Masuk Rumpun IPA dan IPS, Yuk, Kenali Apa Itu Jurusan Geografi!

oleh | Nov 18, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Geografi – Ilmu alam merupakan salah satu studi yang banyak diajarkan di universitas. Rumpun ilmu ini juga banyak diminati oleh calon mahasiswa terutama yang tertarik dengan kajian ilmu alam seperti geografi.

Jurusan Geografi merupakan salah satu program yang ada di perguruan tinggi. Uniknya, jurusan ini bisa masuk ke dua rumpun berbeda yaitu IPA atau IPS. Ada beberapa kampus yang memasukkan jurusan ini ke dalam rumpun saintek namun ada juga yang mengelompokkannya ke rumpun soshum.

Perbedaan pengelompokkan ini terjadi karena luasnya bidang pembelajaran yang ada. Terdapat berbagai fokus ilmu yan bisa dipelajari di jurusan ini. Perbedaan rumpun ini juga akan menguntungkan calon mahasiswa karena siswa lulusan IPA dan IPS bisa masuk jurusan Geografi.

Apa Itu Jurusan Geografi?

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi dan juga hubungannya dengan sosial ekonomi manusia. Ilmu ini mengkaji banyak hal seperti atmosfer, iklim, pembentukan awan, kualitas air, ekologi, ilmu wilayah, sebaran penduduk, ilmu lingkungan, dan lian sebagainya.

Sebagai ilmu dengan fokus yang beragam, mahasiswa akan mendapat perkuliahan yang bermacam juga. Mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas namun juga mengikuti praktikum baik di dalam ruang atau luar ruang.

Geografi termasuk sebagai jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa baik dari lulusan IPA atau IPS. Mahasiswa memilih jurusan ini tidak hanya karena tertarik dengan ilmu geografi namun juga kesempatan kerja yang ada. Lulusan jurusan ini dibutuhkan oleh banyak lembaga seperti BMKG, BPN, dan lain-lain.

Baca juga Perbedaan Saintek dan Soshum Saat Memilih Jurusan Kuliah.

Mata Kuliah Geografi Saintek dan Soshum

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Geografi bisa masuk ke rumpun saintek dan juga soshum. Pengelompokkan yang berbeda ini tentunya didasari oleh berbagai hal seperti fokus ilmu yang akan dipelajari oleh mahasiswa. Sebagai gambaran, berikut ini perbandingan mata kuliah di Geografi UI (saintek) dan Geografi UMS (soshum).

Mata kuliah Geografi Universitas Indonesia (saintek)

jurusan geografi
jurusan geografi
jurusan geografi
jurusan geografi

Mata kuliah Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (soshum)

jurusan geografi

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Geografi

Ada banyak pilihan perguruan tinggi yang bisa diambil jika kamu ingin masuk ke jurusan ini. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan rumpun ilmu geografi dari perguruan tinggi yang diinginkan. Hal ini perlu dilakukan karena rumpun tersebut akan mempengaruhi syarat pendaftaran dan juga tes seleksi masuk.

Contoh perguruan tinggi yang membuka program Geografi di rumpun IPS yaitu:

  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Jakarta

Sedangkan jika kamu ingin fokus pada Geografi IPA, perguruan tinggi yang bisa dipilih yaitu:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Negeri Gorontalo

Itulah pembahasan tentang Masuk Rumpun IPA dan IPS, Yuk, Kenali Apa Itu Jurusan Geografi! Kamu bisa memilih kampus yang membuka perkuliahan Geografi sesuai dengan minat yang diingkan yaitu saintek atau soshum. Semoga informasi ini berguna!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…