Kuliah Jurusan Bimbingan Konseling (BK): Kerjanya Jadi Apa?

oleh | Okt 31, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Kuliah jurusan Bimbingan Konseling – Memilih jurusan kuliah bimbingan konseling akan memusatkan pada pengajaran psikologi. Hal ini dikarenakan seorang konselor harus bisa memahami kejiwaan seseorang yang akan dihadapinya.

Bimbingan konseling ini akan cocok untuk kamu yang punya jiwa sosial tinggi, punya rasa sabar yang luas dan cenderung bersikap tenang saat menghadapi masalah. Karena saat kamu menggeluti karir dalam aspek yang sama, kamu juga harus bisa menerapkan sikap itu kepada orang lain.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan BK

Kuliah jurusan bimbingan konseling

Lulusan bimbingan konseling sebenarnya punya prospek kerja yang luar, bahkan berpeluang menempati posisi yang tinggi. Tapi kira-kira ada contoh posisi apa saja yang banyak menargetkan lulusan bimbingan konseling ini?

1.    HRD Personalia

Posisi HRD biasanya akan membutuhkan lulusan manajemen, psikologi dan juga bimbingan konseling. Hal ini karena HRD akan bertemu langsung dengan banyak kandidat dan SDM dalam lembaga atau juga perusahaan. Kamu dituntut untuk bisa memahami karakteristik kandidat atau pegawai selain dengan mengerjakan hal lainnya.

2.    Dosen

Kedua ada posisi dosen, kamu yang kuliah dengan jurusan Bimbingan Konseling bisa melanjutkan pendidikan S2 dengan jurusan yang linear. Kamu bisa menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi contohnya untuk fakultas pendidikan yang akan menyediakan mata kuliah bimbingan konseling.

3.    Konselor Pusat Rehabilitasi

Selanjutnya adalah penempatan di pusat rehabilitasi yang pasti akan sangat banyak diperlukan. Kamu akan membantu menangani orang-orang yang punya masalah berat, dan bisa membantu mereka untuk mendeteksi penyakit mental untuk dibantu ke psikiater jika memang dibutuhkan.

Baca juga: Apa Itu Tugas Akhir? Ini Perbedaannya dengan Skripsi

4.    Konsultan Pendidikan

Konsultan pendidikan juga banyak dibutuhkan untuk membantu mengarahkan peserta didik dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Menjadi seorang konsultan harus bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya baik dari individu/klien sendiri atau juga dari keluarga dan teman-temannya.

5.    Konsultan Karir

Tidak jauh berbeda dengan konsultan sebelumnya, kalau konsultan karir ini akan membantu klien menemukan karir yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Mereka biasanya lebih banyak membantu para lulusan baru dan jobseeker yang masih bingung mau berkarir di bidang apa.

6.    Motivator

Kamu pasti sudah tau pernah tau Mario teguh da juga Merry Riana, kan? Mereka adalah motivator yang biasa membantu orang lain mendapatkan energi positif dan biasa mengisi pada seminar-seminar. Profesi ini juga bisa kamu pilih nantinya, kamu bisa bertemu banyak orang berbeda-beda sekaligus memperluas pasar dan relasi kamu.

7.    Guru BK

Guru BK juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang berminat bekerja di dunia pendidikan, terutama di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Bahkan banyak sekolah swasta yang mulai menyediakan bimbingan konseling untuk para siswanya.

Nantinya kamu akan menghadapi siswa-siswa dan bisa juga membantu mereka mengatasi masalah. Jadi peran utama guru BK sendiri akan membantu mengarahkan siswa untuk memperdalam minat dan bakatnya.

8.    Hipnoterapis

Kalau kamu punya minat lebih untuk mendalami dunia psikologi, sebagai lulusan bimbingan konseling juga bisa menjadi hipnoterapis, lho. Kamu bisa mengikuti beberapa pelatihan untuk bisa lebih menguasai ilmu hipnoterapi yang tentunya tidak semua orang bisa melakukannya.

Kamu harus bisa memberikan sugesti baik dan menanamkannya di alam bawah sadar klien, maka dari itu harus ada proses hipnotis supaya pikiran mereka jauh lebih santai dan dapat menerima masukan.

Bagaimana, kira-kira kamu yang kuliah jurusan bimbingan konseling mau minat berkarir di posisi yang mana nantinya?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…