Mata Kuliah Mahasiswa Kedokteran yang Perlu Diketahui

oleh | Okt 11, 2021 | Blog, Kedokteran | 0 Komentar

Mata Kuliah Kedokteran – Selama mengikuti pendidikan di perguruan tinggi, setiap mahasiswa tentunya harus mengikuti kurikulum yang telah ditentukan. Kurikulum ini disusun sedemikian rupa supaya mahasiswa bisa memiliki kompetensi lulusan sesuai dengan jurusan yang diambil.

Di dalam kurikulum yang telah ditetapkan, terdapat mata kuliah yang perlu diambil oleh mahasiswa. Mata kuliah sendiri jika di sekolah menengah biasa disebut dengan mata pelajaran. Jadi, bisa diartikan bahwa mata kuliah merupakan pokok-pokok pembelajaran yang diikuti oleh mahasiswa.

Sistem mata kuliah ini diterapkan untuk semua jurusan, tak terkecuali Kedokteran. Jurusan favorit ini memiliki mata kuliah tertentu yang harus ditempuh oleh mahasiswanya. Berbeda dengan jurusan lainnya, mata kuliah di jurusan ini telah ditetapkan oleh kampus dan biasanya ditawarkan dengan sistem paket.

Apa saja, ya, mata kuliah yang ada di jurusan Kedokteran? Cari tahu selengkapnya di bawah ini, yuk!

Mata Kuliah Umum

Meskipun memiliki fokus pendidikan yang berbeda-beda, setiap mahasiswa diharuskan untuk mengambil mata kuliah umum. Mata kuliah jenis ini sifatnya wajib dan biasanya diberikan di semester awal yaitu 1, 2, atau 3. Mata kuliah umum ini telah ditentukan oleh kampus dan mungkin akan berbeda-beda untuk setiap perguruan tinggi.

Mahasiswa Kedokteran juga diharuskan untuk mengambil perkuliahan umum ini. Beberapa mata kuliah jenis ini yang biasanya harus diambil oleh mahasiswa yaitu:

  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Pendidikan Agama
  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Kewarganegaraan

Baca juga Besaran Biaya Kuliah Kedokteran di Universitas Swasta.

Mata Kuliah Kedokteran

Selain mata kuliah umum, mahasiswa juga diharuskan untuk mengambil pelajaran lain sesuai dengan jurusannya. Di jurusan Kedokteran, mahasiswa tentunya diharuskan untuk mengambil mata kuliah di lingkup ilmu Kedokteran. Mata kuliah ini tentunya khusus diambil oleh mahasiswa di jurusan Kedokteran dan berbeda dengan jurusan lainnya.

Mata kuliah di jurusan ini sangatlah beragam dan berbeda-beda untuk setiap semesternya. Setiap mata kuliah telah disusun mengikuti standar yang berlaku. Mata kuliah ini kemudian dikelompokkan per semesternya mengikuti perkembangan akademis mahasiswa untuk membimbingnya menjadi seorang dokter.

Pengelompokkan pembelajaran di jurusan Kedokteran merupakan kebijakan setiap perguruan tinggi. Sebagai contoh, di Universitas Gadjah Mada, pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa untuk menjadi dokter dibagi ke dalam 4 tahap yaitu:

  • Fase 1: Foundation in Medicine and Transition to Practice
  • Fase 2: Complaint and Diseases
  • Fase 3: Enhancing Personal Competences
  • Fase 4: Clinical Rotation

Fase tersebut tidaklah sama untuk setiap perguruan tinggi. Kampus lain mungkin memiliki sistem pengelompokkan pembelajaran yang berbeda-beda. Di dalam setiap fase, pihak perguruan tinggi akan memberikan mata kuliah yang sesuai untuk mahasiswa. Berikut ini contoh pembagian mata kuliah di Kedokteran Universitas Diponegoro.

mata kuliah kedokteran
mata kuliah kedokteran
mata kuliah kedokteran
mata kuliah kedokteran
mata kuliah kedokteran

Mata kuliah yang ada di contoh di atas merupakan pendidikan untuk memperoleh gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked.). Jika ingin mendapatkan gelar dokter, mahasiswa masih perlu menempuh fase lainnya seperti koas, magang, ujian, dan lain-lain.

Itulah beberapa mata kuliah mahasiswa kedokteran yang perlu diketahui. Mata kuliah yang ada di atas hanyalah contoh dan setiap kampus mungkin memiliki kurikulum atau nama berbeda.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...