Jalur Masuk Menjadi Polisi Ada Banyak, Apa Perbedaannya?

oleh | Jul 27, 2021 | AKPOL, Blog | 0 Komentar

Jalur Masuk Polisi – Kepolisian Republik Indonesia membuka berbagai jalur masuk untuk bisa menjadi anggota. Banyak yang mengira bahwa untuk bisa menjadi anggota polisi, maka harus menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian atau AKPOL. Hal ini tidaklah salah, namun ada berbagai jalur lain yang bisa dipilih.

Secara umum, jalur masuk yang disediakan dibagi menjadi dua yaitu untuk lulusan SMA/sederajat dan Sarjana. Terlihat jelas bahwa keduanya memiliki persyaratan pendidikan yang berbeda sehingga pembelajaran yang dilakukan juga berbeda. Supaya lebih jelas, berikut ini penjelasan tentang berbagai jalur masuk untuk menjadi anggota Polri.

Jalur Masuk Polisi Bagi Lulusan SMA/Sederajat

Kepolisian Republik Indonesia memberi kesempatan bagi masyarakat untuk bisa menempuh pendidikan polisi. Ada 3 posisi yang dibuka bagi lulusan SMA/sederajat yaitu sebagai berikut.

Tamtama

Pendidikan pertama yang bisa dipilih dengan syarat pendidikan SMA/sederajat yaitu Tamtama. Pendidikan untuk posisi ini ditempuh dalam waktu singkat yaitu 5 bulan. Peserta didik akan mempelajari berbagai hal teksnis seperti Kepolisian Lalu Lintas, Intelijen, Binmas, dan Reserse.

Pendidikan Tamtama dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) yang tersebar di berbagai daerah. Kemudian, setelah selesai menempuh pendidikan, lulusannya akan mendapat pangkat Bhayangkara Dua (Bharada).

Bintara

Selain Tamtama, Polri juga membuka pendidikan singkat lain yaitu Bintara. Peserta didik akan menempuh pendidikan selama 7 bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN). Pendidikan untuk Bintara hampir sama dengan Tamtama yaitu fokus pada tenaga operasional dan teknis di lapangan.

Perbedaan Bintara dan Tamtama yang paling ketara adalah lama pendidikan. Selain itu, lulusannya juga akan mendapat pangkat yang berbeda yaitu Brigadir Dua (Bripda) untuk Bintara.

Taruna AKPOL

Pilihan pendidikan kepolisian yang berikutnya yaitu melalui Akademi Kepolisian atau AKPOL. Berbeda dengan dua jalur sebelumnya, pendidikan di AKPOL dilaksanakan dalam waktu yang panjang yaitu 4 tahun. Taruna AKPOL membutuhkan waktu panjang untuk bisa lulus karena memang dipersiapkan untuk menjadi calon-calon pemimpin Polri.

Karena menempuh pendidikan dalam waktu yang lama, Taruna AKPOL saat lulus tidak hanya mendapat pangkat kepolisian. Sesuai dengan pendidikan yang didapat, Taruna juga akan memperoleh gelar akademis berupa Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IK.). Sedangkan pangkat kepolisiannya sendiri yaitu Inspektur Polisi Dua atau Ipda.

Baca juga Perubahan Persyaratan dan Jadwal Seleksi Taruna AKPOL 2021.

Jalur Masuk Polisi Bagi Sarjana (SIPSS)

Jalur Masuk Polisi

Selain lulusan SMA, Pori juga memberi kesempatan bagi lulusan Sarjana untuk bisa menjadi anggota polisi. Jalur masuk untuk polisi lulusan Sarjana yaitu melalui Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana atau SIPSS.

Melalui jalur ini, peserta yang telah menempuh pendidikan Sarjana sesuai kualifikasi yang diminta bisa mendapatkan pendidikan kepolisian. Pendidikan akan ditempuh dalam waktu singkat yaitu 6 bulan. Kemudian, setelah lulus akan mendapatkan pangkat setara dengan lulusan AKPOL yaitu Inspektur Dua atau Ipda.

Beda Lulusan AKPOL dan SIPSS

Lulusan AKPOL dan SIPSS keduanya memiliki gelar Sarjana dan mendapat pangkat yang sama yaitu Ipda. Meskipun begitu, pendidikan untuk keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Lulusan AKPOL diarahkan untuk menjadi pemimpin di kepolisian di masa mendatang. Sedangkan lulusan SIPSS dididik untuk menjadi tenaga ahli guna membantu tugas polisi.

Perbedaan ini muncul karena latar belakang pendidikan yang dimiliki sangatlah berbeda. Lulusan AKPOL telah menempuh pendidikan khusus terkait kepolisian selama 4 tahun. Sedangkan lulusan SIPSS hanya mendapatkannya selama 6 bulan. Namun, lulusan SIPSS telah memiliki bekal ilmu lain yang didapat dari pendidikan di luar kepolisian seperti Kedokteran, Psikologi, Teknik Informatika, dan lain-lain.

Apakah kamu sudah mengerti jalur masuk menjadi polisi ada banyak, apa perbedaannya? Jika kamu tertarik untuk menjadi anggota Polri, bisa memilih salah satu jalur yang tersedia. Setiap tahunnya Polri selalu membuka penerimaan, jadi segera persiapkan dirimu mulai dari sekarang.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Rincian Biaya Kuliah Binus University Berbagai Program

Biaya Kuliah Binus – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian banyak orang. Bagi lulusan SMA, salah satu pilihan yang dapat diambil yaitu dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas. Di Indonesia sendiri, pilihan...

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

Besaran UKT UNS Berbagai Jalur Masuk Tahun 2021

UKT UNS – Universitas Sebelas Maret atau UNS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kampus yang terletak di Surakarta ini termasuk PTN terbaik yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Hal ini terbukti dari animo pendaftar yang cukup tinggi di...

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

Kampus-kampus yang Membuka Kelas IUP Kedokteran

IUP Kedokteran – Perguruan tinggi di Indonesia menyelenggarakan berbagai program pendidikan. Salah satu program yang disediakan yaitu International Undergraduate Program atau IUP. Program ini dibuka untuk menampung mahasiswa baik dalam maupun luar negeri untuk bisa...

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Apa Saja?

Prospek Kerja Psikologi – Kuliah psikologi bisa jadi sangat menyenangkan bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada manusia dengan segala perilakunya. Hal ini dikarenakan psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia....

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Bosan Kelas Online Terus? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Kelas Online – Adanya pandemi membuat banyak orang harus beraktivitas dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun ikut terkena dampaknya. Saat ini, kegiatan ini harus dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan berbagai platform online. Belajar secara online dari rumah...

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Tahapan Seleksi TNI AD, AL, dan AU Lengkap

Seleksi TNI – Tentara Nasional Indonesia atau TNI merupakan angkatan bersenjata yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan negara Indonesia. TNI sendiri dibagi menjadi 3 angkatan yang memiliki tugas berbeda-beda. Saat ini, TNI dibagi menjadi TNI Angkatan Darat, TNI...