Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

oleh | Jun 24, 2020 | Blog, CPNS | 0 Komentar

Tentang CPNS – CPNSmerupakan sebuah sebutan untuk pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama atau awal.  Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang pegawai yang masih bergelar CPNS statusnya masih dalam pemantauan dan penilaian sebelum layak untuk dinyatakan menjadi seorang PNS. Dalam tahap ini apabila seorang pegawai CPNS tidak memenuhi kriteria penilaian, maka mereka akan dinyatakan gugur dan dibatalkan untuk berkesempatan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh apabila menjadi seorang pegawai CPNS :

  • Akan menjadi Pegawai Negeri

Seperti yang diketahui bahwa seorang pegawai yang baru lolos tahap pertama akan menyandang gelar Calon Pegawai Negeri Sipil. Apabila mereka bisa lolos di tahap ke dua, selanjutnya mereka akan menyandang pangkat Pegawai Negeri Sipil.

  • Gaji yang akan di dapat

Berdasarkan peraturan Pasal 91 Uundang-undang Nomor 15 tahun 2014 tentang Aparatur Negara mendapatkan tunjangan dan juga dana pensiun, maka gaji yang akan di dapat sudah terjamin oleh negara.

  • Jam kerja yang pasti

Apabila seorang CPNS telah menjadi PNS akan mendapatkan jam kerja kisaran selama 8-9 jam dan akan mempunyai jadwal libur yang sudah pasti.

  • Status sosial yang baik

Pandangan ini masih berlaku di tengah masyarakat, sehingga seorang yang berstatus sebagai Pegawai Negeri akan dianggap lebih baik dan lebih di hargai oleh masyarakat.

Apa Penting Ikut Bimbel CPNS Di Tahun 2020 Ini ?

Setiap tahunnya seleksi tes CPNS selalu menjadi primadona bagi pemuda-pemudi bangsa. Tak heran apabila satu bangku kosong di kementerian terkait bisa diperebutkan oleh ribuan orang. Maka dari itu dengan mengetahui banyaknya jumlah pesaing kalian, kalian sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini agar hasilnya lebih maksimal.

Sebelum masuk dan mengikuti serangkaian tes CPNS, sebaiknya kalian untuk mengikuti bimbel CPNS terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya kalian mengikuti bimbel CPNS terlebih dahulu sebelum mencoba tes CPNS sesungguhnya, antara lain :

  • Akan diajari mengikuti tes menggunakan sistem CAT

CAT atau Computer Assisted Test merupakan standar umum untuk sebuah tes berbasis komputer yang dipakai saat ini dalam menjalankan tes untuk para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jadi dengan kalian mengikuti bimbel CPNS di bimbel favorit kalian, kalian akan mendapatkan sebuah pengalaman mengerjakan tes try-out berbasis CAT. Kalian juga akan tidak canggung nantinya dalam menggunakan komputer. Sebagian besar peserta akan merasa gugup saat mengerjakan soal-soal CPNS, apalagi soal yang berbasis CAT. Mereka akan mengalami rasa canggung, gugup dan panik pada awalnya dan itu hanya akan berdampak pada pemborosan waktu saja. Maka dari itu dengan di kenalkannya soal try-out yang menggunakan sistem CAT salah satunya adalah mencegah hal tersebut terjadi di kemudian hari.

  • Membangun rasa percaya diri dan mental yang kuat

Di dalam siatu seleksi CPNS tentu tidak akan lepas dari yang namanya persaingan, maka dari itu modal yang tidak kalah penting adalah percaya diri dan mental yang tangguh. Ketika kalian mengikuti suatu bimbel untuk CPNS, secara perlahan mental kalian akan terlatih. Kalian akan lebih percaya diri untuk mengerjakan soal-soal, karena sudah terbiasa dengan soal-soal latihan try-out CPNS yang diberikan oleh pihak bimbel favorit kalian. Terutama kalian akan dilatih untuk tenang dalam mengerjakan soal-soal yang menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test)

  • Dapat berkonsultasi langsung ke ahilnya

Melakukan konsultasi sangat dibutuhkan apabila kalian tidak mengetahui materi ataupun yang lainya. Selain konsultasi juga pendampingan oleh ahlinya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Dari proses di bimbel CPNS ini, kalian akan mendapatkan sesi konsultasi. Kalian bisa menanyakan tentang kendala, solusi, prakiraan jenis tes dan sebagainya. Tentu pihak bimbel mempekerjakan orang-orang yang handal di bidangnya.

Dengan melakukan konsultasi secara langsung juga akan memberikan kalian rasa kepuasan dan penjelasan yang sangat jelas, karena langsung dari ahlinya. Tentu akan berbeda dengan konsultasi melalui teman ataupun internet, kadang kalian akan segera lupa ataupun tidak mengerti apa yang diucapkannya.

  • Melatih mengolah waktu dalam mengerjakan tes CPNS

Di dalam proses bimbel CPNS, kalian akan diajarkan beberapa tips dan trik dalam mengerjakan serangkain tes CPNS. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Banyak para peserta tes CPNS yang merasa antara waktu yang diberikan dan jumlah soal yang dikerjakan tidak seimbang. Maka dari itu, dengan mengikuti bimbel CPNS kalian akan diajarkan tips dan triknya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...