokteran School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) yang kemudian berubah menjadi Geneeskundige Hoge School (GHS) lalu ditutup oleh Jepang dengan pendirian perguruan tinggi baru bernama Djakarta Ika Daigaku. 

Setelah proklamasi pada 1945, Djakarta Ika Daigaku diambil alih oleh Indonesia dan berubah namanya menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran (PTK) di Jakarta. Karena kondisi yang tidak kondusif, PTK Jakarta dipindahkan ke Yogyakarta lalu ke Klaten, Jawa Tengah. Kemudian, pada 19 Desember 1949 resmi didirikan bersamaan dengan Universitas Negeri Gadjah Mada. 

2. Universitas Indonesia 

Fakultas Kedokteran UI
Kampus FK Universitas Indonesia

Pendirian fakultas kedokteran di UI diawali dengan peleburan Perguruan Tinggi Kedokteran Republik Indonesia dengan Geneeskundige Faculteit Nood-Universiteit van Indonesie milik Belanda menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada 2 Februari 1950. 

Pada masa itu, terdapat 28 jenis mata kuliah yang dipelajari oleh sebanyak 288 mahasiswa di FKUI. Beberapa dosen yang mengajar pun masih terdiri dari beberapa orang dosen Belanda. Pendidikan FKUI saat itu dilaksanakan di Kompleks Salemba 6, Kompleks Pegangsaan Timur 16, Rumah Sakit Umum Pusat dan Rumah Sakit Raden Saleh. 

Baca juga: Ini Dia 9 Kampus dengan Jurusan Matematika Terbaik di Indonesia

3. Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Unair
Fakultas Kedokteran UNAIR

Universitas Airlangga berawal dari pendirian cabang Faculteit der Geneeskunde di Surabaya pada 1 September 1948 yang berubah menjadi Fakultet Kedokteran cabang Surabaya. Kemudian, Fakultet Kedokteran cabang Surabaya dipisahkan dari induknya yaitu Fakultet Kedokteran Universitet Indonesia dan resmi bergabung dengan Universitas Airlangga pada tahun 1954. 

Pada awal berdirinya, FK Unair mewarisi gedung-gedung dari sekolah dokter NIAS dari zaman Hindia Belanda. Fakultas Kedokteran Unair juga menjadi salah satu cikal bakal pendirian Universitas Airlangga pada 1 November 1954 oleh Presiden Soekarno bersama dengan Lembaga Kedokteran Gigi dan Fakultas Hukum Sosial dan Politik di Surabaya. 

4. Universitas Islam Indonesia

Fakultas Kedokteran UII
Kampus FK UII

Fakultas Kedokteran UII didirikan di UII Surakarta pada tanggal 9 Desember 1964 oleh Prof. Dr. Sardjito, Prof KHA Kahar Muzakir, Dr Soekiman Wirjosandjojo dan KH Imam Ghazali. Namun, karena pembubaran cabang-cabang UII di daerah, saat itu Fakultas Kedokteran UII Surakarta dilebur dengan Fakultas Kedokteran UNS. 

Selanjutnya FK UII Surakarta dipindah ke Yogyakarta, namun tidak berjalan baik dikarenakan peraturan pemerintah tentang penyelenggaraan fakultas kedokteran swasta. Akhirnya, mahasiswa FK UII dipindahkan ke FK UNS dan sejak saat itu UII tidak memiliki fakultas kedokteran. Fakultas Kedokteran UII selanjutnya dibuka kembali pada 3 September 2001. 

5. Universitas Sebelas Maret

Fakultas Kedokteran UNS
Fakultas Kedokteran UNS

Pendirian Fakultas Kedokteran UNS diawali dengan berdirinya Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) Cabang Surakarta di bawah Departemen Hankam yang bergabung menjadi Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret pada 8 Maret 1976. Kegiatan akademik FK UNS saat itu berada di bekas gedung FK PTPN Veteran Cabang Surakarta di Jalan Kolonel Sutarto No. 150 K Surakarta. 

Beberapa fakultas kedokteran tertua di atas selanjutnya menjadi cikal bakal dalam merintis berbagai fakultas kedokteran lainnya di Indonesia. Apakah kamu tertarik menjadi bagian dari salah satu fakultas kedokteran tertua ini?

Baca juga: 9 Kampus dengan Jurusan Bisnis Terbaik di Indonesia


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…