Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ketentuan, Materi Ujian, dan Jadwal Seleksi Mandiri Unsil

oleh | Jul 15, 2022 | Blog, PTN | 0 Komentar

Seleksi Mandiri Unsil – Universitas Siliwangi (Unsil) merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Universitas Siliwangi membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri (SM). Unsil memberi kesempatan bagi calon mahasiswa yang belum diterima/belum memanfaatkan fasilitas jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SMM PTN-Barat.

SM Unsil dilaksanakan terdiri dari 2 kriteria yaitu Jalur Umum dan Jalur Khusus. Pendaftaran jalur ini ditutup apabila jumlah pendaftar program D3 dan S1 telah mencapai 3.000 peserta pendaftar dan atau tanggal 21 Juli 2022 pukul 14.00 WIB. Bagi kamu yang berminat untuk mnedaftar di jalur ini, simak ketentuan dan informasi lengkapnya di bawah ini.

2 Kriteria Seleksi Mandiri (SM) Unsil

  1. Jalur Umum, dengan kriteria: lulusan SMA/MA/SMK/sederajat/lulusan Paket C tahun 2022, 2021, atau 2020 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.
  2. Jalur Khusus, dengan kriteria:
  • Jalur Tahfidz Al-Qur’an, diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat/lulusan Paket C tahun 2022, 2021, atau 2020 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022, serta memiliki sertifikat/surat keterangan Tahfidz Al-Qur’an minimal 10 juz yang bertandasahkan oleh Kementerian Agama setempat atau memiliki sertifikat peraih medali emas/perak/perunggu di bidang tahfidz minimal tingkat provinsi.
  • Jalur Prestasi, diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat/lulusan Paket C tahun 2022, 2021, atau 2020 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022, serta memiliki sertifikat prestasi peraih medali emas, medali perak, atau medali perunggu minimal tingkat provinsi.

Ketentuan Umum

Kelulusan SM Unsil ditetapkan berdasarkan:

  • Jalur Umum yaitu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer SM Unsil.
  • Umum yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani yaitu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer SM Unsil dan hasil tes keterampilan.
  • Jalur Tahfidz yaitu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer SM Unsil dan hasil tes kemampuan tahfidz.
  • Jalur Prestasi yaitu hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Mandiri dan hasil tes kemampuan prestasinya.

Jadwal Seleksi Mandiri 2022 Diploma (D3) dan Sarjana (S1)

  • Pendaftaran: 8-21 Juli 2022 pukul 14.00 WIB
  • Pelaksanaan UTBK: 23-27 Juli 2022 (jadwal akan tercantum pada kartu ujian)
  • Tes keterampilan untuk yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani baik pilihan 1 maupun pilihan 2: 28 Juli 2022 pukul 07.30 WIB bertempat di Universitas Siliwangi
  • Tes Tahfidz untuk peserta yang menggunakan Jalur Tahfidz: 28 Juli 2022 pukul 07.30 WIB bertempat di Universitas Siliwangi
  • Tes Prestasi untuk peserta yang menggunakan Jalur Prestasi: 28 Juli 2022 pukul 07.30 WIB bertempat di Universitas Siliwangi
  • Pengumuman hasil kelulusan: 30 Juli 2022 pukul 15.00 WIB
  • Registrasi online, pembayaran UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) ke bank yang ditunjuk: 1-5 Agustus 2022

Baca juga Pendaftaran Universitas Esa Unggul Punya Beberapa Jalur, Yuk, Cek di Sini!

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

No Program Studi Kelompok Saintek Program Studi Kelompok Soshum
1 Pendidikan Matematika S1 Pendidikan Masyarakat S1
2 Pendidikan Biologi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia S1
3 Agroteknologi S1 Pendidikan Bahasa Inggris S1
4 Agribisnis S1 Pendidikan Ekonomi S1
5 Teknik Elektro S1 Pendidikan Geografi S1
6 Teknik Sipil S1 Pendidikan Sejarah S1
7 Informatika S1 Pendidikan Jasmani S1
8 Kesehatan Masyarakat S1 Ekonomi Pembangunan S1
9 Pendidikan Fisika S1 Manajemen S1
10 Gizi S1 Akuntansi S1
11 Sistem Informasi S1 Perbankan dan Keuangan D3
12   Ilmu Politik S1
13   Ekonomi Syariah S1

  • Program studi yang ditawarkan di Unsil dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok Saintek dan Soshum.
  • Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 2 program studi pada kelompok yang sama (Saintek/Soshum) atau kelompok Campuran.

Materi Ujian

Materi yang diujikan pada SM Unsil adalah Tes Keterampilan Skolastik (TKS) dan Tes Keterampilan Akademik (TKA) dengan metode tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dirancang sesuai kaidah-kaidah akademik untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking).

Biaya Pendaftaran

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.
  • Biaya pendaftaran bagi peserta yang memilih program studi Pendidikan Jasmani baik pilihan 1 atau pilihan 2 sebesar Rp350.000.
  • Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui Bank BTN dengan menyerahkan nomor formulir pendaftaran).

Biaya Perkuliahan

Biaya perkuliahan jalur SM Unsil terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

  1. Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • Peserta Kriteria Umum, UKT ditetapkan berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa, mulai kelompok 1 sampai 8 yang besarannya sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Peserta Kriteria Khusus (Tahfidz dan Prestasi), UKT ditetapkan berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau pihak lain yang membiayai mahasiswa, mulai kelompok 1 sampai 3 yang besarannya sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Iuran Pengembangan Institusi (IPI)

Peserta yang lulus SM Unsil dikenakan IPI satu kali selama kuliah dengan besaran mulai dari Rp0,00 s.d. Rp25.000.000 dan dibayarkan sesuai isian kesanggupan pada saat pendaftaran. IPI tidak dikenakan kepada calon mahasiswa yang menggunakan Jalur Tahfidz dan Jalur Prestasi.

Itulah artikel Ketentuan, Materi Ujian, dan Jadwal Seleksi Mandiri Unsil. Semoga artikel di atas bisa kamu jadikan referensi bagi yang ingin mendaftar dan mengikuti seleksi jalur ini.  


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!