Jenis-jenis Sekolah Kedinasan di Indonesia, Yuk, Cari Tahu!

oleh | Okt 11, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan di Indonesia – Sekolah kedinasan atau sering juga disebut dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan salah satu jenis institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Sekolah ini berbeda dengan perguruan tinggi lainnya karena dikelola langsung oleh kementerian atau lembaga pemerintah.

Pendidikan di sekolah kedinasan dilakukan mengikuti lembaga yang menaunginya seperti misalnya program studi. Setiap PTK memiliki fokus pendidikan yang berbeda dan lulusannya akan memiliki ilmu yang lebih spesifik. Seperti contohnya yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang berada di bawah BIN dan lulusannya menjadi ahli intelijen.

Sekolah kedinasan di Indonesia ini ada banyak jenisnya, ada apa saja, ya? Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Sekolah Kedinasan Militer

sekolah kedinasan di indonesia

Sekolah kedinasan yang pertama yaitu perguruan tinggi khusus militer. Sesuai namanya, perguruan tinggi ini dibangun khusus untuk melatih dan mendidik masyarakat Indonesia untuk menjadi anggota militer baik itu tentara maupun polisi. Pendidikannya sendiri dilakukan secara langsung oleh pusat pendidikan TNI dan Polri.

Pendidikan untuk menjadi anggota militer ini tidak dilakukan secara bersamaan. Peserta didik akan belajar dan berlatih sesuai dengan spesialisasi masing-masing. Pendidikan untuk menjadi polisi dilakukan oleh Polri melalui Akademi Kepolisian (AKPOL) dan juga Sekolah Polisi Negara (SPN).

Sedangkan pendidikan untuk menjadi tentara, dibagi menjadi 3 jenis. Bagi TNI AD, pendidikan dilaksanakan di Akademi Militer (AKMIL). Bagi TNI AL, pendidikan dilakukan di Akademi Angkatan Laut (AAL). Berikutnya, yaitu TNI AU, pendidikan diselenggarakan terpisah di Akademi Angkatan Udara (AAU).

Sekolah kedinasan militer termasuk perguruan tinggi yang melaksanakan ikatan dinas. Artinya, peserta didik tidak perlu membayar biaya selama mengikuti pendidikan. Lalu, setelah lulus, akan langsung bekerja sebagai anggota Polri atau prajurit TNI.

Baca juga Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Perhubungan dengan Ikatan Dinas.

Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas

Selain sekolah kedinasan militer, ada juga PTK lain yang menyelenggarakan ikatan dinas. Sekolah ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia karena adanya program ikatan dinas ini. Selama mengikuti pendidikan, peserta didik akan mendapat subsidi dari pemerintah. Setelah lulus, juga akan mendapat pekerjaan sesuai dengan kebutuhan pemerintah.

Karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, seleksi masuk ke sekolah kedinasan ini sangatlah ketat. Penerimaannya sendiri dilakukan secara terintegrasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena lulusan dari sekolah kedinasan ini akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ada banyak sekolah kedinasan yang menyelenggarakan ikatan dinas. Beberapa sekolah kedinasan ini yaitu:

  • Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  • Politeknik Statistika (Polstat STIS)
  • Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)
  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
  • Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

sekolah kedinasan di indonesia

Masih ada jenis PTK lain yang ada di Indonesia. Selain 2 jenis di atas, ada juga sekolah kedinasan yang tidak menyelenggarakan ikatan dinas. Hal ini berarti, perguruan tinggi ini tidak memberikan keringanan biaya kuliah dan lulusannya juga tidak langsung diangkat menjadi ASN.

Meskipun tidak menyelenggarakan ikatan dinas, sekolah kedinasan ini tetap memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan sekolah kedinasan non ikatan dinas menyelenggarakan pendidikan yang tetap berfokus pada satu bidang. Lulusannya pun akan memiliki ilmu dan kemampuan yang sangat berguna di dunia kerja.

Berbeda dengan PTK yang menyelenggarakan ikatan dinas, sekolah kedinasan non ikatan dinas menyelenggarakan seleksi peserta didik baru secara mandiri. Setiap pelamar harus mendaftarkan diri secara langsung ke PTK yang dituju. Seteleh itu, pihak sekolah kedinasan akan melaksanakan seleksi sesuai kebijakan masing-masing.

Sekolah kedinasan non ikatan dinas jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Berikut ini beberapa contohnya.

  • Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas)
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  • Politeknik Pariwisata Bali
  • Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta
  • Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Padang
  • Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang
  • Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta
  • Politeknik AKA Bogor
  • Polteknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKESOS)
  • Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)
  • Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)

Itulah artikel tentang Jenis-jenis Sekolah Kedinasan di Indonesia, Yuk, Cari Tahu! Ada banyak perguruan tinggi yang berada dalam naungan kementerian dan lembaga pemerintah. Kamu bisa belajar di sekolah kedinasan ini jika ingin memiliki ilmu dan kemampuan yang mumpuni di bidang-bidang tertentu.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...