KKI UI: Jurusan Lengkap dan Informasi Terkait

oleh | Nov 26, 2019 | Blog | 0 Komentar

UI atau Universitas Indonesia adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia yang menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas, dan memiliki idealisme serta integritas di berbagai bidang. UI juga menjadi salah satu barometer kampus di Indonesia. Apa yang terjadi di UI akan menjadi sorotan publik dan menjadi isu yang hangat untuk senantiasa diperbincangkan.

Setiap tahun, UI senantiasa membuka pendaftaran calon mahasiswa dengan beragam jurusan yang tersedia. Perlu diketahui, selain membuka kelas regular, UI juga membuka kelas internasional atau lebih dikenal dengan nama KKI UI. Adanya kelas internasional ini tentu saja memberikan variasi terkait perkuliahan yang akan didapatkan oleh seorang mahasiswa dalam upaya melanjutkan studi.

Sekilas tentang KKI UI

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apa itu KKI UI? Pertanyaan ini wajar, terutama jika diucapkan oleh awam. Hal ini cukup beralasan karena memang pada dasarnya KKI UI bisa dikatakan sebagai sebuah kelas khusus dan cenderung memiliki keterbatasan kuota yang jauh lebih kecil daripada kelas regular.

Namun, seperti namanya, KKI UI menggunakan standard internasional dalam sistem perkuliahan yang digunakan. Dengan demikian, ada cukup banyak perbedaan yang akan ditemukan dari KKI dengan kelas regular yang sama-sama diadakan oleh UI.

Adapun beberapa perbedaan dari kelas internasional UI dengan jalur regular adalah sebagai berikut:

  1. KKI UI menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan
  2. Terdapat kampus luar negeri sebagai mitra studi dari kelas internasional di UI
  3. Penerimaan mahasiswa kelas internasional cukup terbatas dengan kuota yang lebih sedikit daripada jalur reguler
  4. Tes masuk KKI akan menggunakan soal dengan bahasa Inggris
  5. Biaya perkuliahan kelas internasional lebih tinggi dibandingkan dengan kelas regular.

Dari beberapa poin di atas bisa dilihat bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan terkait KKI UI dengan kuliah melalui jalur regular. Oleh karena itu, calon mahasiswa yang ingin mengambil program ini harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, terutama penguasaan bahasa Inggris untuk melancarkan perkuliahan yang akan berlangsung.

Pilihan Jurusan KKI UI/ Program KKI UI         

UI menyediakan beberapa fakultas dengan jurusan yang berbeda untuk program kelas internasional. Adanya beberapa fakultas dan jurusan dalam KKI UI tentu akan memudahkan calon mahasiswa untuk memilih mana jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan keinginannya.

Tentu, memahami beragam jurusan dalam KKI UI menjadi hal penting karena detail jurusan bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan dan strategi memilih usaha untuk bisa diterima. Lantas, apa saja jurusan yang disediakan oleh UI untuk program kelas internasional tersebut? Adapun beberapa fakultas dan jurusan kelas internasional UI adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran adalah salah satu fakultas yang paling diminati di UI. Hal ini dikarenakan FK UI merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia dan mencetak tenaga medis yang sangat ahli di bidangnya. Selain membuka jalur penerimaan regular, fakultas kedokteran UI juga membuka kelas internasional.

Kelas internasional fakultas kedokteran UI menyediakan hanya satu jurusan saja, yakni jurusan kedokteran. Dalam agenda perkuliahan yang berlangsung, kelas internasional jurusan kedokteran akan memiliki mitra kampus luar negeri untuk pengembangan kualitas. Adapun kampus yang menjadi mitra tersebut adalah:

  • Monash University (Australia)
  • University of Melbourne (Australia)
  • University of Newcastle Upon Tyne (Inggris).

