Jurusan dan Informasi Lengkap Kelas Internasional ITB

oleh | Nov 1, 2019 | Blog | 0 Komentar

ITB atau Institut Tinggi Bogor merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Jawa Barat. Sebenarnya tidak hanya di Jawa Barat, nama ITB juga mengudara sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia dan bertahan selama beberapa tahun lamanya. Hal ini disebabkan proses perkuliahan ITB yang memiliki standard tinggi untuk setiap program studi yang ditawarkan.

Selain kelas reguler yang disediakan, beberapa tahun belakangan, ITB juga menyediakan kelas internasional bagi mahasiswa yang ingin menimba ilmu di kampus ini. Nah, kelas internasional ITB adalah salah satu pilihan yang tepat, terutama untuk mereka yang ingin belajar lebih intensif dan mendapatkan pengalaman global dalam proses perkuliahan yang dijalankan.

Tentu, kelas internasional ITB ini memiliki beberapa standard yang berbeda dibandingkan dengan kelas reguler yang diambil. Selain itu, untuk kelas internasional, biaya perkuliahan secara umum juga lebih mahal.

Mengenal Sekilas Tentang Kelas Internasional ITB

Alasan kenapa ITB mengadakan kelas internasional awalnya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan kampus untuk menghadapi persaingan global yang semakin lama semakin ketat. Hal ini tentu saja beralasan karena semakin lama, iklim persaingan dunia perkuliahan akan semakin bervariasi dan mereka yang tidak berkembang akan kalah.

Melalui kelas internasional ITB, pihak kampus berusaha untuk menatap dunia jauh lebih luas. Perkuliahan tidak hanya melibatkan pihak ITB dari dalam, namun juga melibatkan pihak universitas luar negeri sebagai mitra dalam dunia perkuliahan.

Selain itu, kelas internasional ini juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di mana memacu mahasiswa untuk beradaptasi dengan pergaulan yang lebih global. Tidak hanya hubungan dosen dan mahasiswa, percakapan antar mahasiswa di dalam kelas pun akan menggunakan bahasa Inggris.

Hal lain dari tujuan dibukanya kelas internasional ITB adalah untuk menarik minat mahasiswa yang berasal dari luar negeri. ITB sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia senantiasa ingin melebarkan sayap dalam pergaulan dunia akademik yang lebih luas. Dengan adanya kelas internasional tersebut, potensi mendapatkan mahasiswa luar negeri jauh lebih besar.

Mahasiswa luar negeri tersebut tentu akan memberikan keuntungan. Bagi kampus, kehadiran mereka akan meningkatkan penilaian ITB di mata masyarakat umum. Selain itu, bagi mahasiswa ITB, kehadiran mahasiswa asing tersebut akan membuat pergaulan mereka jauh lebih luas dan bervariasi.

Ragam Program Internasional ITB     

Dalam perjalanannya, kelas internasional ITB membuka beberapa program studi untuk ditawarkan. Memang, belum semua program studi di ITB memiliki kelas internasional. Hal ini dikarenakan adanya akreditasi atau standard yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum bisa membuka kelas internasional.

Sekarang ini, ada setidaknya tujuh jurusan internasional ITB yang telah secara resmi dibuka. Adanya beberapa pilihan tersebut tentu saja bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih mana jurusan yang tepat untuk kuliah dengan rasa internasional.

Adapun beberapa jurusan kelas internasional ITB yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Sains dan Teknologi Farmasi, yang masuk dalam Fakultas Farmasi
  • Farmasi klinis dan komunitas, yang masuk dalam Fakultas Farmasi
  • Teknik lingkungan, yang masuk dalam Fakultas Sipil dan Teknik Lingkungan
  • Teknik kimia, yang masuk dalam Fakultas Teknologi Industri
  • Teknik mekanik yang masuk dalam Fakultas Mekanik dan Teknik Aerospace
  • Manajemen, yang masuk dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ketujuh program studi tersebut adalah program dari kelas internasional ITB yang tersedia untuk dipertimbangkan menjadi titik berlabuh guna melanjutkan studi hingga mendapatkan gelar sarjana. Manajemen adalah salah satu program studi pertama yang mendapatkan pilihan kelas internasional dan menjadi salah satu program studi favorite yang banyak diambil calon mahasiswa.

Dalam perkembangannya, ITB mengatakan bahwa ada beberapa kelas internasional ITB lain yang akan dibuka. Dari rencana yang beredar, fakultas seni dan desain menjadi salah satu pertimbangan untuk dimasukkan ke dalam pilihan kelas internasional. Hal ini dikarenakan minat mahasiswa asing terkait seni dan desain bisa dikatakan cukup tinggi.

Selain itu, untuk pendaftaran mahasiswa kelas internasional, ada cara berbeda mengenai jalur masuk program internasional ITB. Hal ini dikarenakan program kelas internasional ITB merupakan murni dari wewenang kampus. Oleh karena itu, detail pendaftaran akan diatur oleh pihak ITB.

Dari beberapa tahun sebelumnya, pendaftaran kelas internasional ITB ini dilakukan dengan sistem online. ITB akan mengumumkan bagaimana tata cara berikut kapan waktu pendaftaran kelas internasional ini secara lebih detail dan lanjut melalui website resmi mereka.

Persyaratan Umum Kelas Internasional ITB

Sebagaimana disinggung di awal bahwa kelas internasional ITB adalah kelas khusus yang dibuka oleh ITB untuk menampung mahasiswa yang ingin kuliah dengan standard yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan dalam kelas internasional, bahasa interaksi yang digunakan adalah bahasa Inggris. Selain itu, ITB juga membangun kemitraan dengan universitas di luar negeri.

Adanya hubungan kemitraan ini memberikan peluang untuk terjadinya pertukaran mahasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Hal ini tentu merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan peta pergaulan mahasiswa kelas internasional ITB secara lebih global.

Oleh karena itu, wajar jika ada beberapa persyaratan yang dibebankan untuk calon mahasiswa yang ingin masuk ke kelas internasional ITB. Adapun syarat secara umum yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke kelas internasional tersebut adalah sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa merupakan lulusan dari sekolah menengah atas atau sederajat dengan maksimal masa aktif ijazah 3 tahun setelah kelulusan.
  • Berusia maksimal 22 tahun pada saat proses pendaftaran kelas internasional ITB.
  • Memiliki bukti kemampuan berbahasa Inggris menggunakan dokumen resmi. Adapun kemampuan berbahasa Inggris dinilai dengan dokumen TOEFL berbasis internet atau IBT dengan skor minimal 61 atau IELTS dengan skor minimal 5,5.
  • Menunjukkan nilai potensi akademik yang tinggi di mana diukur dengan skor dalam beberapa tes, seperti 1) skor tes umum SAT, dan 2) skor tes kualifikasi akademik dari ITB yang dilakukan jika calon mahasiswa tidak mengikuti SAT.
  • Menunjukkan nilai akademik yang baik sebagaimana ditunjukkan dengan dokumen atau rapor selama masa studi sekolah menengah pertama.
  • Tidak memiliki masalah buta warna, baik sebagian ataupun total, terutama untuk beberapa program studi tertentu, seperti Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinis dan Komunitas serta Teknik Kimia.

Dari beberapa penjelasan di atas bisa dilihat jika ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar untuk bisa masuk dan diterima di kelas internasional ITB. Tentu saja, setiap syarat tersebut harus dipenuhi dengan baik.

Sebagai informasi tambahan, dikarenakan kelas internasional ITB menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, maka bahasa yang sama akan diterapkan untuk soal internasional ITB. Dalam hal ini, seluruh soal yang digunakan selama proses seleksi masuk mahasiswa kelas internasional di ITB akan menggunakan soal berbahasa Inggris.

Selain itu, setiap pendaftar atau calon mahasiswa harus mengetahui tentang tes AQ ITB atau yang setara dengan tes kualifikasi akademik internasional untuk masuk dan mendapatkan gelar sarjana di kelas internasional ITB. Sebagaimana disinggung di awal bahwa mereka yang sudah mengikuti SAT maka tidak perlu untuk mengikuti tes ini.

