Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Kamu Memiliki Minat dan Bakat di Bidang Seni? Simak di Sini Berbagai Jurusan Kuliah Seni!

oleh | Sep 12, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kuliah Seni – Bagi kamu yang sekarang duduk di bangku kelas XII SMA, terkadang bingung saat memilih dan menentukan jurusan kuliah yang ingin diambil. Kamu yang akan kuliah perlu mengenal minat di bidang jurusan kuliah. Salah satu bidang jurusan kuliah yaitu seni, jika kamu memiliki minat dan bakat yang kreatif, mungkin jurusan seni cocok untuk kamu ambil.

Jurusan seni merupakan jurusan yang sangat membutuhkan ide dan kreativitas yang tinggi. Jurusan ini merupakan jurusan yang menarik untuk dipelajari. Bagi kamu yang memiliki minat dan bakat di bidang kesenian, simak daftar jurusan di bidang seni berikut ini.

Seni Rupa

Mahasiswa di jurusan Seni Rupa mempelajari seni rupa mulai dari proses penciptaan, pembuatan, sampai pengkajian karyanya. Tidak hanya praktik, kamu juga akan mempelajari berbagai teori Seni Rupa. Kuliah di jurusan ini membantumu menyalurkan kreativitas dengan berbagai macam seni rupa seperti seni lukis, patung, grafis, dan ilmu seni.

Seni Karawitan

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari seni musik tradisional atau daerah, khususnya di Jawa dan Bali. Di jurusan Seni Karawitan, kamu akan belajar memainkan berbagai instrumen musik tradisional. Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar teknik vokal dalam musik tradisional.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang punya kepedulian tinggi terhadap keberadaan seni budaya lokal. Mahasiswa di jurusan ini diharapkan untuk bisa melestarikan seni tradisional di jaman modern ini.

Desain Interior

Jurusan selanjutnya yaitu Desain Interior. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang perancangan dan perencanaan penataan suatu ruang bangunan. Jurusan Desain Interior mengkaji optimalisasi pemanfaatan ruangan dari sisi fungsi, estetika, dan kenyaman pengguna ruangan.

Desain Produk

Desain Produk merupakan jurusan yang mempelajari proses pembentukan dan pengembangan ide dalam menciptakan produk baru. Tujuan adanya jurusan ini untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari pembuatan produk secara inovatif, memiliki keindahan, bernilai ekonomis, serta produk yang nyaman digunakan.

Baca juga Tertarik Kuliah di Bidang Seni? Ini Dia Kampus yang Membuka Jurusan Seni

Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual memiliki makna untuk menyampaikan suatu informasi yang terdapat pada desain itu sendiri. Di jurusan ini, kamu akan belajar menggunakan bahasa rupa dalam menyampaikan ide kreatif dan solutif pada format konvensional dan digital. Mahasiswa jurusan DKV harus bisa mengolah pesan yang ada dengan efektif, informatif, dan komunikatif.

Seni Tari

Seni Tari merupakan jurusan yang mengekspresikan diri melalui gerakan-gerakan tubuh yang diiringin musik dengan wujud yang ekspresif, berirama, dan memiliki makna tertentu. Setiap tarian memiliki pesan yang ingin disampaikan dan mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai sarana upacara, hiburan, media pendidikan, dan seni pertunjukan.

Animasi

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut dan memunculkan adanya ilusi gerakan pada gambar yang ditampilkan. Lulusan jurusan Animasi memiliki banyak peluang kerja dengan tawaran penghasilan yang tinggi. Animasi merupakan bagian dari jurusan Desain Komunikasi Visual, namun ada beberapa kampus yang membuka jurusan Animasi sendiri.

Fotografi

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia fotografi, bisa menjadikan jurusan ini sebagai pilihan. Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana teknik pengambilan gambar untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Seni Teater

Mahasiswa Seni Teater mempelajari berbagai ilmu tentang seni pertunjukan, mulai dari teatrikal, musik, sampai seni klasik. Mahasiswa jurusan ini dididik agar memiliki kemampuan dalam menganalisis seni serta memainkan peran. Selain itu, juga memiliki kemampuan dalam mengekspresikan gagasan ke dalam bentuk seni pertunjukan.

Seni Musik

Jurusan Seni Musik merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana meneliti, merancang, dan menyajikan musik untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Cakupan di jurusan ini cukup luas yaitu mencakup vokal, alat musik, pertunjukan musik, sampai sejarah musik. Sebagai mahasiswa Seni Musik, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan dan kreatifitas tinggi dalam menciptakan lagu.

Tata Rias

Di jurusan Tata Rias, kamu akan mempelajari struktur wajah, teknik menghias wajah, serta berbagai alat kecantikan. Di jurusan ini, kamu akan banyak praktik tentang pengaplikasian produk kosmetik dan produk perawatan lainnya. Jurusan ini diharapkan bisa menyiapkan para mahasiswanya menjadi ahli dan profesional di bidang tata rias.

Tata Busana

Para mahasiswa Tata Busana akan mempelajari memilih bahan untuk rancangan, merancang busana, membuat pola, hingga menjahit. Selain itu, kamu juga akan diajarkan teknik mendesain, teknik menjahit, dan seluk beluk produksi busana. Mahasiswa jurusan Tata Busana juga belajar mengenai dunia mode, tren fashion, dan bisnis fashion.   

Seni Kriya

Mahasiswa di jurusan Seni Kriya menciptakan barang-barang seni yang berguna dan memiliki fungsi. Dengan menggeluti seni kriya, kamu akan mendapat bekal imu dengan kreativitas, pengetahuan, dan keterampilan menciptakan karya rupa. Kamu diajarkan untuk mengolah karya seni berestetik tinggi tanpa meninggalkan nilai fungsinya.

Televisi dan Film

Dunia perfilman di Indonesia sedang berkembang saat ini, sehingga peluang kerja untuk lulusan jurusan Televisi dan Film semakin menjanjikan. Para mahasiswa di jurusan ini akan dibekali dengan kreativitas, estetika, bagaimana caranya menggunakan kamera, dan aspek teknis guna memproduksi tayangan yang berkualitas. Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin berkarir di media pertelevisian.

Itulah artikel mengenai Kamu Memiliki Minat dan Bakat di Bidang Seni? Simak di Sini Berbagai Jurusan Kuliah Seni! Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin kuliah di bidang seni.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…