Beberapa mitra UI dalam penyelenggaraan program kelas internasional ini akan membuat perkuliahan UI menjadi lebih bervariasi. Selain itu, tentu setiap mahasiswa akan mendapatkan tambahan materi dan pemahaman secara lebih global dari beberapa universitas mitra tersebut yang akan berguna untuk menambah pengetahuan mereka.

Bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar di kelas internasional jurusan kedokteran UI, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Adapun beberapa syarat masuk KKI UI ini adalah sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa merupakan lulusan SMU/sederajat dari dalam dan luar negeri dengan sekolah setara sekolah A level atau level IB
  • Memiliki nilai TOEFL institusional 500 atau skor IELTS 5,5
  • Mampu menempuh pendidikan atau masa studi selama 6 tahun dengan pembagian 5 tahun di UI dan 1 tahun di universitas mitra.

Beberapa syarat di atas adalah ketentuan yang harus dipatuhi oleh calon mahasiswa untuk bisa bergabung dalam KKI UI pada kelas internasional. Sebagai tambahan, ketika masuk ke KKI UI, maka calon mahasiswa akan mengerjakan soal SIMAK KKI UI yang dibuat dengan bahasa Inggris.

Selain SIMAK, sebenarnya juga ada jalur lain yang bisa digunakan untuk masuk KKI UI. Jalur yang dimaksud adalah talent scouting. Jalur ini bisa disebut sebagai jalur SNMPTN versi UI untuk kelas internasional yang mereka siapkan.

Lalu, bagaimana dengan biaya perkuliahan dari KKI UI tersebut? Sebagaimana disinggung di awal bahwa biaya untuk kelas internasional cenderung lebih tinggi daripada kelas regular. Adapun rincian biaya untuk kelas internasional jurusan kedokteran adalah sebagai berikut:

  • Besaran uang pangkal adalah Rp 75.000.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp 100.000.000 untuk warga negara asing
  • Biaya kuliah per semester adalah Rp 35.000.000 untuk warga negara Indonesia dan Rp 40.000.000 untuk warga negara asing
  • Biaya perkuliahan di Monash University AU$ 54.000 setahun
  • Biaya perkuliahan di Melbourne University AU$ 56.000 setahun
  • Biaya perkuliahan di Monash University £ 15.000,00 setahun.

Sebagai catatan, biaya perkuliahan di universitas mitra bisa berbeda dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, ada update yang harus diperhatikan terkait biaya perkuliahan di universitas mitra tersebut. Selain itu, selama berada di universitas mitra, mahasiswa KKI UI diharuskan membayar biaya administrasi sebesar Rp 2.000.000.

Setelah menjalani perkuliahan pada masa studi yang dibebankan, mahasiswa KKI UI akan mendapatkan beberapa gelar yang berbeda. Adapun gelar yang bisa diterima oleh mahasiswa kedokteran kelas internasional UI adalah sebagai berikut:

  • Bachelor of Medical Science (Melbourne University)
  • Bachelor of Medical Science(hon) (Monash University)
  • Master of Research (University of Newcastle Upon Tyne)
  • Sarjana Kedokteran (S.Ked) UI
  • Dokter UI.

Gelar tersebut merupakan sesuatu yang pantas untuk diterima oleh para mahasiswa UI yang sudah belajar mengenai seluk-beluk dunia kedokteran. Gelar tersebut akan memudahkan para alumni untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang mereka dengan posisi yang baik.

2. Fakultas Teknik

Fakultas lain yang membuka jalur internasional dalam perkuliahan yang diadakan adalah fakultas teknik. Fakultas teknik atau FT UI juga termasuk salah satu fakultas yang cukup ramai dan favorite di UI. Hal ini dikarenakan adanya akreditasi yang senantiasa terjaga untuk fakultas ini dan memang banyak lulusan FT UI yang sukses setelah menimba ilmu di UI.

Selain jalur regular, ada kelas internasional yang disediakan oleh FK UI. KKI UI di fakultas teknik ini tentu akan memberikan nuansa perkuliahan yang baru dan berbeda. Selain itu, dengan standard sistem yang berbeda, kelas internasional di UI tentu saja akan memberikan perkuliahan yang lebih intensif untuk mahasiswa.

