Jurusan Manajemen Pemasaran dan Prospek Kerja yang Selalu Dibutuhkan!

by | Nov 7, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 comments

Jurusan Manajemen Pemasaran – Orang dewasa rata-rata menyadari bahwa kebutuhan kerja sekarang ini yang banyak dicari adalah marketing atau juru pemasaran. Hal ini membuktikan bahwa jurusan manajemen pemasaran juga menjadi pembelajaran penting yang harus dikuasai untuk bekal masa depan.

Aspek industri dan juga ekonomi dunia juga selalu mengalami pergerakan dan inovasi, itulah mengapa jurusan manajemen pemasaran jadi ilmu penting dan kesempatan emas untuk mendapatkan karir yang bagus nantinya.

Kuliah Jurusan Manajemen Pemasaran

Perkuliahan jurusan manajemen pemasaran akan mempelajari bagaimana perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan dan juga evaluasi pada proses pemasaran barang atau jasa pada suatu perusahaan. Tujuan setiap perusahaan sendiri adalah untuk membangun bisnis. Oleh karena itu mereka membutuhkan orang yang kompeten dalam membangun, mendapatkan, mempertahankan sampai dengan menumbuhkan target pasar dengan menjaring pelanggan yang tepat.

Baca juga: Intip 5 Prospek Kerja Ilmu Kesejahteraan Sosial Di Sini

Untuk mendapatkan pelanggan tersebut, kamu juga diharuskan untuk bisa membaca target konsumen dan bahkan juga memahami perilaku konsumen yang dinamis. Karena dengan menjaring konsumen dengan target yang tepat sasaran akan semakin memperbesar peluang mendapatkan pelanggan, serta mengurangi resiko kerugian biaya dalam promosi.

Lulusan manajemen pemasaran harus bisa menguasai analisa pasar, teori harga, segmentasi pasar, pemilihan metode dan media promosi/iklan dan aspek-aspek dalam kegiatan marketing lainnya. Keahlian lainnya yang harus dikuasai adalah:

  • Kemampuan Komunikasi
  • Kemampuan berpikir kreatif
  • Kemampuan observasi
  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan problem solving (pemecahan masalah)
  • Kemampuan bekerja dalam tim
  • Tekun, detail dan rasional

Prospek Kerja dalam Pemasaran

Beberapa rekomendasi karir yang menjadi prospek utama lulusan manajemen pemasaran adalah:

1.    Business Development

Pertama, jurusan ini akan bertanggung jawab dalam mengembangkan pemasaran perusahaan dengan melalui interaksi dengan pelanggan, pasar dan relasi bisnis. Ketiga hal ini akan menunjukkan hal apa yang dibutuhkan supaya perusahaan bisa lebih berfokus untuk mengembangkan dan mempertahankannya di pasaran.

2.    Customer Service

Kedua, customer service yang sudah terbukti banyak sekali tempat yang menggunakan peran customer service ini. Posisi ini akan membutuhkan seseorang dengan keahlian komunikasi serta pelayanan pelanggan, dan termasuk pemasaran produk.

3.    Sales

Kamu pasti juga sudah sangat tidak asing dengan posisi ini. Sales akan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan produk dari perusahaan kepada konsumen baru dan juga dengan pelanggan. Rata-rata perusahaan menyediakan posisi sales dalam satu divisi marketing, dan terdiri dalam tim. Untuk pembagiannya biasanya akan menyebar ke berbagai wilayah.

4.    Account Officer

Posisi account officer ini akan lebih banyak dijumpai dalam Bank. Mereka akan bertanggung jawab dalam mengelola pembukuan keuangan, termasuk dengan pemasaran kredit dan juga pemasaran produk kepada klien. Posisi ini membutuhkan kemampuan marketing dan juga harus bisa melakukan perhitungan resiko dan pengembalian pinjaman yang dilakukan klien.

5.    Market Researcher

Selanjutnya, posisi ini juga jadi posisi penting dalam pemasaran suatu produk/jasa pada suatu perusahaan. Market researcher akan menjadi perencana dan menganalisa bagaimana produk yang akan diterjunkan ke pasar. Seorang market researcher juga bisa menjual jasa kepada klien berupa perusahaan yang butuh penganalisa untuk menghasilkan produk baru.

6.    Telemarketer

Telemarketer adalah salah satu posisi yang juga bertanggung jawab dalam memasarkan produk dengan melalui telepon. Hal ini pasti sudah bisa dibayangkan karena posisi ini sudah banyak sekali ditemui. Mereka akan melakukan promosi kepada calon pelanggan, dan tentunya dituntut untuk bisa menguasai trik-trik memasarkan produk dengan cara yang baik.

Bagaimana, tertarik masuk jurusan manajemen marketing? Kira-kira nantinya kamu tertarik bekerja jadi apa?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan