Ingin Diajar Dian Sastro? Yuk, Kuliah di Jurusan Produksi Media UI

by | Nov 28, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja, PTN | 0 comments

Jurusan produksi media UI – Pernah lihat postingan viral di media sosial soal Dian Sastro hingga Reza Rahadian tiba-tiba yang jadi dosen di UI? Sebagai seniman yang aktif di dunia perfilman, para aktor dan aktris beken ini seringkali diundang menjadi dosen tamu untuk berbagi pengalaman kepada mahasiswa, salah satunya di jurusan Produksi Media UI. 

Mau juga menjadi mahasiswa yang diajar oleh Dian Sastro atau seniman kenamaan lainnya? Kamu bisa mengambil kuliah jurusan Produksi Media di Universitas Indonesia. Namun, sebelum itu, mari berkenalan lebih dekat dengan jurusan satu ini. Cek rangkuman berikut, ya!

Apa itu jurusan produksi media?

perkuliahan jurusan produksi media
perkuliahan jurusan produksi media

Produksi media adalah jurusan yang mempelajari tentang pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk menghasilkan karya kreatif yang diproduksi di media komunikasi seperti radio, televisi, dan saluran komunikasi lainnya. Karya kreatif ini bisa bermacam bentuknya, mulai dari konten digital, animasi, game, NFT, konten iklan, konten audio, desain visual, e-sport, konten musik, film eksperimental, konten streaming, konten foto, hingga berbagai saluran komunikasi lainnya. 

Program studi produksi media dibuka untuk jenjang D4 atau sarjana terapan yang setelah lulusnya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Ilmu Komunikasi (S.Tr.I.Kom.). Sebagai program vokasi, jurusan ini menerapkan 70% praktik dan 30% teori dalam perkuliahannya. Jadi, kemampuanmu secara praktikal akan sangat terlatih selama menempuh kuliah di jurusan satu ini. 

Meskipun jurusan produksi media mungkin masih asing terdengar dibandingkan jurusan populer lainnya di UI, jurusan ini sering berkolaborasi dengan praktisi di dunia kreatif terkenal. Mulai dari produser film, jurnalis, aktor atau aktris, hingga para pekerja kreatif di perusahaan besar seperti Spotify, Google, Vidio, hingga Microsoft pernah menjadi dosen profesional di jurusan ini. 

Baca juga: Pasti Kerja! 7 Jurusan Kuliah Yang Banyak Dicari Perusahaan BUMN

Materi kuliah jurusan produksi media UI

Di jurusan ini, kamu akan belajar berbagai materi kuliah seputar produksi media dengan ruang lingkup sebagai berikut:

  1. Electronics and Robotics
  2. Exhibit Curation and Design
  3. Creative Coding
  4. Media Art
  5. Interactive Design
  6. Video Game Design
  7. Digital Project Management

Prospek kerja produksi media

Lulusan jurusan produksi media banyak dibutuhkan di berbagai industri seperti studio film, studio animasi, agensi desain visual, perusahaan media, studio konten, perusahaan IT, studio game, perusahaan layanan streaming, start up, konsultan media, BUMN, dan berbagai perusahaan lainnya yang membutuhkan pekerja kreatif. 

Di dunia kerja, lulusan produksi media dapat bekerja sebagai Digital Content Creator, IT Manager, Game Designer, UI/UX Designer, Digital Media Planner & Analyst, Film Producer, Comic Creator, Big Data Analyst, E-sport Creator & Practitioner, Animator, Music Producer, Media Intelligence, hingga pengusaha atau technopreneur di bidang media dan teknologi. 

Sertifikasi lulusan produksi media UI

Ternyata, selain bisa mendapatkan ijazah D4 Produksi Media, para lulusan juga akan memperoleh sertifikat dari lembaga sertifikasi kompetensi yang diakui secara nasional. Sertifikat ini juga bisa digunakan sebagai bukti kompetensi di bidang tertentu sebagai salah satu dokumen kerja. Beberapa sertifikat kompetensi yang akan didapatkan, yaitu:

  • Sertifikat Kompetensi Content Creator
  • Sertifikat Kompetensi Social Media Specialist
  • Sertifikat Kompetensi Manajemen Produksi Film
  • Sertifikat Kompetensi Game Designer 

Jika kamu tertarik untuk bekerja di dunia kreatif, tidak ada salahnya untuk membidik jurusan produksi media ini, loh! Kapan lagi kamu merasakan belajar langsung dari para profesional di dunia kreatif di dunia kampus.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan