Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Kuliah di Jurusan Kimia Murni, Apa Sebenarnya yang Dipelajari?

oleh | Mar 7, 2022 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kimia Murni – Di antara banyaknya pilihan jurusan yang berada di rumpun Saintek, salah satunya adalah Kimia Murni. Walaupun begitu, Kimia murni termasuk jurusan yang tidak banyak diminati karena dianggap sulit dan rumit. Karena jurusan ini topik bahasannya begitu luas dan lebih spesifik.

Meskipun begitu, Jurusan Kimia Murni merupakan ilmu yang menarik. Karena kamu tidak hanya mempelajari unsur Kimia tapi juga penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini cocok untukmu yang menyukai kegiatan penelitian dan senang melakukan riset di laboratorium. Yuk, simak penjelasan tentang jurusan Kimia Murni berikut ini.

Mengenal Jurusan Kimia Murni

Kimia murni merupakan jurusan yang berada di rumpun Saintek atau masuk ke dalam Fakultas MIPA. Kimia Murni merupakan ilmu yang menyelidiki struktur, sifat, dan reaktivitas suatu zat. Jurusan Kimia Murni mempelajari materi pada skala molekuler dan berbagai reaksi.

Selain itu, kamu juga akan memastikan kualitas bahan baku, melakukan uji coba, serta merumuskan reaksi yang terjadi dalam proses kimianya. Sebagai mahasiswa Kimia Murni, kamu dituntut memiliki kemampuan untuk meneliti suatu zat dan menganalisisnya, memiliki kemampuan menghafal, serta memiliki pemahaman Kimia, Fisika, dan Matematika yang baik.

Di jurusan ini, kamu akan sering melakukan penelitian di laboratorium. Kamu akan melakukan banyak praktikum yang nantinya juga harus membuat laporan hasil praktikum tersebut. Oleh karenanya, jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang suka melakukan penelitian di laboratorium.

Baca juga Mengenal Berbagai Prospek Kerja Jurusan Kimia Murni

Apa yang Dipelajari di Kimia Murni

Jurusan Kimia Murni tersedia di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Pastinya, masing-masing perguruan tinggi memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Sebagai contoh, berikut mata kuliah kurikulum 2019 Program Studi S1 Kimia, Institut Teknologi Bandung.

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Kimia Murni

Sudah banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini baik itu negeri maupun swasta. Di antaranya merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Berikut daftar kampus yang membuka jurusan Kimia Murni.

  • Institut Teknologi Bandung (ITB).
  • Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  • Universitas Airlangga.
  • Universitas Gadjah Mada.
  • Universitas Brawijaya.
  • Universitas Indonesia.
  • Universitas Padjadjaran.
  • Universitas Hasanuddin.

Itulah Kuliah di Jurusan Kimia Murni, Apa Sebenarnya yang Dipelajari? Bagi kamu yang menyukai penelitian di laboratorium, kamu bisa memilih masuk ke Kimia Murni. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!