Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Lulusan Antropologi Punya Prospek Kerja yang Menjanjikan, Cek di Sini!

oleh | Mar 4, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Antropologi – Banyaknya kebudayaan yang ada di seluruh dunia, tentunya ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dan dipelajari. Jurusan Antropologi merupakan jurusan yang tepat untuk mempelajari hal ini. Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari kehidupan manusia beserta budayanya, jurusan ini cocok untukmu.

Tertarik untuk mempelajari manusia dan budaya? Kamu bisa masuk jurusan Antropologi terlebih pekerjaan untuk lulusan Antropologi menawarkan jenjang karir yang bervariasi. Berikut daftar prospek kerja bagi lulusan Antropologi.

Apa Itu Jurusan Antropologi?

Antropologi merupakan jurusan yang mempelajari ciri khas dan kesamaan suatu masyarakat dan kebudayaan melalui penelitian. Jurusan ini juga membahas manusia dari kehidupan masa lampau dan sekarang. Kamu akan mempelajari masyarakat lengkap dengan keanekaragaman juga dinamika sosial budaya yang ada di dalamnya.

Mahasiswa Antropologi akan dibekali pengetahuan dan keterampilan yang menunjang penelitian berbasis etnografi. Berikut beberapa keterampilan yang akan kamu pelajari di jurusan Antropologi.

  • Kemampuan analisa yang baik.
  • Kemampuan berpikir kritis.
  • Kemampuan komunikasi yang baik.
  • Mampu mengumpulkan dan menginterpretasikan data.
  • Kemampuan menyusun informasi yang baik.
  • Kemampuan manajemen dan administrasi.

Baca juga Antropologi, Jurusan yang Mempelajari Manusia, Tertarik?

Prospek Kerja Antropologi

Ada banyak peluang kerja bagi lulusan Antropologi. Berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan Antropologi.

Ahli Forensik

Saat ini, Indonesia masih kekurangan tenaga Ahli Antropologi Forensik. Antropologi forensik merupakan salah satu cabang ilmu forensik. Lulusan Antropologi bisa menjadi Ahli Forensik karena selama perkuliahan telah mempelajari banyak hal tentang manusia. Walaupun disiplin ilmu ini terbilang cukup baru dan berkembang, ilmu ini sangat membantu kasus hukum yang melibatkan kematian atau identifikasi individu.

Ahli Sejarah dan Teknisi Museum

Lulusan Antropologi juga bisa menjadi Ahli Sejarah. Karena selama perkuliahan sudah dibekali mengenai sebagian besar sejarah manusia. Ilmu yang kamu pelajari di jurusan erat kaitannya dengan tanggung jawab sebagai Ahli Sejarah.

Sebagai lulusan Antropologi, kamu juga bisa bekerja di museum sebagai Teknisi Museum. Teknisi Museum bertugas atas suatu benda yang memiliki nilai sejarah dan menyebarluaskan informasi kepada publik terkait koleksi benda di museum. Museum tentunya membutuhkan peran lulusan Antropologi yang paham dengan objek bernilai sejarah.

Dosen

Jika berminat sebagai dosen, kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan mendapat gelar master. Berbekal pengetahuan yang luas, kamu bisa menjadi dosen Antropologi. Kamu sudah pasti menguasai ilmu-ilmu Antropologi yang telah dipelajari semasa perkuliahan.

Peneliti

Lulusan Antropologi banyak terlibat dalam kegiatan penelitian. Lulusan ini sangat cocok jadi peneliti karena sudah pasti memiliki bekal ilmu dan kiat-kiat melakukan penelitian. Peneliti ini bertugas melakukan penelitian dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Antropologi.

Sebagai peneliti, kamu bisa memberikan kontribusi penelitian dengan menerbitkan jurnal penelitian tentang fenomena sosial maupun kebudayaan. Hasil penelitianmu bisa menjadi referensi untuk melakukan pengembangan di bidang Antropologi. Kamu bisa menjadi peneliti di lembaga penelitian yang memiliki fokus mengkaji isu sosial budaya.

Jurnalis

Lulusan Antropologi juga bisa berpeluang besar sebagai jurnalis. Selama perkuliahan, kamu sudah terbiasa berinteraksi dengan masyarakat secara langsung. Hal ini dapat mempermudahkan kamu mendapatkan informasi mengenai isu masyarakat secara mendalam.

Antropolog

Lulusan Antropologi diharapkan mampu menjadi Antropolog. Peluang menjadi Antropolog sangat besar karena belum banyak orang yang berkarir sebagai Antropolog di Indonesia. Hal ini karena kurangnya peminat profesi Antropolog di Indonesia.

Antropolog bertugas untuk melakukan penelitian, evaluasi, dan menganalisa masalah sosial dalam kelompok masyarakat. Sebagai Antropolog, kamu dituntut untuk berpikir kritis serta mempunyai kemampuan analisis yang baik. Antropolog bisa bekerja di instansi pemerintah, lembaga penelitian, bidang akademik, maupun perusahaan swasta.

Juru Arsip

Profesi ini cocok bagi kamu yang menyukai keteraturan dan ingin menekuni di dunia pengelolaan dokumen. Juru Arsip bertugas menilai, mengedit, dan mengarahkan pengamanan arsip dan dokumen bernilai sejarah. Juru Arsip dilibatkan dalam kegiatan riset berdasarkan bahan arsip sejarah.

Konsultan

Konsultan dengan latar belakang lulusan Antropologi bisa memberikan solusi atas masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Sebagai Konsultan, kamu harus mampu membangun komunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami. Sehingga pendapatmu bisa memberikan pengaruh yang besar bagi masyarakat.

Itulah Lulusan Antropologi Punya Prospek Kerja yang Menjanjikan, Cek di Sini! Sebenarnya prospek kerja Antropologi tidak sempit, lho. Karena jurusan ini mempelajari hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Semoga artikel ini membantu kamu terkait peluang kerja lulusan Antropologi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…