Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Ketentuan, Tata Cara Pendaftaran, dan Jadwal Seleksi Mandiri (SEMA S-1) UPNVJ

oleh | Jun 23, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Seleksi Mandiri UPNVJ – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki julukan Kampus Bela Negara. Selain SNMPTN dan SBMPTN, UPNVJ membuka penerimaan jalur Seleksi Mandiri (SEMA). Jalur masuk SEMA S-1 UPNVJ terdiri dari Jalur Akademik, Prestasi, dan Kemitraan Institusi.

Pendaftaran jalur SEMA S-1 UPNVJ tahun 2022 mulai dibuka tanggal 14 Juni 2022 pukul 11.00 WIB sampai dengan 27 Juni 2022 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/. Yuk, perhatikan informasi lengkapnya di bawah ini.

Jalur Masuk SEMA S-1 UPNVJ

  1. Jalur Akademik: menggunakan Nilai UTBK dan tidak lulus SBMPTN 2022 sebagai kriteria Kelulusan SEMA S-1 UPNVJ.
  2. Jalur Prestasi: menggunakan gabungan kriteria kelulusan jalur akademik dengan prestasi akademik dan/atau non akademik, yang meliputi prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1 sampai 3 tingkat provinsi, nasional, dan internasional dalam 3 tahun terakhir, hafiz Al-Quran minimal 20 juz, Ketua OSIS selama paling kurang satu periode, dan konten kreator youtube paling sedikit 10.000 subscribers. Bagi konten kreator youtube dan hafiz Al-Quran akan dilakukan uji keterampilan sesuai jadwal yang ditentukan.
  3. Jalur Kemitraan Institusi: seleksi yang dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Fak-Fak Provinsi Papua Barat dengan menggunakan kriteria penelusuran prestasi akademik dan non akademik. Jalur Kemitraan Institusi diatur dalam ketentuan tersendiri.

Ketentuan Seleksi SEMA S-1 UPNVJ

  1. Pendaftar SEMA S-1 UPNVJ berasal dari peserta UTBK-SBMPTN tahun 2022.
  2. Pendaftar yang tidak memilih program studi di UPN Veteran Jakarta pada SBMPTN tahun 2022 dapat mengikuti SEMA S-1 UPNVJ tahun 2022.
  3. Pendaftar dapat memilih program studi yang sama atau berbeda dengan pilihan pada SBMPTN tahun 2022 dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Pendaftar yang mengikuti UTBK-SBMPTN Tahun 2022 pada kelompok ujian Sains Dan Teknologi hanya dapat memilih kelompok program studi Sains dan Teknologi (Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Industri, Teknik Elektro, Informatika, Sistem Informasi, Kedokteran, Farmasi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Gizi, dan Fisioterapi).
  • Pendaftar yang mengikuti UTBK-SBMPTN tahun 2022 pada kelompok ujian Sosial Humaniora hanya dapat memilih kelompok program studi Sosial Humaniora (Manajemen, Akuntansi, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Hukum, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, dan Ilmu Politik).
  • Pendaftar yang mengikuti SBMPTN tahun 2022 pada Kelompok Ujian Campuran dapat memilih semua program studi.

4. Pendaftar hanya dapat memilih 2 program studi.

5. Biaya pendaftaran SEMA S-1 UPNVJ sebesar Rp275.000. Pembayaran dapat dilakukan di BNI melalui (Teller, ATM, dan Internet Banking).

Baca juga Mau Kuliah di Universitas Pertamina? Simak Pendaftaran Universitas Pertamina Tahun 2022 di Sini!

Tata Cara Pendaftaran SEMA S-1 UPNVJ

  1. Pendaftar memasukan nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, nomor peserta UTBK-SBMPTN tahun 2022, NISN, NPSN, No HP, dan email untuk mendapatkan Nomor Formulir  dan Personal Identification Number (PIN). Pastikan menggunakan email yang aktif.
  2. Pendaftar akan diminta konfirmasi data UTBK–SBMPTN. Jika sesuai maka dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan klik tombol “Simpan”. Jika tidak sesuai maka Pendaftar diminta untuk mengecek kembali data pendaftaran UTBK–SBMPTN.
  3. Pendaftar akan diberikan informasi mengenai Nomor Formulir dan PIN yang akan dikirimkan melalui email. Namun demikian, Pendaftar harap mencatat dan menyimpan Nomor Formulir dan PIN.
  4. Pendaftar melakukan pembayaran melalui BNI untuk mengaktifkan PIN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.
  5. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Mengunggah pasfoto
  • Mengisi data pribadi yang meliputi Biodata dan data orangtua atau wali
  • Mengisi data asal sekolah
  • Memilih program studi pilihan 1 dan 2
  • Memilih jalur seleksi (Akademik atau Prestasi)
  • Mengunggah dokumen seleksi (untuk jalur prestasi)
  • Mengisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)
  • Mengunduh, mencetak, mengisi, dan mengunggah surat pernyataan kesanggupan membayar SPI dan UKT
  • Memeriksa data yang telah diisi. Jika sudah sesuai maka klik “Finalisasi”. Jika sudah klik” Finalisasi” maka data akan terkunci dan tidak dapat diedit. Pastikan data yang diisi benar
  • Mencetak Kartu Tanda Peserta (Nomor Peserta SEMA S-1 UPNVJ)

Jadwal SEMA S-1 UPNVJ

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di UPN Veteran Jakarta, perhatikan Ketentuan, Tata Cara Pendaftaran, dan Jadwal Seleksi Mandiri (SEMA S-1) UPNVJ di atas. Semoga sukses!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Informasi Pendaftaran UII Tahun 2022: CBT di Kampus UII dan CBT di Sekolah Mitra | LKBB Indonesia college - […] Ketentuan, Tata Cara Pendaftaran, dan Jadwal Seleksi Mandiri (SEMA S-1) UPNVJ […]
  2. Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta Jalur Bela Negara | LKBB Indonesia college - […] Baca juga: Ketentuan, Tata Cara Pendaftaran, dan Jadwal Seleksi Mandiri (SEMA S-1) UPNVJ […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!