Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Astronomi merupakan salah satu ilmu tertua. Astronomi adalah cabang ilmu yang mempelajari semua benda dan fenomena luar bumi. Kamu penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait jurusan Astronomi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

Ini Dia Tips dan Manfaat Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas

oleh | Mar 16, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Jadi Mahasiswa Aktif – Sebagai mahasiswa, tentunya kamu ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi. Salah satu caranya adalah menunjukkan potensi yang kamu miliki. Tak heran, jika banyak mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan.

Di perkuliahan, selain untuk mengasah kemampuan akademis kamu juga perlu mengasah kemampuan sosialmu. Untuk mengasah kemampuan sosial, salah satunya dengan cara menjadi mahasiswa aktif di kampus. Berikut beberapa tips dan manfaat menjadi mahasiswa aktif di kelas.

Aktif di Kelas

Ketika kamu banyak bertanya di kelas, hal ini merupakan proses memahami materi dengan baik. Umumnya, dosen juga akan memberikan nilai tambahan jika kamu bertanya terkait materi yang sedang disampaikan. Jangan malu bertanya untuk bisa menjadi mahasiswa aktif dan berprestasi. Namun, kamu juga harus memberikan kesempatan kepada teman-teman lain yang mencoba bersikap aktif, ya.

Memahami Penjelasan Dosen

Tips selanjutnya adalah memperhatikan dan memahami penjelasan yang diberikan oleh dosen. Hal ini untuk mengasah daya ingatmu dalam memperoleh informasi yang disampaikan oleh dosen.

sahakan untuk fokus dalam memahami penjelasan materi dosen. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kemampuanmu memahami materi kuliah. Usahakan juga kurangi menggunakan gadget selama perkuliahan berlangsung. 

Baca juga Freshgraduate Perlu Tahu 9 Tips Ini Agar Cepat Dapat Pekerjaan

Rajin Mengikuti Kegiatan Seminar

Salah satu media untuk menuntut ilmu adalah mengikuti seminar. Mengikuti berbagai seminar, akan membantumu untuk menambah wawasan, motivasi dan ilmu baru yang belum kamu dapatkan sebelumnya di kelas. Di kampus sendiri, biasanya diadakan banyak seminar yang bisa mahasiswa ikuti.

Seminar lebih memfokuskan pada satu topik bahasan yang di mana pesertanya dapat berpartisipasi aktif. Lewat seminar, kamu bisa berpartisipasi secara aktif dengan bertanya kepada pembicara seminar. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan public speaking dan kepercayaan dirimu.

Mengikuti Organisasi atau UKM

Ada banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan dalam kegiatan organisasi atau UKM. Usahakan kamu mengikuti kegiatan UKM atau organisasi yang ada di kampus. Tidak hanya mendapat ilmu baru, tetapi bisa juga menambah banyak teman dari jurusan lain.

Kemampuan public speakingmu juga akan terasah dengan baik. Selain itu, dapat membantu kamu untuk membangun dan memperbanyak relasi. Namun, jangan lupa kamu harus pintar membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dan kegiatan organisasi.

Mengikuti Perlombaan

Perlombaan merupakan sarana untuk menunjukkan bahwa kamu mempunyai prestasi. Selain itu, dengan mengikuti perlombaan dapat membantu kamu dalam mengarahkan potensi diri. Terlebih kamu juga bisa menambah banyak pengalaman dan relasi.

Perbanyak Membaca

Agar bisa menambah wawasan yang kuas kamu harus banyak membaca. Lewat membaca akan menambah ilmu dan pengetahuan banyak hal. Jika ada waktu luang, usahakan kamu pergi ke perpustakaan untuk membaca buku.

Pintar Mengatur Waktu

Mengatur waktu merupakan hal yang penting bagi mahasiswa aktif yang mempunyai berbagai aktivitas. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik dan bijak. Selain itu, kamu perlu membuat jadwal perkuliahan agar kegiatanmu berjalan lancar.

Manfaat Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas

Menjadi mahasiswa aktif di kelas juga mempunyai banyak manfaat, lho. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Bersosialisasi dengan banyak orang.
  • Memperluas dan menambah relasi.
  • Menambah banyak pengalaman.
  • Mengasah soft skill dan hard skill.
  • Mengembangkan karakter pribadi.
  • Banyak mendapatkan informasi.

Ini Dia Tips dan Manfaat Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas. Kamu bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya bisa menjadi mahasiswa aktif di kelas. Terlebih, menjadi mahasiswa aktif di kelas juga dapat banyak manfaat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips Mencatat Materi Kuliah yang Efektif Bagi Mahasiswa | LKBB Indonesia college - […] Baca juga Ini Dia Tips dan Manfaat Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!