Jenis Perguruan Tinggi: Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi

oleh | Jul 12, 2021 | Blog | 0 Komentar

Jenis Peguruan Tinggi – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan keinginan banyak orang. Selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), pendidikan tingkat lanjut akan memungkinkan seseorang untuk mengembangkan kemampuan di bidang yang lebih spesifik.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis perguruan tinggi yang tersedia. Setiap perguruan tinggi tersebut memiliki pengertian dan fokus yang berbeda-beda. Supaya kamu tidak bingung saat melanjutkan kuliah nanti, yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Jenjang Pendidikan di Indonesia

Jenis perguruan tinggi di Indonesia sangat erat kaitannya dengan jenjang pendidikan yang disediakan. Sebelum membahas tentang perguruan tinggi, ada baiknya kamu untuk mengerti jenjang pendidikannya terlebih dahulu. Secara umum, ada 2 jenis pendidikan yaitu akademik dan vokasi.

Pendidikan Akademik

Jenjang pendidikan yang pertama yaitu akademik. Sistem pendidikan ini berfokus pada penguasaan sebuah disiplin ilmu tertentu baik itu teknik, seni, bahasa, dan lain-lain. Guna memberikan pemahaman yang mendalam terhadap ilmu tersebut, biasanya materi perkuliahan untuk pendidikan akademik akan lebih menitikberatkan pada teori.

Pendidikan akademik dibagi menjadi 3 jenjang yaitu Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3). Bagi kamu yang baru lulus SMA, akan masuk ke jenjang pertama yaitu Sarjana. Setelah lulus, kamu akan mendapat gelar sesuai ilmu yang dipelajari. Misalnya, bagi lulusan S1 Ilmu Komputer akan memperoleh gelar S.Kom.

Pendidikan Vokasi

Berbeda dengan pendidikan akademik, pendidikan vokasi lebih berfokus pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Pembelajarannya akan lebih banyak pada penguasaan teknis suatu ilmu. Oleh karena itu, pembagian materinya sendiri lebih fokus pada mata kuliah praktik sesuai dengan jurusan masing-masing.

Pendidikan vokasi juga dibagi menjadi beberapa jenjang yaitu Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, dan Diploma 4. Perbedaan dari masing-masing jenjang terletak pada lama kuliahnya dan gelar yang akan didapat. Bagi lulusan SMA, kamu bisa memilih semua jenjang baik itu D1 atau pun D4.

Baca juga Apa Bedanya Fakultas, Jurusan Kuliah, dan Program Studi?

Jenis Perguruan Tinggi

Jenis Perguruan Tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenjang pendidikan yang tersedia akan berhubungan dengan jenis perguruan tinggi. Memahami perbedaan jenjang pendidikan akan membuatmu lebih mudah mengerti jenis-jenis lemabaga pendidikan lanjut berikut ini.

Universitas

Universitas merupakan perguruan tinggi yang sesuai dengan namanya yaitu universal. Perguruan tinggi ini menyelenggarakan pendidikan secara luas baik itu akademik atau vokasi. Selain itu, universitas juga menyediakan pilihan program studi yang beragam mulai dari ilmu agama, ilmu alam, atau ilmu sosial.

Karena banyaknya bidang yang ada di universitas, rumpun ilmu tersebut kemudian dibagi ke dalam beberapa fakultas. Misalnya untuk rumpun ilmu ekonomi seperti akuntansi dan manajemen akan masuk ke Fakultas Ekonomi. Sedangkan ilmu teknik akan masuk ke Fakultas Teknik.

Institut

Institut adalah perguruan tinggi yang menyelengarakan pendidikan baik vokasi maupun akademik. Perbedaannya terletak pada fokus keilmuan yang diselenggarakan. Sebuah institut akan berfokus pada satu keilmuan saja seperti contohnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS. Kampus tersebut lebih fokus pada ilmu alam saja.

Kemudian, sama seperti di universitas, institut juga memiliki berbagai fakultas. Hanya saja, setiap fakultas memiliki nama dan rumpun ilmu yang lebih spesifik sesuai dengan program studinya.

Sekolah Tinggi

Jenis lembaga pendidikan berikutnya yaitu sekolah tinggi. Masih sama seperti universitas dan institut, sekolah tinggi menyediakan pendidikan baik akademik maupun vokasi. Perbedaannya yaitu, sekolah tinggi lebih fokus pada satu program pendidikan saja.

Contoh sekolah tinggi yang ada di Indonesia yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Di dalam lembaga ini, terdapat beberapa program studi, namun semuanya merupakan bagian dari ilmu ekonomi seperti Akuntansi dan Manajemen.

Politeknik

Berbeda dengan 3 perguruan tinggi sebelumnya, politkenik hanya menyelenggarakan pendidikan khusus vokasi. Politeknik didirikan untuk mendidik mahasiswanya menjadi seseorang yang terampil dalam bidang tertentu karena telah melakukan banyak praktik.

Setiap politeknik menyediakan jenjang pendidikan yang berbeda-beda. Ada yang menyediakan pilihan program mulai dari D1 sampai D4. Namun, ada juga yang hanya menyelenggarakan pendidikan untuk D3 dan D4.

Akademi

Akademi hampir sama dengan politeknik, yaitu menyediakan pendidikan khusus vokasi. Perbedaannya yaitu, akademik memiliki fokus pada cabang ilmu pengetahuan tertentu seperti teknologi atau seni.

Salah satu akademi yang banyak dikenal di Indonesia yaitu Akademi Keperawatan. Pada perguruan tinggi ini, hanya tersedia pendidikan vokasi yang fokus pada ilmu keperawatan. Lulusannya juga tentu akan menjadi ahli di bidang tersebut.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan, pastikan telah memahami jenis perguruan tinggi: universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi. Kamu bisa memilih perguruan tinggi yang paling sesuai dengan minat masing-masing.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

35 Istilah dalam Dunia Perkuliahan yang Kamu Harus Tahu!

Istilah Dunia Perkuliahan – Dunia perkuliahan tentu berbeda dengan saat kamu masih berstatus siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada banyak hal yang berubah mulai dari materi yang dipelajari sampai lingkungan sekitar. Bagi mahasiswa baru, saat memasuki dunia...

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Kamu Tahu!

Perbedaan PTN dan PTS – Saat memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Pemilihan ini sangat penting karena akan berpengaruh tidak hanya saat menjalankan kuliah, namun juga prospek kehidupan ke...

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

Seleksi CPNS BPIP di Penerimaan Tahun 2021

CPNS BPIP – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP ikut berpartisipasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021. Badan ini memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai untuk berbagai jabatan. Berikut ini informasi...

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA di Kejaksaan Agung

CPNS Kejaksaan Agung SMA – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya diperuntukkan untuk lulusan perguruan tinggi. Beberapa lembaga pemerintah juga membuka pendaftaran untuk beberapa jabatan dengan syarat pendidikan minimal SMA/sederajat. Salah satu...

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Cara Cari Formasi CPNS Sesuai Jurusan Kuliah

Formasi CPNS – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dilaksanakan. Berdasarkan siaran pers yang telah dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar bisa melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan seleksi CASN...

Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS untuk Lulusan SMA

Kemenkumham Buka Pendaftaran CPNS untuk Lulusan SMA

CPNS Kemenkumham SMA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi pegawai negara. Salah satu formasi yang dibuka yaitu untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham bagi lulusan...