Keuntungan Dan Tips Sukses Masuk AKPOL

oleh | Mei 8, 2020 | AKPOL, Blog | 0 Komentar

AKPOL – AKPOL merupakan perguruan Tinggi Kedinasan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Sekolah AKPOL berada di bawah naungan Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). Banyak para generasi muda yang mendedikasikan dirinya untuk masuk kedalam AKPOL dan menjadi Perwira Polri. Hal ini didasari banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan apabila masuk dan lulus dari AKPOL, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menjadi Polisi pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda);

Menjadi seorang polisi atau penegak kebenaran adalah cita-cita yang di dambakan oleh beberapa orang tentunya. Apabila kalian berhasil masuk ke dalam AKPOL dan berhasil menyelesaikan pendidikan kurang lebih selama 4 tahun atau 8 semester, jalan kalian untuk menjadi seorang Polisi sangat mulus. Karena setelah lulus dari pendidikan kepolisian ini, para alumninya akan menjadi Polisi Inspektur Polisi Dua (Ipda). Tentunya hal ini merupakan salah satu keuntungan yang perlu kamu perhitungkan

  • Gaji yang akan di dapatkan cukup besar;

Keuntungan lain yang perlu kalian perhatikan adalah gaji yang akan di dapatkan oleh seorang Polisi nantinya apabila kalian berhasil menyelesaikan Pendidikan di AKPOL. Tentunya gaji yang akan didapatkan tergolong tidaklah kecil atau sedikit, karena gaji seorang Polisi setara dengan Pegawai Negeri Sipil. Hal ini dikarenakan seorang Polisi juga tercatat sebagai seorang Pegawai Negeri. Terlebih setelah kalian menyelesaikan masa pendidikan selama 4 Tahun atau 8 semester tersebut kalian akan mendapat gelar Ipda atau dengan kata lain kalian akan mendapatkan pangkat yang sedikit lebih tinggi dari Polisi biasa. Hal ini tentunya berdampak pada gaji yang di terima akan berbeda.

  • Mengangkat Martabat Keluarga.

Mengangkat derajat dan martabat kelurga merupakan sebuah cita-cita mulia bagi setiap anak dan orang untuk keluarga mereka tentunya. Menjadi seorang polisi yang akan mempunyai gaji yang dapat dikatakan besar dan pangkat yang dimiliki tentunya akan mempunyai tempat tersendiri di mata masyarakat. Hal ini juga secara tidak langsung dapat mengangkat derajat dan martabat keluarga di lingkungan masyarakat, karena anak atau salah satu keluarganya menjadi seorang Pegawai Negeri dan juga sebagai pelindung dan penegak keadilan untuk masyarakat.

Tentunya beberapa keuntungan tersebut bisa didaptkan setelah kalian masuk dan lulus dari Akademi Kepolisian atau AKPOL ini. Agar Dapat mudah masuk AKPOL teman – teman IC juga dapat mengikuti Bimbel Akpol

5 Tips Sukses Masuk AKPOL Yang Harus Kalian Ketahui

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum masuk AKPOL. Berikut adalah beberapa cara sukses masuk AKPOL yang bisa kalian perhatikan untuk memudahkan jalan masuk ke AKPOL :

  • Persiapan Nilai terbaik sejak Sekolah Menengah

Nilai Ujian Akhir ataupun Nilai Rapor haruslah sebaik dan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan pihak dari AKPOL menginginkan para calon perwiranya mempunyai kecerdasan intelektual yang tinggi agar supaya mereka dapat bekerja secara optimal dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas AKPOL nantinya. Kalian harus mempersiapkan ini sedini mungkin dan terus mempertahankan atau meningkatkan prestasi kalian selama di bangku Sekolah Menengah.

  • Persiapan Fisik

Para calon perwira AKPOL juga dituntut untuk mempunyai fisik yang bagus dan prima. Sebaiknya disamping kalian mengembangkan prestasi akademik yang berupa nilai, kalian juga disarankan untuk mengembangkan stamina dan fisik kalian. Latihlah fisik kalian sejak dini suapaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Kalian bisa melakukannya dengan cara rutin untuk berolahraga ringan, lari, renang, sit-up, push-up dan sebagainya. Disamping itu latihan fisik juga akan membantu kalian dalam proses seleksi di tes fisik ketika akan masuk AKPOL.

  • Carilah Informasi sebanyak mungkin

Hal berguna lainnya adalah dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin mengenai AKPOL. Carilah informasi memalui website resmi AKPOL mengenai segala hal yang dapat membantu kalian untuk bisa masuk AKPOL. Kalian juga bisa bertanya kepada teman atau kerabat yang sudah masuk ke AKPOL mengenai tips dan sarannya. Informasi AKPOL sekecil apapun akan membantu kalian nantinya.

  • Kenali Proses Seleksinya

Dalam proses pencarian informasi AKPOL, kalian juga tentunya akan mendapatkan informasi mengenai seleksi yang diterapkan oleh pihak AKPOL. Kenalilah jenis seleksi yang akan kalian hadapi. Ini akan mempermudah jalan kalian untuk menghadapi proses seleksi AKPOL nantinya.

  • Berdo’a

Untuk sentuhan awal dan akhir, kalian dianjurkan untuk berdo’a kepada Tuhan YME. Kekuatan do’a akan membantu kalian dalam ketenangan batin saat mengerjakan proses seleksi di AKPOL. Dengan berdo’a juga kalian akan mendapatkan ridho dan kemudahan dalam menghadapi persoalan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...