Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Jalur Masuk, Program, Departemen, dan Fasilitas di Fakultas Kedokteran Gigi UI

oleh | Nov 11, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Fakultas Kedokteran Gigi UI – Kamu ingin melanjutkan studi perkuliahan di jurusan Kedokteran Gigi, namun bingung kuliah di mana? Kamu bisa menjatuhkan pilihan di Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Fakultas Kedokteran Gigi UI merupakan salah satu fakultas terbaik yang bisa kamu pilih.

Ada berbagai program pendidikan dengan berbagai jenjang di Fakultas Kedokteran Gigi UI. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia juga membagi kedokteran gigi ke dalam 11 departemen sesuai bidangnya/cabang ilmu agar proses pembelajaran lebih mudah. Yuk, kenalan lebih lanjut dengan fakultasnya berikut ini.

Kurikulum dan Beban Studi

Jenjang sarjana Kedokteran Gigi ditempuh selama 4 tahun (8 semester) dengan beban studi 144 SKS. Sedangkan, perkuliahan jenjang profesi Kedokteran Gigi ditempuh selama 2 tahun (4 semester) dengan beban studi 28 SKS.

Sejak tahun 2003 pendidikan akademik di FKG UI dilakukan melalui pembelajaran aktif dengan menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) yang lebih menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Ada dua tahap yang harus dilalui setiap mahasiswa untuk mendapatkan gelar sebagai seorang dokter gigi yang boleh berpraktek. Tahap pertama, adalah Program Pendidikan Akademik Kedokteran Gigi yang dilaksanakan dengan pembelajaran aktif menggunakan metode/strategi pembelajaran berdasarkan masalah atau Problem Based Learning yang lebih menekankan pembelajaran terpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning).

Kurikulum yang dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Mahasiswa harus menyelesaikan kurikulum selama 7 semester atau 14 blok (144 SKS) untuk menjadi Sarjana Kedokteran Gigi (SKG).

Tahap kedua adalah Program Pendidikan Akademik Profesi, dimana lulusan tersebut akan memasuki pendidikan profesi dokter gigi dengan menjalankan kepaniteraan klinik terintegrasi yang berjumlah total 31 SKS.

Program yang Dibuka di Fakultas Kedokteran Gigi UI

  • S1 Kelas Internasional
  • S1 Kedokteran Gigi Program Profesi
  • Program Magister
  • Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis
  • Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi

Departemen Fakultas Kedokteran Gigi UI

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia melaksanakan kegiatan akademiknya dengan membagi kedokteran gigi ke dalam sebelas departemen sesuai bidangnya/cabang ilmu agar proses pembelajaran lebih mudah. Berikut 11 departemennya:

1.Biologi Oral

2.Radiologi Kedokteran Gigi

3.Prostodonsia

4.Ortodonsia

5.IMKG

6.IKGMP

7.IKGA

8.Periodonsia

9.Ilmu Bedah Mulut

10.Ilmu Konservasi Gigi

11.Ilmu Penyakit Mulut

Baca juga Seperti Apa Sebenarnya Kuliah di Jurusan Kedokteran Gigi Itu?

Jalur Masuk Penerimaan

Sistem seleksi dan pendaftaran calon mahasiswa program Pendidikan Kedokteran Gigi dilaksanakan melalui jalur:

  • Jalur Undangan melalui SNMPTN, kuota mahasiswa yang diterima di jalur ini meliputi 30% dari total kuota yang disediakan
  • Jalur ujian tulis
  1. SBMPTN, kuota yang ditetapkan sebesar 70% dari kuota yang tersedia
  2. Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI. Kuota penerimaannya sebesar 30% dari total kuota yang tersedia dan diselenggarakan setelah SBMPTN.
  • Jalur penerimaan mahasiswa asing

Fasilitas

Fakultas Kedokteran Gigi UI menyediakan berbagai macam fasilitas untuk menunjang pembelajaran mahasiswa, antara lain:

  • Ruang kelas metode PBL (Problem Based Learning)
  • Ruang praktikum
  • Ruang skills lab
  • Perpustakaan
  • Laboratorium komputer
  • Laboratorium riset biologi oral dan material kedokteran gigi
  • Dental simulation/clinic
  • Klinik integrasi untuk mahasiswa program profesi dan spesialis
  • Puskesmas untuk mahasiswa program profesi bekerja di komunitas (Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat)
  • Asrama mahasiswa di Serpong
  • Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM)
  • Lapangan bulutangkis
  • Kantin
  • Musola
  • Student lounge

Semoga artikel Jalur Masuk, Program, Departemen, dan Fasilitas di Fakultas Kedokteran Gigi UI di atas membantu kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan Kedokteran Gigi, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!