Macam-Macam Jurusan Teknik yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

oleh | Nov 22, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Macam-Macam Jurusan Teknik – Jurusan teknik menjadi jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa, baik laki-laki maupun perempuan. Teknik sendiri memiliki banyak sekali turunan dengan fokusnya masing-masing. Prospek kerja lulusan jurusan teknik juga terbilang luas, dan semuanya selalu dibutuhkan dalam dunia kerja dengan fokusnya masing-masing.

Macam-Macam Jurusan Teknik dalam Perkuliahan

Kalau mungkin dalam Sekolah Menengah Kejuruan, jurusan teknik cenderung masih terbatas dan mayoritas diisi oleh laki-laki. Nah dalam perkuliahan, jurusan teknik terbagi menjadi lebih banyak program studi, lho. Di antaranya:

1.    Teknik Informatika

Berfokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer serta pengembangan perangkat lunak akan sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari perkembangan teknologi. Prospek kerjanya sangat luas karena teknologi selalu berkembang dan dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar. Profesinya biasanya adalah programmer, Konsultan IT, System Analyst, UI Designer dan banyak lagi lainnya.

2.    Teknik Mesin

Teknik Mesin selain mempelajari mengenai mesin dalam perbengkelan, juga akan mempelajari mengenai konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi dan material. Kamu juga akan mempelajari dan mempraktikkan langsung teori fisika, mengenai kecepatan, jarak, waktu, tekanan dan banyak lagi lainnya.

Baca juga: 2 Rekomendasi Sekolah Kedinasan Tanpa Tinggi Badan dan Persyaratan Masuknya

3.    Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro adalah jurusan yang akan berkutat langsung dengan kelistrikan. Jurusan ini akan mempelajari, mendesaim dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika dan electromagnetism.

4.    Teknik Kimia

Teknik kimia adalah ilmu yang mempelajari rekayasa untuk menghasilkan produk dengan nilai ekonomis yang tinggi. Biasanya ilmu ini akan dibutuhkan oleh pabrik-pabrik, seperti pabrik makanan, pupuk, cat dan banyak lagi lainnya.

5.    Teknik Industri

Teknik industri sendiri adalah ilmu yang mempelajari pengoptimalan kegiatan manusia dalam proses produksi, pengelolaan dan ekonomi dalam bidang industri. Keselamatan, kesehatan lingkungan kerja, manufaktur, perancangan dan pengembangan produk, dan teknik dan juga perancangan sistem.

6.    Teknik Sipil

Teknik sipil adalah pihak utama yang akan merealisasikan bangunan setelah mendapatkan desain dari sang arsitektur. Selain gedung, teknik sipil juga akan mengerjakan proyek jalan, jembatan, bendungan dan banyak lagi lainnya.

7.    Teknik Lingkungan

Selanjutnya teknik lingkungan akan mempelajari bagaimana cara mengatasi permasalahan dalam lingkungan, contohnya soal pencemaran dari limbah cair, padat, dan gas yang bisa membahayakan kesehatan. Lulusannya harus menguasai ilmu tanah, geologi, sains atmosfer, geografi, kimia dan fisika.

8.    Teknik Biomedik

Teknik biomedik adalah ilmu yang mempelajari dan menciptakan alat kesehatan dengan tujuan untuk memecahkan masalah dalam ilmu kedokteran. Alat-alat yang sudah tidak asing lagi dan biasa ada di rumah sakit contohnya pengukur detak jantung, MRI, CT-Scan dan banyak lagi lainnya.

9.    Teknik Robotik

Dari namanya saja pasti sudah bisa ditebak, teknik robotik ini akan berfokus pada robotika yang mana merancang robot canggih yang bisa berguna dalam membantu aktivitas manusia. Ilmu ini sendiri gabungan dari ilmu mekanika, elektronika, ilmu komputer sampai dengan ilmu kontrol untuk menciptakan robot dan kecerdasan buatan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Kampus Terbaik untuk Kuliah Arsitektur

10. Teknik Listrik Bandara

Jurusan ini akan bertugas langsung di bandara, dengan tugas utama menangani sistem kelistrikan seperti penerangannya, kapasitas daya, sistem otomasi dan sistem pemanduan pesawat (lepas landas dan pendaratan).

11. Teknik Otomotif

Teknik otomotif menjadi ilmu yang berfokus dalam pembuatan serta pengoperasian kendaraan seperti motor, mobil, truk, kereta, dan bus. Nantinya kamu akan mempelajari perancangan design dan teknis, pengembangan, perawatan dan produksi.

12. Teknik Alat Berat

Hampir sama dengan teknik otomotif, namun teknik alat berat ini akan berfokus pada alat-alat berat yang bisa membantu proses konstruksi. Contohnya escavator, bulldozer, grader, forklift dan lain sebagainya.

13. Teknik Nuklir

Teknik nuklir adalah ilmu yang mempelajari bagaimana pemanfaatan energi nuklir, pengembangan teknologi nuklir, rekayasa nuklir, serta pengamanan dan keselamatan nuklir, radiasi, dan juga pengelolaan limbah nuklir.

Dari 13 macam-macam jurusan teknik ini, mana yang baru pernah kamu dengar? Tertarik untuk mencoba?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.