Dalam perkuliahan yang disediakan, KKI UI di fakultas teknik menyediakan beberapa jurusan yang berbeda untuk dipilih. Adanya beberapa jurusan ini tentu akan memberikan pilihan yang tepat bagi mahasiswa untuk belajar teknik sesuai dengan minat yang diinginkan. Adapun beberapa jurusan di fakultas teknik yang tersedia untuk kelas internasional ini adalah:

  • Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu jurusan di KKI UI yang sangat diminati. Hal ini dikarenakan prospek lulusan teknik sipil yang mampu mengerjakan beragam hal terkait teknik secara umum sehingga bisa masuk di berbagai posisi yang berbeda.

Dalam pelaksanaan perkuliahan, UI akan membangun kemitraan dengan beberapa universitas luar negeri. Adapun universitas mitra dari KKI UI untuk jurusan teknik sipil adalah:

  • Queensland University of Technology, Australia
  • The University of Queensland, Australia.
  • Teknik Mesin

Teknik mesin masuk dalam salah satu jurusan yang paling diminati oleh mahasiswa yang mengambil jurusan teknik. Seperti namanya, jurusan ini akan membantu mahasiswa mempelajari berbagai aspek terkait teknik dalam mesin. Lulusan dari jurusan ini diharapkan akan memiliki keahlian yang menyeluruh di bidang mesin.

Dalam perkuliahan, KKI UI jurusan teknik mesin memiliki hubungan kemitraan dengan beberapa universitas di luar negeri. Adapun universitas mitra yang dijadikan kawan pembelajaran adalah:

  • Queensland University of Technology, Australia
  • The University of Queensland, Australia.
  • Teknik Elektro

KKI UI menyediakan jurusan teknik elektro bagi para mahasiswa yang tertarik dengan dunia elektro. Jurusan ini secara khusus akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar mengenai seluk beluk elektro. Teknik elektro UI termasuk salah satu teknik elektro terbaik yang ada di Indonesia.

Dalam pelaksanaan perkuliahan, UI untuk program kelas internasional memiliki kemitraan dengan beberapa universitas di luar negeri. Adapun universitas luar negeri yang menjadi mitra untuk jurusan teknik elektro adalah sebagai berikut:

  • Queensland University of Technology, Australia
  • The University of Queensland, Australia
  • The University of Sydney, Australia
  • University of Duisburg Essen, Jerman.
  • Arsitektur

Arsitektur adalah bagian dari fakultas teknik yang menyediakan ruang belajar menyeluruh bagi mahasiswa yang ingin menjadi seorang arsitektur professional di masa depan. Jurusan ini akan membimbing setiap mahasiswa untuk memahami ragam dunia arsitektur secara menyeluruh.

Khusus untuk program KKI UI, jurusan ini akan memiliki hubungan kemitraan dengan beberapa kampus di luar negeri. Adapun kampus atau universitas luar negeri yang dimaksud adalah:

  • Queensland University of Technology, Australia
  • Curtin University, Australia.
  • Teknik Metalurgi dan Material

Teknik metalurgi dan material merupakan sempalan dari fakultas teknik. Meskipun di Indonesia jurusan ini belum terlalu dikenal, namun UI menjadikannya sebagai salah satu jurusan favorite di fakultas teknik. Prospek lulusan jurusan ini juga tergolong cukup baik sehingga peminat dari jurusan ini bisa dikatakan cukup banyak.

Dalam praktiknya, sebagaimana beberapa jurusan lainnya, UI akan bekerja sama membangun kemitraan dengan beberapa kampus di luar negeri untuk pelaksanaan perkuliahan. Adapun beberapa kampus yang menjadi mitra KKI UI ini adalah sebagai berikut:

  • Monash University, Australia
  • Curtin University, Australia.
  • Teknik Kimia

Teknik kimia adalah salah satu jurusan favorit dengan peminat yang paling besar di fakultas teknik UI. Jurusan ini akan mengantarkan mahasiswa menjadi ahli di bidang kimia dan siap ditempatkan di berbagai laboratorium yang ada di Indonesia. Hal ini menunjukkan prospek lulusan jurusan ini cukup bagus di masa depan.

