Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

oleh | Jun 24, 2020 | AKPOL, Blog | 0 Komentar

TENTANG AKPOL – AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa. Akademi Kepolisian atau biasa disebut dengan AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian atau Akpol adalah unsur pelaksana bagi pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah naungan Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). AKPOL sendiri beralamatkan di Jl. Sultan Agung No.131, Candi Baru, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232. Apabila kalian bisa menyelesaikan masa pendidikan di Akademi Kepolisian ini kalian nantinya akan mendapatkan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Tentu banyak keuntungan lainnya apabila kalian bisa masuk dan lulus dari Akademi Kepolisian atau AKPOL ini, antara lain :

  1. Output lulus yaitu Inspektur Polisi Dua (Ipda);
  2. AKPOL membebaskan biaya pendidikan;
  3. Menjadi Pegawai Negeri;
  4. Gaji yang akan di dapatkan lumayan besar;
  5. Dapat mengangkat martabat keluarga.

Untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan AKPOL sejatinya susah-susah gampang. Selain membutuhkan ketangkasan fisik yang bagus kalian juga membutuhkan kecerdasan otak yang diatas rata-rata. Selain itu juga kalian membutuhkan persiapan yang matang, yang mana hal ini disiapkan sejak dini. Perlu diketahui juga bahwa ratusan orang setiap tahunnya memperebutkan satu bangku kosong di AKPOL. Maka dari itu kalian harus mempersiapkan diri sedini mungkin, salah satunya dengan cara mengikuti bimbel AKPOL.

Kenapa Kita Harus Ikut Bimbel AKPOL

Ada beberapa bimbel AKPOL yang tersebar di penjuru kota di Indonesia, yang dapat kamu datangi. Bimbel AKPOL tersebut akan membantu kalian dalam mempelajari jenis seleksi dan tes untuk masuk ke AKPOL. Untuk kalian yang akan masuk dan mengikuti serangkaian tes masuk di sekolah kedinasan AKPOL, sebaiknya kalian untuk mengikuti bimbel AKPOL terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya kalian mengikuti bimbel kedinasan terlebih dahulu sebelum masuk ke sekolah kedinasan AKPOL, antara lain :

  • Pelatihan khusus untuk para calon taruna

Di dalam bimbel AKPOL nantinya kalian akan di latih secara fisik dan juga kemampuan otak kalian. Adapun tes yang akan diberikan antara lain :

  1. Bidang akademik, meliputi :
  2. Pengetahuan Umum (UU Kepolisian);
  3. Matematika;
  4. Bahasa Indonesia;
  5. Wawasan kebangsaan;
  6. Psikologi Akpol.
  7. Kesamaptaan/ latihan fisik :
  8. Lari 12 Menit;
  9. Pull up;
  10. Sit up;
  11. Push up;
  12. Shutle run;
  13. Berenang.

Pelatihan-pelatihan tersebut tentunya hampir sama dengan seleksi AKPOL yang asli. Para calon taruna di bimbel ini akan mendapatkan pelatihan yang rutin agar mereka nantinya tidak merasa canggung. Tentunya pelatihan tersebut berada di bawah pengawasan ahlinya. Pada dasarnya pelatihan yag akan diberikan oleh pihak bimbel AKPOL, antara lain :

  1. Bimbingan Akademik;
  2. Bimbingan Tes Psikologi;
  3. Bimbingan CAT;
  4. Pelatihan Kesamaptaan.
  • Dapat berkonsultasi langsung ke ahilnya di bimbel AKPOL

Melakukan suatu konsultasi sangat dibutuhkan apabila kalian tidak mengetahui materi ataupun yang lainya. Selain konsultasi juga pendampingan oleh ahlinya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Dari proses di bimbel AKPOL ini, kalian akan mendapatkan sesi konsultasi dari ahlinya. Kalian bisa menanyakan tentang kendala, solusi, prakiraan jenis tes dan sebagainya. Tentu pihak bimbel mempekerjakan orang-orang yang handal di bidangnya.

Dengan melakukan konsultasi secara langsung juga akan memberikan kalian rasa kepuasan dan penjelasan yang sangat jelas, karena langsung dari ahlinya. Tentu akan berbeda dengan konsultasi melalui teman ataupun internet, kadang kalian akan segera lupa ataupun tidak mengerti apa yang diucapkannya. Melakukan konsultasi secara rutin juga dapat menjadi tolak ukur akan pemahaman atau tingkat ketahuan kalian mengenai materi yang akan di hadapi. Maka dari itu jangan malu untuk berkonsultasi kepada ahlinya ketika kalian berada di bimbel AKPOL.

  • Melatih rasa percaya diri dan mental yang kuat

Di dalam seleksi AKPOL ini tentu tidak akan lepas dari yang namanya persaingan, maka dari itu modal yang tidak kalah penting adalah percaya diri dan mental yang tangguh. Ketika kalian mengikuti suatu bimbel AKPOL, secara perlahan mental kalian akan terlatih. Kalian akan lebih percaya diri untuk mengerjakan soal-soal, karena sudah terbiasa dengan soal-soal latihan yang diberikan oleh bimbel favorit kalian. Dengan sikap yang dimiliki itu, kalian akan dengan mudahnya mengalahkan rasa takut dan gugup akan pesaing maupun soal-soal yang akan di berikan saat tes AKPOL nantinya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...