Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ini Dia 7 Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Hewan yang Beragam

oleh | Jun 11, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Kedokteran Hewan – Dokter hewan sangat dibutuhkan perannya karena di Indonesia masih kekurangan adanya dokter hewan. Di Indonesia, lulusan dokter hewan masih minim dan ada ribuan dokter hewan yang dibutuhkan.

Dokter hewan bukan hanya menangani kesehatan hewan peliharaan saja, namun menangani berbagai permasalahan terkait kesehatan hewan ternak hingga hewan liar. Kesehatan hewan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia untuk mencegah penularan penyakit kepada manusia, contohnya penyakit rabies dan flu burung yang penyakitnya berasal dari hewan.

Peluang kerja untuk lulusan ini sangat beragam serta dari berbagai bidang. Lulusan jurusan ini tentunya menjadi dokter hewan, namun lulusan ini juga bisa berkarir di bidang lain. Yuk, simak daftar prospek kerjanya berikut ini.

Mengenal Jurusan Kedokteran Hewan

Kamu akan mempelajari banyak hal mengenai hewan. Sebagai mahasiswa Kedokteran Hewan, kamu akan mempelajari anatomi, fisiologi, penyakit, obat, dan siklus hidup hewan. Tidak hanya itu, kamu juga mempelajari tentang perkembangbiakan hewan, pengelolaan pengembangbiakan hewan, hingga pengolahan produk peternakan.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang sangat menyukai Biologi, terutama untuk kamu yang ingin melestarikan keberagamaan satwa. Bagi kamu yang penyayang binatang, jurusan ini bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi.

Baca juga Apa Saja, Sih, yang Dipelajari di Jurusan Kedokteran Hewan?

Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Hewan

Dokter Hewan

Sebagai dokter hewan, kamu bisa bekerja sebagai dokter hewan di rumah sakit hewan, klinik, kebun binatang, balai karantina hewan, atau lembaga penelitian. Selain itu, kamu juga bisa membuka praktik sendiri dengan mengurus Surat Izin Praktik. Dokter hewan bertugas memeriksa, mengobati, mencegah, dan melakukan perawatan pada hewan agar terbebas dari berbagai penyakit. 

Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan

Tugas ahli ini yaitu mengembangbiakan hewan sesuai dengan kategori tertentu, misalnya berdasarkan keturunan atau karakteristiknya. Selain itu juga bisa melakukan inseminasi buatan pada hewan ternak dengan peralatan canggih. Pekerjaan ini bertugas memeriksa hewan, memberi vaksin, dan mendeteksi penyakit pada hewan.

Peneliti

Bagi kamu yang tertarik di bidang penelitian, bisa bekerja di laboratorium maupun lembaga penelitian. Peneliti bertugas mengadakan riset atau penelitian yang hasilnya akan dipublikasikan sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Kamu juga bisa berkontribusi untuk ikut memajukan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran hewan.

Pengajar

Peluang kerja berikutnya yaitu pengajar atau dosen Kedokteran Hewan. Hal ini kamu dapat terus mengembangkan ilmu baru dalam dunia kedokteran hewan. Selain mengajar, kamu juga bisa melakukan penelitian yang dituntut aktif dan bisa update perkembangan ilmu kedokteran hewan.

Wirausahawan

Sebagai lulusan Kedokteran Hewan, kamu bisa membuka pet shop, penitipan hewan, atau peternakan hewan. Hal ini juga secara tidak langsung bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kamu bisa membangun karir sendiri dengan menjadi pengusaha yang khususnya bergerak di bidang agribisnis peternakan.

Konsultan Lingkungan

Konsultan Lingkungan berperan melakukan penelitian untuk mengidentifikasi tingkat kontaminasi lingkungan. Kamu bisa bekerja untuk lembaga pemerintah dan organisasi yang berhubungan dengan industri di bidang peternakan. Selain itu, pekerjaan ini juga bertugas menuliskan hasil pengamatan dan analisa lingkungan hidup.

Ahli Ekologi

Ahli ekologi berperan memperhatikan ekosistem secara keseluruhan hewan beserta hubungan antara organisme dan lingkungannya. Selain itu juga bertugas melakukan survei untuk mengidentifikasi dan memantau spesies serta habitatnya.

Itulah Ini Dia 7 Prospek Kerja Lulusan Kedokteran Hewan yang Beragam. Peluang kerja untuk jurusan ini sangat luas dan beragam. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan minat bakatmu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!