Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mau Kuliah di IPB? Simak Jalur Masuknya di Sini!

oleh | Agu 27, 2022 | Blog, Jalur Masuk PTN, PTN | 0 Komentar

Jalur Masuk IPB – IPB University merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Banyak calon mahasiswa yang ingin berkuliah di kampus terkemuka ini. Selain itu, IPB University juga merupakan word class university dan banyak program studi di kampus ini yang telah memiliki akreditasi internasional.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, IPB membuka jalur Mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru. Di programnya, ada jalur masuk Reguler dan jalur masuk Internasional. Masing-masing jalur memiliki ketentuan dan persyaratan masing-masing. Bagi kamu yang ingin mendaftar di IPB, jangan lupa perhatikan jalur-jalurnya di bawah ini.

Jalur Masuk Reguler

SNMPTN

SNMPTN merupakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini menggunakan nilai rapor serta prestasi non akademik siswa selama sekolah menengah. SNMPTN diselenggarakan secara serentak yang dilaksanakan oleh LTMPT. Persyaratannya antara lain:

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN.
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS.
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

SBMPTN

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan 3 tahun terakhir dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/sederajat) dengan umur maksimal 25 tahun. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Seleksi Masuk IPB (SM-IPB (UTM-BK))

Mulai tahun 2022, UTMBK berganti nama menjadi Seleksi Masuk IPB (SM-IPB). Jalur ini merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB Jalur Mandiri yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019.

Untuk tahun 2021, SM-IPB (UTM-BK) dilaksanakan menggunakan dua metode seleksi, yaitu berdasar hasil SM-IPB (UTM-BK) online dan berdasar hasil skor UTBK LTMPT. Peserta bisa memilih salah satunya atau mendaftar keduanya. Jika peserta mendaftar keduanya, maka seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai terbaik yang diperoleh. SM-IPB (UTM-BK) berlaku untuk Kelas Reguler dan Kelas Internasional gelombang 2.

Materi SM-IPB (UTM-BK) – Ujian Online

  • Materi yang diujikan untuk SM-IPB (UTM-BK) program sarjana yaitu Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jumlah soal sebanyak 25 dan waktu pengerjaan adalah 60 menit.
  • Untuk SM-IPB Internasional, tes dilaksanakan dalam Bahasa Inggris. Bagi peserta yang memilih prodi Kedokteran Hewan akan ada tambahan tes seputar Kedokteran Hewan sebanyak 25 soal dan waktu pengerjaannya 30 menit.

Baca juga Berbagai Jalur Masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) yang Bisa Kamu Pilih

Prestasi Internasional dan Nasional (PIN)

Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/sederajat berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal. IPB sudah menyelenggarakan jalur ini sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah. Sejak tahun 2000, jalur ini berubah nama menjadi Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN).

Ketentuan Pendaftar:

  • Lulus SMA/sederajat jurusan IPA atau SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis, TKJ.
  • Berprestasi dan meraih penghargaan/juara dalam lomba di tingkat internasional dan nasional, dalam kegiatan: Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Olahraga, Hafizh, Pramuka, dan Seni.
  • Khusus untuk prestasi terkait dengan Pramuka untuk tahun akademik 2022/2023 baru dibuka untuk daerah Jawa Barat.

Ketua OSIS

Pada tahun 2019, IPB membuka jalur khusus untuk seleksi calon mahasiswa baru bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB. Ketentuan pendaftarnya, antara lain:

  • Pernah menjadi Ketua OSIS selama di SMA/MA yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah siswa di sekolahnya dan pernah menjadi Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan Kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai Ketua OSIS.
  • Lulusan jurusan IPA.
  • Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80.
  • Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, dan pelatihan lainnya.

Beasiswa Utusan Daerah

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah. Persyaratannya, antara lain:

  • Berumur tidak lebih dari 25 tahun.
  • Memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama 5 semester pertama.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bebas narkoba.
  • Bersedia tinggal di Asrama PPKU IPB pada tahun pertama.

SMM PTN-Barat

SMM PTN-Barat merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar PTN yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil UTBK yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN Barat.

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh beberapa PTN Indonesia Wilayah Barat memiliki opsi untuk memiliki prodi pada PTN lain yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat. Melalui jalur ini, peserta bisa memilih maksimum 2 program studi termasuk pada PTN lain yang menjadi peserta SMMPTN Barat.

Jalur Masuk Internasional

Kelas Internasional WNI

Mulai tahun 2018, IPB membuka kelas internasional. Pengantar bahasa di program ini menggunakan Bahasa Inggris. Mulai tahun 2020, IPB mempertimbangkan nilai rapor selama lima semester untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Berikut program studi yang membuka Kelas Internasional:

  • Kedokteran Hewan
  • Teknologi Pangan
  • Teknik Industri Pertanian
  • Bisnis
  • Ilmu dan Teknologi Kelautan

Persyaratan:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA/MA/SMK IPA baik dalam negeri maupun luar negeri
  • Sehat jasmani dan rohani

Kamu Mau Kuliah di IPB? Simak Jalur Masuknya di Sini! Semoga artikel di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di IPB University.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…