Jadwal Dan Persyaratan Masuk Kedokteran UNISMA 2020

oleh | Mar 26, 2020 | Blog | 0 Komentar

UNISMA ( Universitas Islam Malang ) – di dirikan tepatnya pada tanggal 27 Maret 1981 yang bertepatan dengan tanggal 20 Jumadil Awal 1401 Hijriyah, berdasarkan Akte Notaris G. Kamarudzaman Nomor:123 Tahun 1981. Pendirian UNISMA ini berada di bawah naungan pengurus pusat lembaga pendidikan Ma’arif Nadlatul Ulama ini di dasari dengan keinginan masyarakat dan juga cendekiawan dengan adanya perguruan Tinggi Islam Yang Berkualitas dan Mandiri, sekaligus di dalam rangka untuk mengikuti berpartisipasi di dalam meyukseskan pembangunan nasonal pada bidang pendidikan.

Visi UNISMA – Menjadi universitas unggul bertaraf internasional, berorientasi masa depan dalam IPTEK dan budaya, untuk kemaslahatan umat yang berakhlaqul karimah, berlandaskan Islam Ahlussunnah waljama’ah”

Misi Kedokteran UNISMA

  • Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berpihak pada kemaslahatan umat menuju universitas berkualifikasi internasional (world class university)
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan akses pendidikan dan ajaran agama Islam Ahlussunnah waljama’ah
  • Menguatkan kapasitas institusi untuk mewujudkan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang handal serta unggul berstandar internasional dengan meningkatkan tata kelola yang baik (good university governance).

Keunggulan Universitas Islam Malang

  • Sertifikat ISO 9000:2015
  • Terakreditasi Institusi dan seluruh Program Studi oleh BAN-PT dan LAM PT
  •  Peringkat ke 85 dari 4492 PTN dan PTS se-Indonesia tahun 2019
  • Kampus Unggul Wilayah Jawa Timur peringkat 4 tahun 2019
  • Terdapat berbagai macam Beasiswa

Teman – teman IC juga harus mengenal Sejarah Dan Program Studi Kedokteran UIN Malang, agar dapat membandingkan visi, misi, tujuan nya.

Persyaratan Masuk Kedokteran UNISMA 2020

  • Program Studi Kedokteran : Merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA pada tahun 2018, 2019, dan 2020.
  • Program Studi Farmasi : Merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK dengan jurusan Farmasi tahun 2018, 2019, dan 2020.
  • Noted : Tidak menerima ijasah paket C dan juga Ijazah penyetaraan (Muadallah)

Pembelian Formulir Kedokteran UNISMA – pembelian formulir pendaftaran kedokteran UNISMA dapat melalui salah satu bank mitra yaitu ( Bank Rakyat Indonesia (BRI), BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM, Bank Mega Syariah (BMS, BTN Syariah dengan harga Rp. 750.000,-.

Pembelian Formulir Kedokteran UNISMA – Teman – teman IC yang hendak mendaftar di Kedokteran UNISMA dapat mengisi formulir pendaftaran secara online pada website pmb.unisma.ac.id masuk kedalam menu daftar online dengan menggunakan kode pembayaaran ( ID )  dan password 12345.

Dokumen Persyaratan Masuk Kedokteran UNISMA

  • Mengumpulkan foto copu KK ( Kartu Keluarga ) sebanyak 1 lembar
  • Mengumpulkan foto copy Ijazah SMA atau sederajat dan juga SKHUN yang berlegalisasi rangkap 3 ( lulusan tahun 2019 dan sebelumnya )
  • Mengumpulkan Surat Keterangan Lulus (SKL), surat keterangan bahwa siswa yang bersangkutan sedang menempuh kelas 12 dari kepala sekolah dan juga foto copy ijazah SMP atau yang seerajat berlegalisasi rangkap 3 ( untuk lulusan tahun 2020 ).
  • Mengumpulkan foto copy rapot semester I s/d V/VI yang berlegalisasi rangkap 3
  • Mengumpulkan pasfoto terbaru dengan menggunakan pakaian formal dan berwarna latar belakang/ background merah ukuran 3×4 dan 4×6 masing – masing 6 lembar.
  • Semua dokumen yang di jadikan persyaratan harus di upload dengan format Jpg dengan ukuran file maksimal 500kb.