Namun, pada dasarnya, tes AQ ITB adalah tes awal yang akan dihadapi oleh calon mahasiswa kelas internasional ITB untuk seleksi masuk. Jika mereka gagal dalam tes ini, maka secara otomatis mereka akan gugur dan pulang dengan tangan hampa.

Dalam hal ini, tes AQ ITB adalah tes yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif serta kemampuan penalaran dari calon mahasiswa. Adapun penjabaran mengenai ketiga tes tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tes verbal merupakan tes yang akan memadukan kemampuan individu untuk menyelesaikan beragam masalah terkait kata dan bahasa
  • Tes kuantitatif akan mengukur pemahaman individu terkait beragam jenis konsep matematika dan juga menerapkan angka-angka logika guna menyelesaikan masalah
  • Tes penalaran akan mengukur kemampuan individu untuk memilih serta mengatur informasi yang relevan dan tepat terkait pemecahan dari suatu masalah.

Dilihat dari detail tes, bisa dilihat bahwa tes AQ ITB ini cukup kompleks. Biasanya, untuk seleksi kelas internasional ITB, tes ini akan diselenggarakan dengan format CAT atau Computer Assisted Test dan setiap calon mahasiswa akan diberikan waktu 150 menit untuk mengerjakan semua soal yang telah disiapkan dalam bahasa Inggris.

Biaya dan Pembayaran Kelas Internasional ITB

Hal lain yang penting untuk diketahui perihal kelas internasional ITB adalah biaya kuliah program internasional ITB. Sebagaimana telah disinggung di awal bahwa secara umum, biaya yang perlu dikeluarkan untuk kelas internasional akan lebih mahal dibandingkan dengan kelas regular yang disediakan oleh ITB.

Tentu, besaran biaya kelas internasional ITB yang lebih tinggi tersebut masuk akal karena dalam praktiknya, kelas internasional akan memberikan pelayanan yang berbeda dengan kelas regular. Selain itu, para mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri menuju ke universitas mitra yang telah ditetapkan sejak awal.

Lantas, bagaimana dengan rincian dari besaran biaya untuk masuk dan bergabung dengan kelas internasional ITB tersebut? Dalam hal ini, ada beberapa rincian pembiayaan yang harus dipahami oleh para calon mahasiswa. Adapun rincian pembiayaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Biaya pendaftaran program kelas internasional ITB adalah Rp 1.000.000 dan tidak termasuk biaya transfer antar bank. Biaya tersebut dibebankan untuk setiap pengajuan kepada pihak ITB sebagai penyelenggara.
  • Biaya penyelenggaraan tes AQ ITB adalah sekitar Rp 1.250.000. Biaya ini tidak termasuk untuk biaya transfer antar bank dan biaya dihitung setiap satu pengajuan.
  • Biaya pendidikan untuk perkuliahan. Biaya ini mencakup beberapa hal yang harus dipenuhi selama proses perkuliahan berlangsung. Dalam hal ini, ada pembedaan mengenai rincian biaya pendidikan selama perkuliahan tersebut, seperti:
  • Biaya perkuliahan untuk mahasiswa yang merupakan warga negara Indonesia yang mengambil jurusan di luar program manajemen adalah Rp 30.000.000 per semester belum termasuk biaya transfer bank. Untuk mahasiswa yang mengambil program studi manajemen, besaran biaya per semester adalah Rp 40.000.000 tidak termasuk biaya transfer bank.
  • Biaya perkuliahan untuk mahasiswa yang merupakan warga negara asing adalah Rp 22.500.000 untuk bayaran pendaftaran mahasiswa baru dan tidak termasuk biaya transfer antar bank. Untuk biaya kuliah per semester, besaran biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 42.000.000 untuk program studi non-manajemen dan Rp 46.500.000 untuk program studi manajemen belum termasuk biaya transfer bank.

Besaran biaya tersebut harus diperhatikan dengan saksama. Jika dilihat dari besaran biaya tersebut, tergambar dengan cukup jelas bahwa memang biaya kuliah kelas internasional ITB lebih mahal dibandingkan kelas regular. Hanya saja, biaya ini sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan oleh setiap mahasiswa yang mengambil kelas tersebut.