Seperti jurusan lainnya, UI membangun hubungan kemitraan dengan beberapa universitas di luar negeri guna menunjang pembelajaran melalui KKI UI. Adapun beberapa universitas yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Monash University, Australia
  • The University of Queensland, Australia.

Beberapa jurusan yang ada di fakultas teknik UI tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melabuhkan cita-cita. Tentu saja, ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan untuk memilih jurusan tersebut agar slogan salah jurusan tidak Anda rasakan.

Selain beberapa jurusan tersebut, KKI UI juga memberikan beberapa persyaratan bagi mereka yang ingin bergabung. Beberapa persyaratan tersebut tentu harus menjadi perhatian dan harus dipenuhi untuk dapat diterima sebagai mahasiswa UI.

Adapun beberapa persyaratan untuk bisa diterima di KKI UI adalah sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa lulus SMU atau sederajat dari sekolah dalam maupun luar negeri dengan predikat sekolah level A atau IB
  • Memiliki nilai TOEFL institusional 500, atau IELTS 5,5 atau IBT 61 atau CBT 173.

Untuk jalur masuk KKI UI di fakultas ini ada dua jalur yang bisa dipilih. Dalam hal ini, jalur masuk yang bisa digunakan adalah talent scouting atau semacam SNMPTN yang dilakukan oleh pihak UI. Selain itu, calon mahasiswa juga bisa mengikuti kelas internasional UI ini melalui jalur SIMAK UI.

Perlu diketahui bahwa kedua jalur ini akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam tes. Ini adalah salah satu perbedaan dari jalur kelas internasional dibandingkan dengan kelas regular.

Hal lain yang perlu diketahui perihal program KKI UI terutama di fakultas teknik adalah adanya pembagian degree program yang dilakukan. UI menawarkan dua pilihan degree program untuk calon mahasiswa. Adapun pilihan program tersebut adalah sebagai berikut:

  • Double Degree Program

Secara umum, program ini didesain untuk masa studi sekitar 3,5 hingga 4 tahun. Adapun pembagian masa studi tersebut adalah sebagai berikut:

  • 2 tahun masa studi di FT UI dan 2 tahun di universitas mitra
  • 2 tahun masa studi di FT UI dan 1,5 tahun di universitas mitra (Curtin University untuk jurusan arsitektur)
  • 3 tahun masa studi di FT UI dan 1 tahun di universitas mitra (University of Duisburg Essen, Jerman).

Perlu diketahui bahwa durasi maksimal dari masa studi dari program ini adalah 12 semester. Lulusan KKI UI akan mendapatkan dua gelar sarjana yang berbeda, yaitu dari UI dan universitas mitra.

  • Single Degree Program

Untuk sistem ini, mahasiswa akan menjalani perkuliahan selama 8 semester di UI. Namun, ada 1 semester untuk program student exchange di kampus mitra yang sudah ditentukan.

Lalu, bagaimana dengan biaya kuliah KKI UI ini? Nah, untuk rincian biaya di UI adalah sebagai berikut:

  • Biaya uang pangkal adalah Rp 25.000.000
  • Biaya per semester adalah Rp 20.000.000
  • Biaya kuliah di universitas mitra berbeda-beda dan akan ditentukan sesuai dengan jurusan yang diambil

Demikian beberapa ulasan terkait KKI UI. Dari ulasan di atas bisa dilihat bahwa program kelas internasional adalah salah satu pilihan yang tepat untuk calon mahasiswa yang ingin go internasional dalam perkuliahan yang dilakukan. Pelajari lebih lanjut mengenai program ini dan pilih mana jurusan yang tepat untuk Anda.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…