Macam-macam Tes TOEFL: ITP, PBT, CBT, IBT dan Prediction Test

oleh | Nov 27, 2023 | Beasiswa, Blog | 0 Komentar

Macam-macam Tes TOEFL – Tes TOEFL merupakan salah satu tes penting yang banyak dibutuhkan. Tes ini sendiri merupakan tes bahasa Inggris yang nantinya sertifikat hasilnya bisa menjadi penunjang dan bukti keunggulan dalam proses seleksi jika skornya lebih dari nilai minimum. Maka dari itu, banyak sekali yang mengikuti tes ini, bahkan tidak sedikit yang mengikuti pelatihan demi mencapai skor yang tinggi.

Nah, TOEFL ini ada banyak jenisnya, dan masing-masing digunakan sesuai kebutuhan dan sebagai inovasi dari tes sebelumnya. Kira-kira apa saja jenisnya?

Mengenal TOEFL dan Macam-Macamnya

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language, yang merupakan tes terstandarisasi untuk pengukuran kemampuan bahasa Inggris individu yang tidak berkaitan dengan proses belajar mengajar. Biasanya tes ini akan digunakan untuk seseorang yang akan bekerja atau melanjutkan kuliah di negara luar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Test TOEFL biasa terdiri dari beberapa sesi, yakni sesi listening, strucutre and written expression, speaking dan reading. Untuk masa pengerjaannya sendiri adalah 2 jam sampai 4 jam.

Baca juga: 2 Jurusan Baru di UGM, Perdana Dibuka Tahun 2023

  • Listening

Untuk sesi ini biasanya akan muncul di awal tes. Peserta tes akan mendengarkan audio atau video yang diputar, dan nantinya akan diberikan pertanyaan dan pilihan jawabannya. Jadi, harus mendengarkan dengan cermat baru mengisi jawabannya di media yang disediakan.

  • Structure and Written Expression

Selanjutnya peserta akan mengerjakan soal tertulis, baik dalam bentuk soal percakapan, maupun mengisi kalimat yang rumpang atau kosong.  Waktu pengerjaannya 25 menit dengan total soal 40.

  • Speaking

Untuk tes ini, kamu akan diuji kemampuan berbicara kamu. Sebelum berbicara, kamu juga dipastikan mampu untuk mendengar dan memahami karena sesi ini akan menggunakan metode wawancara.

  • Reading

Selanjutnya ada sesi reading atau membaca, jadi nantinya akan ada soal bacaan dengan tema tertentu dan dengan bahasa Inggris pastinya. Nah, kamu harus memahami supaya bisa menjawab soal-soal yang tersedia karena akan berhubungan dan jawabannya ada dalam teks tadi.

1.     TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

Tes pertama adalah jenis ITP yang merupakan tes kemampuan bahasa Inggris karena keperluan pendaftaran institusional, seperti pendaftaran beasiswa, pendaftaran masuk perguruan tinggi, dan kebutuhan lainnya. Beberapa lembaga penyedia beasiswa biasanya menjadikan tes ini sebagai syarat wajib.

2.     TOEFL PBT (Paper Based Test)

PBT adalah tes bahasa inggris berbasis kertas, yang mana soal akan tercetak di kertas, begitu juga jawabannya yang harus dituliskan di atas kertas dengan menggunakan pensil 2B. Untuk jenis tesnya ada listening, reading, dan structure yang akan berjalan 2-2,5 jam. Kemudian rentang skornya adalah 217 s/d 677.

3.     TOEFL CBT (Computer Based Test)

Setelah teknologi semakin berkembang, tes TOEFL juga mengalami perkembangan dengan meninggalkan PBT (paper based test) menjadi CBT (computer based test). Pertama penggunaannya dimulai pada 1998, namun di Asia, tes jenis CBT ini bahkan masih belum banyak digunakan dan masih memperbolehkan memakai PBT.

Materinya sendiri ada listening, reading, writing dan juga structure dengan rentang skornya 0-300 dan masa pengerjaannya 2-2,5 jam.

4.     TOEFL IBT (Internet-Based Test)

Selanjutnya IBT ini menjadi kemajuan terbaru yakni dengan menggunakan jaringan internet. Nah untuk media pengerjaannya sendiri adalah menggunakan komputer, yang disambungkan dengan internet. Materi tes yang disajikan ada listening, speaking, reading dan writing. Skornya mulai dari 0-120 dan waktu tesnya berlangsung selama 4 jam.

5.     TOEFL Prediction Test

Nah untuk prediction test ini merupakan tes prediksi untuk persiapan melakukan tes yang sebenarnya. Tes ini dilakukan sebagai latihan, jadi bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan banyak sekali yang menyediakan tes ini secara gratis. Jadi predictional test ini adalah semacam try out, untuk mengetahui gambaran tes dan juga untuk mengukur kemampuan.

Jadi bagaimana, sudah paham kan macam-macam tes TOEFL? Kamu sudah pernah menjalani tes yang mana?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.