Informasi Pengumuman Ujian Dan Hasil Seleksi Kedokteran UNISMA

  • Para pendaftar fakultas kedokteran UNISMA, setelah mengisi formulir secara online dan juga mengupload seluruh dokumen persyaratan melalui pmbid lalu mencetak kartu ujian selanjutnya dapat mengikuti ujian masuk sesuai dengan Jadwal yang sudah di tetapkan.
  • Hasil seleksi kelulusan akan di umumkan melalui website unisma.ac.id atau juga pmb.unisma.ac.id.

4 Macam Jalur Masuk PMB Kedokteran UNISMA

Jalur Reguler

Persyaratan dan informasi mengenai jalur reguler seperti yang sudah admin tuliskan di atas yaa.

Program Jalur Pesantren

Prodi Kedokteran dan prodi Farmasi Unisma menyelenggarakan seleksi khusus untuk lulusan Madrasah Aliyah (MA) atau SMA jurusan IPA dan terdaftar sebagai santri di Pondok Pesantren  dengan syarat dan ketentuan yang sama dengan jalur reguler, yang dilengkapi :

  • Surat keterangan sebagai santri dari pondok pesantren minimal 3 tahun
  • Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map snelhecter warna merah dan harus diantar ke bagian pendaftaran Unisma.

Waktu Pendaftaran Waktu pendaftaran jalur pesantren untuk Fakultas Kedokteran mulai tanggal 4 Desember 2019 sampai dengan 29 Juli 2020 (Catatan : besarnya DPP jalur pesantren untuk Fakultas Kedokteran sebagaimana besaran DPP pada gelombang I)

Program Jalur Beasiswa

Jalur beasiswa Siswa Juara diperuntukkan bagi pendaftar Program S1 Non Fakultas Kedokteran dengan diberi beasiswa (bebas DPP dan SPP selama 8 Semester). Beasiswa dalam jalur ini adalah beasiswa siswa juara, diantaranya adalah : prestasi akademik, prestasi kejuaraan non akademik minimal sertifikat juara level Kabupataen/Kota, anak yatim piatu yang memiliki prestasi, kader aswaja yang memiliki prestasi, anak karyawan yang memiliki prestasi dan juga khafid/khafidloh yang memiliki prestasi.

Adapun persyaratan dan ketentuan untuk mendaftar melalui jalur ini sebagaimana persyaratan di jalur leguler dilengkapi dengan persyaratan khusus yaitu sertifikat juara dan dokumen pendukung lainnya, secara detail ketentuan dan prosedur lainnya dapat dilihat di website unisma di www.unisma.ac.id sejak tanggal 1 Januari 2020. (Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map snelhecter warna putih dan harus diantar langsung ke bagian pendaftaran Unisma).

Program Pasca Sarjana

  • Syarat Pendaftaran
  1. Program Magister : Telah lulus program Sarjana
  2. Program Doktor : Telas lulus program Magister
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- untuk S2 dan Rp 750.000,- untuk S3. melalui salah satu bank berikut : Bank Rakyat Indonesia (BRI), BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Mega Syariah (BMS), BTN Syariah
  4. Mengisi formulir pendaftaran online di alamat unisma.ac.id atau pmb.unisma.ac.id menu daftar online dengan login Kode Pembayaran dan password 12345 (pendaftar harus mengisi formulir sendiri / tidak boleh diwakilkan).
  5. Berkas kelengkapan yang harus disertakan beserta Formulir Pendaftaran
  1. Foto Kopi Kartu Keluarga 1 lembar. Bagi calon mahasiswa yang berwarga negara asing (WNA) wajib menyertakan foto copy ijin dari kementerian Ristek dan Dikti, visa pelajar, surat keterangan jaminan biaya hidup dan biaya pendidikan dari orang tua/instansi Penjamin Dana (1 lembar).
  2. Foto Copy ijazah dan transkrip S1 bagi pendaftar program Magister berlegalisasi (3 lembar)
  3. Foto Copy ijazah dan transkrip S1 dan S2 bagi pendaftar program Doktor berlegalisasi (3 lembar)
  4. Pasfoto berwarna 3×4 (6 lembar) dan 4×6 (6 lembar).

Informasi Kedokteran Dari Universitas Lain Tahun 2020 :

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…