2 Jurusan Baru di UGM, Perdana Dibuka Tahun 2023

oleh | Nov 21, 2023 | Biaya Kuliah, Blog, Jurusan Kuliah, PTN | 0 Komentar

Jurusan baru di UGM – Sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia, UGM memiliki berbagai fakultas dan jurusan dari berbagai disiplin keilmuan. Untuk program sarjana dan sarjana terapan saja, sudah ada 93 pilihan program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru setiap tahunnya. 

Dari sekian banyak pilihan jurusan tersebut, ada beberapa jurusan yang baru saja dilahirkan dan mulai menerima mahasiswa baru dalam beberapa tahun terakhir. Di artikel ini, kami merangkum informasi seputar 2 jurusan baru di UGM yang baru saja dibuka pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023. 

Calon mahasiswa UGM, jangan sampai  ketinggalan informasi berikut. Let’s check this out! 

1. Teknik Sumber Daya Air

jurusan teknik sumber daya air
jurusan teknik sumber daya air

Fakultas teknik baru saja membuka program studi baru sebagai respon dari banyaknya bencana keairan hingga perubahan iklim di Indonesia. Jurusan ini tergabung di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik UGM. Mahasiswa Teknik Sumber Daya Air (TSDA) akan fokus mempelajari tentang pemanfaatan, pengendalian, dan pengelolaan sumber daya air (SDA), hingga perancangan bangunan yang berkaitan dengan SDA. 

Lebih detailnya, topik perkuliahan di jurusan Teknik Sumber Daya Air, terdiri dari: 

  • Integrated Water Resources Management
  • Konservasi SDA hidrologi (siklus air, hujan)
  • Teknik Pantai (pelabuhan dsb), Teknik Rawa, Sungai, dan Bendungan
  • Hydroinformatics and computation
  • Teknik irigasi dan drainase kebencanaan (tsunami, banjir, kekeringan)
  • Climate change

Setelah lulus, mahasiswa jurusan TSDA akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.) yang juga setara dengan Bachelor of Engineering (B.Eng.). Pilihan karir pun terbuka luas untuk lulusan teknik sumber daya air, mulai dari bekerja di berbagai kementerian (PUPR, LHK, ESDM), BRIN, BUMN, LSM/NGO, hingga menjadi akademisi, peneliti, atau konsultan teknik di berbagai perusahaan swasta. 

Baca juga: Macam-Macam Jurusan Teknik yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Biaya Kuliah Jurusan Teknik Sumber Daya Air 

Biaya kuliah UGM terdiri dari UKT yang dikelompokkan menjadi UKT Pendidikan Unggul dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi yang ditetapkan berdasarkan kemampuan ekonomi setiap mahasiswa. Besaran UKT ini berlaku untuk seluruh mahasiswa, baik dari jalur SNBT, SNBP, maupun Mandiri dan dibayarkan setiap semester. 

Namun, bagi mahasiswa yang diterima di jalur mandiri dan mendapat UKT Pendidikan Unggul, akan ada  Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) sebesar Rp30.000.000 untuk bidang Ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan yang dibayarkan sekali pada awal masuk. 

Rp20.000.000 untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora

  • UKT Pendidikan Unggul: Rp12.300.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 25%: Rp9.225.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 50%: Rp6.150.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 75%: Rp3.075.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100%: Rp0

2. Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional

jurusan bahasa jepang
jurusan bahasa jepang

Para pecinta kebudayaan Jepang wajib tahu dengan jurusan baru di UGM yang satu ini! Jurusan Bahasa Jepang untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (BJ Kombispro) merupakan jurusan yang baru dibuka oleh Sekolah Vokasi UGM di tahun 2023. Jurusan ini dibuka untuk jenjang pendidikan Diploma 4 (D4) selama 4 tahun. Setelah lulus, mahasiswa BJ Kombispro akan memperoleh gelar Sarjana Terapan Linguistik (S.Tr.Li.). 

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah seputar tata bahasa jepang mulai dari dasar, kanji, hingga berbagai praktikum berbicara oral, menulis dan mengarang, menulis ilmiah, hingga public speaking dalam bahasa Jepang. Materi terkait komunikasi, etiket, hingga produksi audio visual berbahasa Jepang juga diajarkan di jurusan ini. Dengan berbagai materi ini, mahasiswa ditargetkan untuk bisa mencapai level B1 menuju B2 (atau minimal setara dengan Japanese Language Proficiency Test/JLPT Level N3).

Biaya kuliah jurusan bahasa jepang untuk komunikasi bisnis dan profesional

Ketentuan biaya kuliah jurusan ini sama dengan jurusan teknik SDA di atas. Namun, bagi mahasiswa yang diterima di jalur mandiri dan mendapat UKT Pendidikan Unggul, akan ada  Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) sebesar Rp20.000.000 untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora yang dibayarkan sekali pada awal masuk. 

  • UKT Pendidikan Unggul: Rp11.400.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 25%: Rp8.550.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 50%: Rp5.700.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 75%: Rp2.850.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100%: Rp0

Kedua jurusan baru di UGM ini bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan studi nantinya. Selain itu, peluangnya pun masih sangat besar dibandingkan dengan jurusan lainnya di UGM. Apakah kamu berminat untuk kuliah di jurusan ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.