Hal lain terkait pembayaran kelas internasional ITB untuk diketahui adalah bahwa biaya pendidikan tersebut tidak mencakup beberapa hal, seperti:

  • Biaya program kemitraan dengan universitas luar negeri. Hal ini dikarenakan biaya tersebut akan dipaparkan lebih lanjut secara terpisah. Selain itu, besaran biaya kemitraan juga berbeda-beda tergantung dari jenis program akademik yang diambil dan juga biaya hidup di universitas kemitraan tersebut.
  • Biaya hidup dan akomodasi yang dibutuhkan selama proses perkuliahan di kelas internasional ITB.
  • Biaya buku pelajaran yang diperlukan selama proses perkuliahan berlangsung dan biaya pendidikan lainnya.
  • Biaya kebutuhan pribadi yang dibutuhkan selama perkuliahan baik kebutuhan pribadi di ITB dan juga kebutuhan pribadi di universitas kemitraan.

Selain itu, masih terkait pembayaran mengenai kelas internasional ITB, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dengan baik. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Secara kelembagaan, ITB tidak akan menyediakan dukungan finansial kepada para peserta kelas internasional ITB seperti beasiswa, pembebasan biaya perkuliahan atau pengabaian biaya perkuliahan khusus untuk kelas internasional.
  • Pembayaran untuk pendaftaran dan tes harus dilakukan selama masa pendaftaran yang telah ditetapkan. Tidak ada kompensasi mengenai keterlambatan pembayaran.
  • Biaya perkuliahan pertama harus dibayarkan setelah calon mahasiswa diterima secara resmi menjadi bagian dari kelas internasional ITB.
  • ITB tidak akan mengembalikan biaya pembayaran yang sudah dibayarkan, terutama untuk pendaftaran dan keikutsertaan tes.
  • Prosedur pembayaran akan diperbarui dan bisa dilihat di website resmi ITB.

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kelas Internasional ITB

Hal lain yang cukup penting untuk disimak mengenai pendaftaran kelas internasional ITB adalah jadwal dari pendaftaran mahasiswa baru. Setiap tahun, pihak ITB akan membuka kelas internasional yang bisa diikuti. Oleh karena itu, bagi para lulusan sekolah menengah atas yang hendak mendaftar, jadwal pendaftaran mahasiswa baru menjadi penting untuk diketahui.

Selain itu, perlu diketahui bahwa masa pendaftaran kelas internasional ITB ini berbeda dengan jalur regular yang biasanya dibuka secara serentak di banyak universitas di Indonesia. Khusus untuk kelas internasional ini, ITB memberikan jadwal yang berbeda dan dibuka sesuai dengan kebijakan kampus.

Untuk tahun 2019 ini, bagi lulusan sekolah menengah pertama yang hendak mendaftar bisa mengikuti program pendaftaran gelombang kedua. Adapun rincian masa pendaftaran kelas internasional ITB gelombang kedua adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran secara online: 24 April hingga 24 Juni 2019
  • Masa pendaftaran terakhir: 24 Juni 2019
  • Pendaftaran tes AQ ITB periode tes bulan Mei: 24 April hingga 16 Mei 2019
  • Pelaksanaan tes AQ ITB Mei: 23 Mei 2019
  • Pendaftaran tes AQ ITB periode tes bulan Juni: 24 Mei hingga 24 Juni 2019
  • Pelaksanaan tes AQ ITB Juni: 29 Juni 2019
  • Pengumuman hasil seleksi: 11 Juni 2019
  • Batas waktu untuk konfirmasi pembayaran: 31 Juli 2019.

Demikian beberapa ulasan terkait kelas internasional ITB. Tentu, bergabung dengan kelas internasional akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa. Selain sistem perkuliahan yang berbeda, kesempatan untuk merasakan kuliah di universitas kemitraan di luar negeri akan lebih mudah untuk didapatkan. Cek informasi lebih lanjut dan pilih program studi sesuai minat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Cara Dan Tahapan Pendaftaran AKPOL Terbaru

Akademi kepolisian atau sering disebut juga dengan AKPOL merupakan sebuah sekolah ikatan dinas yang dinaungi oleh kalemdikpol dengan tujuan untuk mendidik dan mencetak para taruna Akpol menjadi perwira polri nantinya.